-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Makna Mendasar Korban Kristus

Jumat, 06 Juli 2018 | Juli 06, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-05T21:34:17Z
Makna mendasar dari korban Kristus adalah tidak ada keselamatan tanpa korban Yesus Kristus. Itu yang ditentukan Allah dan tidak ada yang lain lagi.
Karya Kristus di atas bukit Golgota tersebut memiliki makna yang sangat komplek dan agung. Seperti :
  • Sebagai penganti. Kematian Kristus adalah Penganti. Dia mati ditempat orang-orang berdosa. Istilah vicarius dari bahasa latin bisa berarti one in place of another. Ada banyak ayat yang menyatakan makna seperti itu. Kristus adalah suatu penganti dalam kenyataan bahwa hidupnya dibuat berdosa bagi yang lain ( 2 Korintus 5:21). Ia memikul dosa kita di kayu salib. ( 1 Petrus 2:24).Dua kata Yunani penting untuk konsep tersebut anti yang berarti untuk ( Mat 20:28; Mrk 10:45). Kemudian kata huperyang berarti in behalf of atau in place of ( Galatia 3:13; 1 Timotius 2:6; 1 Petrus 3:18; Filemon 13) Dalam kematian Yesus, tuntutan kebenaran Allah telah ditemukan.
  • Sebagai Penebusan. Gagasan penebusan berasal dari istilah: Kata agorazo berarti membeli atau belanja di pasar. Itu sering dipakai dalam peristiwa pembelian budak-budak di pasar. Harga pembelian dari kebebasan orang-orang berdosa dan pembebasan dari dosa adalah kematian Yesus Kristus ( 1 Korintus 6:20; 7:23; Wahyu 5:9). Untuk selanjutnya kataexagorazo lebih menuntaskan pengertian agorazo, yakni bahwa orang-orang yang telah dibeli itu dibawa ke luar dari pasar belenggu dosa. Kristus menempatkan orang-orang percaya bebas dari ikatan hukum dan kutuk. ( Galatia 3:13, 4:5) Kata lutroo berarti mencapai pembebasan melalui pembayaran suatu harga tertentu. Orang percaya telah ditebus dengan darah Kristus yang berharga. ( Luk 24:21; 1 Ptr 1:18,19)
  • Sebagai Pendamaian. Konsep perdamaian datang dari istilah katalasso, yang berarti to effect a change, to reconcile. Dalam hal ini Allah yang berinisiatif. Ia bekerja untuk mendamaikan manusia yang penuh dosa dengan diri-Nya. ( 2 Korintus 5:18,19) Pada sisi lain manusia adalah obyek pendamaian. Melalui kematian Kristus, manusia yang adalah musuh dan layak dimurkai, akhirnya diperdamaikan. ( Roma 5:10)
  • Sebagai pemuasan. Kematian Yesus Kristus sepenuhnya memuaskan seluruh tuntutan kebenaran dari Allah atas orang berdosa. Ia tidak senang memandang dosa. Melalui pekerjaan Yesus Kristus, Allah sepenuhnya dipuaskan. Dihadapan Allah, orang orang yang percaya diterima, Di dalam bahasa Yunani kata hilaskomaoberarti to propitiate. Kata ini muncul dua kali dalam Perjanjian Baru. Dalam Lukas 18:13 pemungut cukai memohon kepada Allah memungkinkan menyediakan suatu pengampunan dosa. Yesus Kristus adalah pemuasan atas dosa. ( Ibrani 2:17)
  • Sebagai Pembenaran. Istilah dikaiosis dan dikaiosune berkaitan dengan pembenaran. Pembenaran adalah pernyataan benar atas seseorang yang beriman pada Yesus Kristus. Ini tindakan legal dari Allah dimana Ia menyatakan bahwa orang-orang berdosa benar atas dasar darah Yesus Kristus. Ini bukan hanya pembaharuan dari segala dosa, tetapi juga pelimpahan kebenaran atas orang orang percaya. ( Kis 13:39; Rm 4:6-7; 5:9-11). Hanya oleh anugerah Allah, pembenaran bisa terjadi.
×
Berita Terbaru Update