-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Darah Pendamaian.

Sabtu, 15 April 2017 | April 15, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-26T05:16:45Z
Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.
כִּ֣י נֶ֣פֶשׁ הַבָּשָׂר֮ בַּדָּ֣ם הִוא֒ וַאֲנִ֞י נְתַתִּ֤יו לָכֶם֙ עַל־הַמִּזְבֵּ֔חַ לְכַפֵּ֖ר עַל־נַפְשֹׁתֵיכֶ֑ם כִּֽי־הַדָּ֥ם ה֖וּא בַּנֶּ֥פֶשׁ יְכַפֵּֽר׃
Imamat 17:11 

Teks di atas menyatakan betapa vitalnya darah bagi makhluk hidup termasuk manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan tentang darah, menghasilkan informasi tentang fungsi darah antara lain:
  • Pasokan oksigen ke jaringan (terikat hemoglobin , yang dibawa dalam sel darah merah)
  • Pasokan nutrisi seperti glukosa , asam amino , dan asam lemak (terlarut dalam darah atau terikat ke protein plasma (misalnya, lemak darah ))
  • Pembuangan limbah seperti karbon dioksida , urea , dan asam laktat
  • Fungsi imunologi, termasuk sirkulasi sel darah putih , dan deteksi bahan asing dengan antibodi
  • Koagulasi , respon terhadap pembuluh darah yang pecah, konversi darah dari cairan ke gel semipadat untuk menghentikan pendarahan
  • Fungsi Messenger, termasuk transportasi dari hormon dan sinyal dari jaringan kerusakan
  • Peraturan suhu tubuh
  • Fungsi hidrolik.
Peran darah bukan saja penting bagi manusia tetapi juga penting bagi setiap makhluk hidup. Tanpa darah, tidak ada kehidupan bagi makhluk hidup. Misal:
  • Pada Serangga berperan membawa nutrisi ke jaringan dan menghilangkan limbah-limbah .
  • Hewan invertebrata berperan dalam protein membawa oksigen.
  • Vertebrata berperan dalam pernafasan.
  • Pada Ikan antara lain sebagai pengangkut zat-zat kimia  dan zat buangan hasil metabolisme tubuh, sebagai pertahanan pertama dari serangan penyakit.
Alkitab menjelaskan nyawa ada dalam darah, berarti kehabisan darah akan membuat nyawa melayang dan atau ada masalah gangguan dalam darah menimbulkan penyakit. diantaranya:
  • Gangguan volume darah misalnya cedera penyebab kehilangan darah melalui pendarahan atau dehidrasi dapat mengurangi volume darah dengan mengurangi kadar air dalam darah yang dapat berakibat hipotensi ortostatik dan pinsang.
  • Gangguan sirkulasi darah. misal aterosklerosis 
  • Gangguan hematologi misal: Anemia, gangguan proliferasi sel, gangguan koagulasi dan infeksi darah.
  • Keracunan misal karena karbon monoksida.
Manusia telah berbuat dosa akibat dosa maka ada manusia berutang nyawa, yakni darahnya sebab upah dosa adalah maut. ( Hosea 12:15: "Efraim telah menimbulkan sakit hati-Nya secara pahit, maka Tuhannya akan membiarkan hutang darahnya menimpa dia, dan akan membalas celanya kepadanya.) Dosa menimbulkan hati Tuhan sakit, dan menjadikan manusia menjadi musuh Allah dan hukuman Tuhan terhadap dosa adalah terhadap nyawa yang melakukan dosa. Itulah sebabnya perlu adanya pendamaian, melalui korban pendamaian. Tuhan kemudian memberikan cara untuk berdamai dengan-Nya

Teks di atas memberikan jalan keluar terhadap hutang darah akibat dosa kepada Tuhan, yaitu adanya korban pendamaian dengan perantaraan nyawa. Full Life berpendapat bahwa teks di atas memberikan alasan bagi penumpahan darah binatang yang dikorbankan, dan maknanya bagi perdamaian. Darah binatang itu dipersamakan dengan nyawanya; jadi, darah itu mengadakan perdamaian bagi manusia itu dengan mengorbankan nyawanya. Dengan kata lain , manusia tidak perlu lagi menyerahkan nyawanya karena telah dilunasi dengan nyawa binatang.

Contoh menarik terjadi saat paskah (pesakh) dimana bangsa Israel terluput dari kematian anak sulung dari setiap manusia bahkan binatang katena ada tanda bahwa nyawa yang lain telah mengantikan hukuman atas rumah tersebut. Mereka menandakan dengan darah domba di pintu rumah masing-masing.


Prinsip pendamaian dengan menganti darah pihak lain membantu kita memahami pentingnya darah Kristus dalam menerima keselamatan di bawah perjanjian yang baru. Ketika Yesus Kristus mencurahkan darah-Nya di salib, Ia mengantikan nyawa orang berdosa ( Roma 5:1). Karena hidup-Nya itu tanpa dosa dan sempurna di hadapan Allah, nilai darah-Nya tidak terbatas dan menghasilkan keselamatan sempurna bagi semua orang yang menerima dan mengikuti Dia.
  • Di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. ( Kolose 1:14 )
  • Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. ( Ibrani 9:13-14)
  • Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. ( ! Yohanes 1:7 )
  • Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba. ( Wahyu 7:14)
Yesus telah menjadi perantara yang sempurna antara manusia berdosa dengan Allah yang kudus dengan darah-Nya. Darah-Nya telah memuaskan segala tuntutan hukum Allah. Darah itu diberikan cuma-cuma kepada siapa saja yang mau menerima-Nya sebagai penebus bagi dosa-dosanya sebab tidak ada pendamaian yang sempurna dengan Allah yang adil dan kudus tanpa membawa darah pendamaian yang sekarang ini melalui Yesus Kristus.



Tulisan lainnya:
Darah Perjanjian Berdasarkan Perjanjian Lama Dan Ibrani
Darah Yesus
Darah Domba Antara Perjanjian Lama Dan Kitab Wahyu
Fakta Penyaliban Yesus
Prinsip Pengampunan Dosa
Kesucian Yesus Kristus


×
Berita Terbaru Update