-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Eli Eli Lama Sabakhtani

Sabtu, 30 September 2017 | September 30, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-02T19:21:24Z
Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? [ Matius 27:46]

Eli, Eli ... - Bahasa ini bukan bahasa Ibrani murni atau Syria, tapi campuran keduanya, sering disebut "Siro-Chaldaic." Ini mungkin bahasa yang sering berbicara Juruselamat.
Kata-kata ini diambil dari Mazmur 22:1 .
 לַמְנַצֵּחַ עַל־אַיֶּלֶת הַשַּׁחַר מִזְמֹור לְדָוִד׃ אֵלִי אֵלִי לָמָה עֲזַבְתָּנִי רָחֹוק מִישׁוּעָתִי דִּבְרֵי שַׁאֲגָתִי׃
Kata Eli berasal dari kata אֵל yang artinya adalah Tuhan, besar, idola, satu perkasa, kekuasaan, kuat.

Suatu fakta hadirnya ungkapan dari Siro-Chaldaic terserap dalam Mazmur dan Perjanjian Baru yang menandakan Dia menghargai setiap budaya manusia.

Eli, Eli lama sabakhtani / ηλι λεμα σαβαχθανιa adalah perkataan Yesus di salib. Hal menarik dari kata σαβαχθανιa adalah adanya penafsiran bahwa kata itu bukan dari kata azabthani עזבתני, meninggalkan aku, melainkan shechachthani שכחתני, Lupa saya. Kata ini membuat arti yang sangat baik, dan datang lebih dekat ke sabachthani dari penulis injil. Ini dapat diamati juga, bahwa kata-kata, Mengapa engkau Lupa aku? sering digunakan oleh Daud dan orang lain, pada saat penindasan dan mara bahaya. Lihat Mazmur 42:9 . Mengapa Dia berkata demikian? Apakah ini adalah Ungkapan salah satu penderitaan hebat yang yang dialami manusia?

Mengapa Yesus adalah "ditinggalkan oleh Allah." dan atau dilupakan Allah? Bukankah Yesus melakukan sesuai dengan cawan yang diberikan Bapa sehingga sudah pasti bahwa Allah menyetujui hal ini?! Apakah karena sudah pasti bahwa Dia tidak bersalah, namun harus menderita? Bukankah Ia tidak melakukan apa pun untuk kehilangan nikmat Allah seperti Anak - patuh suci, tidak berbahaya, bersih, dan - Allah masih mencintainya?

Sejumlah tafsiran tentang ekspresi itu mungkin digunakan dalam referensi dengan keadaan berikut, yaitu:
  1. Penderitaan besar tubuh-Nya di kayu salib, sangat diperburuk oleh penyesahan sebelumnya, dan oleh menginginkan simpati, dan oleh dendam & rivalitas dari musuh-musuhnya di kayu salib. Seorang penderita sangat sehingga Allah seolah-olah meninggalkan, atau diberikan sampai dengan penderitaan yang ekstrim.
  2. Dia sendiri mengatakan bahwa ini adalah "kuasa kegelapan," Lukas 22:53 . Sudah waktunya ketika musuh-musuhnya, termasuk Yahudi dan Iblis, sehingga penderita Yesus adalah usaha maksimal yang terbaik mereka perbuat untuk menyesah Dia. Dikatakan dari ular bahwa ia harus meremukkan tumit dari keturunan perempuan, Kejadian 3:15 . Mesias disalib, meskipun akhirnya Mesias akan meremukkan dan menghancurkan kuasa setan, Dia harus membiarkan dirinya sendiri menderita "melalui kekuatan setan." Ketika Dia digoda Lukas 4 , dikatakan bahwa pencoba itu "meninggalkan dia untuk satu musim." Tidak ada ketidakmungkinan dalam menyangka bahwa ia mungkin akan diizinkan untuk kembali pada saat kematiannya, dan menjalankan kekuasaan yang meningkatkan dalam penderitaan Tuhan Yesus. Dalam hal apa cara ini mungkin bisa dilakukan hanya menduga. Mungkin oleh pikiran mengerikan; oleh godaan untuk putus asa, atau ketidakpercayaan Allah, yang dengan demikian mengijinkan AnakNya yang tidak bersalah untuk menderita, atau oleh horor peningkatan rasa sakit kematian.
  3. Ada mungkin telah dipotong dari Juruselamat mereka penghiburan agama yang kuat, pandangan-pandangan yang jelas tentang keadilan dan kebaikan Tuhan, yang akan tumpul rasa sakit dan menenangkan penderitaan-Nya. Martir, di bawah pengaruh perasaan religius yang kuat, telah pergi penuh ke tonggak kemenangan, namun ada kemungkinan bahwa pandangan tersebut mungkin telah dipotong dari Penebus ketika ia datang untuk mati. penderitaan-Nya adalah akumulasi penderitaan, dan desain penebusan tampaknya mengharuskan ia harus menderita semua itu sifat manusia "dapat dibuat untuk bertahan" dalam waktu sesingkat itu.
  4. Namun kami memiliki alasan untuk berpikir bahwa masih ada sesuatu yang lebih dari semua ini yang dihasilkan seru ini. Kalau memang tidak ada penderitaan yang lebih dalam dan lebih mengerikan, akan sulit untuk melihat mengapa Yesus harus telah menyusut dari kesedihan dan digunakan seperti ekspresi yang luar biasa. Yesaya memberitahu kita Yesaya 53:4-5 bahwa "ia menanggung kesedihan kami dan membawa kesengsaraan kita, bahwa dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dan diremukkan oleh karena kejahatan kita; bahwa siksa perdamaian kami menaruh atasnya, bahwa oleh bilur-bilur-Nya kita disembuhkan. " Dia telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita Galatia 3:13 ; ia melakukan dosa-korban 2 Korintus 5:21 ; ia meninggal di tempat kita, bahwa Dia membawa kita dekat kepada Allah. Inilah, tak diragukan lagi, yang menyebabkan penderitaan intens. Itu adalah manifestasi dari kebencian Allah dari dosa, dalam beberapa cara yang dia belum menjelaskan, bahwa ia mengalami pada saat yang ketakutan. Ia menderita dialami oleh-Nya yang telah jatuh tempo, dan melalui penderitaan-Nya kita dapat diselamatkan.

Eli, Eli, lama sabachthani? artinya, Ya Tuhan, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Saat kesengsaraan ini nyatakan sisi kemanusiaan-Nya. Dia menangis adalah bagian alami kemanusiaan, yang, meskipun saat itu hampa dari dosa, masih merasakan murka Allah, yang murka karena dosa-dosa kita. Kemarahan Allah terhadap manusia yang berdosa dirasakan saat Dia memikul dosa manusia sekalipun tidak berdosa - dimana manusia berdosa terputus dari TUHAN ALLAH sehingga Dia memikul dosa manusia tanpa kehadiran Bapa, namun Dia sanggup berkuasa memikul dosa dan tetap dalam kebenaran dan kekudusan dan menang sekalipun kuasa kegelapan mengerahkan segenap kekuatannya, karena Dia adalah Sang Firman yang sehakekat dengan Allah.
×
Berita Terbaru Update