-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tindik Telinga

Selasa, 16 Mei 2017 | Mei 16, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2019-08-14T08:00:02Z
maka haruslah tuannya itu membawanya menghadap Allah, b lalu membawanya ke pintu atau ke tiang pintu, dan tuannya itu menusuk c telinganya dengan penusuk, dan budak itu bekerja pada tuannya untuk seumur hidup. ( Keluaran 21:6 )

Didalam alkitab dijelaskan , jika seorang pria ditindik kupingnya dan menggunakan anting, artinya pria itu adalah budak dari seseorang seumur hidup. Penindikan kuping pria adalah simbol menjadi budak seseorang. Membawanya ke pintu. Dengan demikian sang budak dapat dikatakan terikat pada rumah itu melalui telinganya, yaitu organ tubuh untuk mendengar dan menaati.
Jadi pertanyaan yang lebih tepat adalah bukan boleh atau tidak pria menindik kupingnya, tetapi apa tujuan dan motivasi dari pria menindik kuping. Yang jelas esensi dari alkitab memberitahukan agar jangan ada pria yang menindik kuping adalah ” jangan sampai seorang pria menjadi budak dari orang lain, atau diperbudak oleh sesuatu” , karena umat Tuhan adalah umat yang merdeka , anak Allah yang bebas dari perbudakan.

Pada jaman ini, dimuka bumi sudah tidak ada perbudakan lagi, sehingga kaum pria yang menggunakan anting mempunyai alasan lain; trend mode, atau simbol pergaulan tertentu. Meskipun ada contoh dalam Alkitab pria juga telinga ditindik, tapi itu karena menjadi budak ( di Mesir) "Lalu berkatalah Harun kepada mereka: "Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga isterimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku." Keluaran 32:2

Pada saat ini Banyak pria gay memberi tanda dirinya dengan menggunakan anting disebelah telinga kiri atau pun kanan. Selain itu mereka juga senang mengenakan cincin di jari kelingking. Hal-hal ini bisa menjadi tanda-tanda dia gay. Walaupun di dunia barat penyanyi rock juga sering mengklaim dirinya dengan mengenakan anting di salah satu telinganya.

Wanita yang telah ditindik sejak bayi maka berbahagialah karena tidak perlu merasakan sakitnya tindikan saat ingin memakai perhiasan. Melakukan tindik di bagian telinga terkenal menjadi bagian tubuh yang paling lumrah ditindik. Namun penindikan di bagian telinga juga berbahaya terhadap kesehatan, apalagi jika penindikan tidak memakai alat yang bersih dan higienis serta tidak menggunakan teknik yang benar makan terjadi infeksi dan beberapa gejala lain yang dapat membahayakan kesehatan bahkan bisa terjadi gejala parah yaitu kelumpuhan pada otot telinga.



Beberapa bahaya tindik telinga menurut halosehat.com adalah sebagai berikut :
1. Infeksi
Hati-hati dengan alat yang digunakan untuk menindik telinga, alat yang tidak bersih dan tidak higienis dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Bakteri akan menyerang pada luka terbuka akibat penindikan.  Selain kebersihan alat hal yang dapat menjadikan infeksi telinga yaitu teknik penindikan. Teknik penindikan yang salah dapat menyebabkan infeksi pada telinga, maka pilihlah orang yang ahli dalam penindikan.
2. Kerusakan saraf
Kerusakan saraf yang terjadi pada telinga akibat luka yang terinfeksi lebih berisiko pada tindik telinga bagian atas atau biasa disebut dengan cartilage. Penindikan pada cartilage dapat sangat membahayakan kesehatan telinga yaitu menyebabkan telinga cacat dan bisa juga menganggu kesehatan sistem saraf otak.
3. Alergi
Tidak semua orang dapat memakai perhiasan ataupun anting biasa, ada beberapa orang yang alergi terhadap perhiasan ataupun anting. Bahkan emas 24 karat pun bisa menyebabkan alergi. Alergi akan mengakibatkan beberapa gejala yang dialami oleh telinga seperti gatal-gatal, bengkak bahkan yang parah bisa sampai bernanah.
4. Rasa sakit
Kulit ditusuk dengan jarum pastinya akan terasa sakit. Kulit telinga merupakan kulit yang tidak tipis tetapi tebal. Tebal kulit telingan 1,5 sampai 2 cm. Rasa sakit akibat penusukan jarum pada telinga bisa sampai berjam-jam.
5. Penularan penyakit
Beberapa jenis penyakit menular akibat penindikan diantaranya virus AIDS/HIV, hepatitis B serta hepatitis C. Penindikan rawan menular penyakit tersebut melalui alat atau jarum suntik yang dipakai secara bergantian. Jika salah satu orang yang melakukan penindikan menderita penyakit tersebut maka sangat berpotensi menular kepada orang lain yang melakukan penindikan di tempat yang sama dengan alat yang sama.
6. Kecacatan pada telinga
Penindikan pada telinga dapat menyebabkan cacat telinga karena infeksi atau bakteri yang menyerang luka bekas tindikan. Cacat telinga sangat merugikan karena telinga merupakan indera yang penting bagi manusia. Tanpa telinga kita tidak bisa mendengar sehingga diperlukan cara merawat telinga dengan baik dan benar.

Mengikuti tren atau mode tetapi membahayakan diri sendiri sama saja dengan tidak sayang dengan kesehatan diri.
Jaga kesehatan diri dan tubuh anda. Pikirkan terlebih dahulu apapun yang akan anda lakukan jika berisiko terhadap kesehatan anda.
×
Berita Terbaru Update