-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akhiri Pertandingan Dengan Baik

Selasa, 27 Agustus 2019 | Agustus 27, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-23T18:49:47Z
2 Timotius 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Teks di atas adalah kisah Paulus yang diceritakan kepada Timotius untk memberikan inspirasi agar memenuhi panggilan pelayanan. Paulus mengunakan kata ἠγώνισμαι - ēgōnismai yang diterjemahkan dengan kata pertandingkan. Kata ēgōnismai berasal kata ἀγωνίζομαι ( agónizomai ) yang berarti memperebutkan hadiah, perjuangan. Agōnízomai menurut HELPS Word-studies berasal dari agṓn, "perjuangan," akar istilah bahasa Inggris, "menderita" - dengan benar, untuk berjuang, seperti terlibat dalam pertandingan atletik yang intens atau perang. Aku telah mengakhiri pertandingan berarti telah menderita berjuang secara intens dengan baik sampai mencapai garis akhir dengan memelihara iman.

Spurgeon membagi pertandingan dengan dua jenis klasifikasi yaitu:
  • Bagi orang-orang yang telah diselamatkan

    Setiap orang Kristen sejati harus “Bertanding dalam pertandingan iman yang benar” selama ia hidup di dunia yang jahat dan yang telah jatuh ke dalam dosa ini. Seperti yang dikatakan oleh Spurgeon, “Kita harus [berjuang] di setiap langkah dari jalan itu… kita harus berperang dalam peperangan rohani setiap hari.”

    Dr. Timothy Lin menekankan fakta bahwa kehidupan Kristen adalah suatu peperangan. Itu adalah peperangan yang terus menerus dengan dunia, kedagingan, dan Iblis. Saya ingin setiap pendeta akan membuat ini jelas bagi para petobat baru bahwa mereka sedang masuk ke dalam kehidupan konflik. Lagi dan lagi, Kristus berkata kepada tujuh jemaat dalam Kitab Wahyu, pasal dua dan tiga, bahwa mereka harus menjadi para pemenang (Wahyu 2:7; 2:11; 2:17; 2:26-29; 3:5-6; 3:12-13; 3:21-22).

    Manna Sorgawi mengklasifikasikan menjadi tiga arena pertandingan bagi orang telah diselamatkan Yesus, yaitu:
    1. Pertandingan iman dimana kita harus menjaga dan mempertahankan iman kita.
    2. Pertandingan memenangkan jiwa dengan mengabaikan berbagai penderitaan sebab pertandingan memiliki batas waktu ( 1 Korintus 9:20-24 )
    3. Pertandingan berbuat baik sekalipun berbuat baik bukan untuk masuk surga sebab hal itu anugerah keselamatan dari Tuhan Yesus. Kita berbuat baik untuk menuai kebaikan ( 1 Timotius 6:18-10 )
  • Bagi orang-orang yang masih terhilang.

    Alkitab berkata, “Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh [present tense] hidup yang kekal” (Yohanes 3:36). Pada saat Anda percaya Yesus, kehidupan kekal-Nya mengalir ke dalam Anda. Zoe aionia itu “dimasukkan” ke dalam roh Anda yang sudah mati dan Anda dilahirkan kembali!

    Ketika kehidupan kekal hidup di dalam Anda itu menciptakan mata yang baru yang dapat melihat Dia yang tidak kelihatan. Kehidupan kekal di dalam diri Anda menciptakan telinga baru yang membuat Anda mendengar suara lirih dari Allah. Kehidupan baru ini membawa Anda ke dalam dunia yang baru. Tidak ada perubahan yang dapat dibandingkan dengan apa yang terjadi pada orang yang dihidupkan melalui dimasukannya kehidupan kekal Kristus ke dalam jiwa mereka! Ketika Anda menerima hidup yang kekal “zoe aionia” ini, ke dalam jiwa Anda yang terhilang, Anda tidak akan lagi menjadi musuh Allah, namun menjadi sahabat-Nya! Anda tidak akan lagi menjadi anak yang dimurkai, namun menjadi anak Allah. Kemudian Anda akan berkenan kepada Allah. Perkenanan ini akan menarik Anda lebih dekat dan lebih dekat kepada-Nya di dalam persekutuan.
Bagaimana menyelesaikan pertandingan dengan baik? Sejumlah saran adalah :
  • Pandang Yesus saja sebab hanya DIA yang tidak akan mengecewakan kita. Segala perkataan yang mengejek dan menyakiti hati  atau mengucilkan kita jangan disimpan dalam hati. ( Ibrani 3:1-2 ).
  • Fokus kepada panggilan. Paulus melupakan yang dibelakang dan mengarahkan diri kepada yang dihadapanku dan berlari lari kepada tujuan dalam Yesus Kristus ( Filipi 3:13-14 )
  • Bertekunlah senantiasa dengan tetap mengerjakan apa yang harus dikerjakan dengan rela menderita bagi kebenaran; bersabar dan bersyukur kepada Tuhan ( Mazmur 126:5-6 ).
Full Life menyatakan bahwa saat meninjau kembali hidupnya bersama Allah, Paulus sadar bahwa ajalnya sudah dekat (ayat 2 Timotius 4:6) dan melukiskan hidup Kristennya dengan istilah berikut:
  1. Paulus memandang hidup Kristen sebagai "suatu peperangan", bahkan satu-satunya perjuangan yang layak. Dia telah berperang melawan Iblis (Efesus 6:12), keburukan orang Yahudi dan kafir (2 Timotius 3:1-5; Roma 1:21-32; Galatia 5:19-21), Yudaisme (Kisah Para Rasul 14:19; 20:19; Galatia 5:1-6), antinomisme dan kebejatan dalam gereja (2 Timotius 3:5; 4:3; Roma 6:1-23; 1 Korintus 5:1; 6:9-10; 2 Korintus 12:20-21), guru-guru palsu (ayat 2 Timotius 4:3-5; Kisah Para Rasul 20:28-31; Roma 16:17-18), pemutarbalikan Injil (Galatia 1:6-12), keduniawian (Roma 12:2) dan dosa (Roma 6:1-23; 8:13; 1 Korintus 9:24-27).
  2. Dia juga telah menyelesaikan pertandingannya di tengah pencobaan dan godaan dan tetap setia kepada Tuhan dan Juruselamatnya selama hidup ini (bandingkan. 2 Timotius 2:12; Ibrani 10:23; 11:1-40; 12:1-2).
  3. Paulus sudah memelihara iman pada masa-masa ujian yang berat, keputusasaan yang hebat dan banyak kesusahan baik ketika diserang oleh guru palsu maupun ditinggalkan oleh sahabat. Paulus tidak pernah mengurangi kebenaran asli Injil (2 Timotius 1:13-14; 2:2; 3:14-16; 1Timotius 6:12).
Sebagai pemenang dalam pertandingan maka mendapatkan mahkota kemenangan dari Tuhan Sang Hakim Yang Adil. Utley menyatakan bahwa mahkota kebenaran itu adalah :
  1. bukan milik kita sendiri tapi kebenaran Kristus yang diperhitungkan, dan / atau
  2. kehidupan orang-orang percaya yang seperti Kristus. Istilah ini merujuk pada karangan bunga laurel bagi pemenang atletik.
Mahkota kebenaran akan didapatkan saat kedatanganNya yang kedua kalinya setelah menang dalam pertandingan iman. ( 2 Timotius 4:8) Ada beberapa mahkota yang ditujukan kepada orang-orang percaya di Perjanjian Baru selain mahkota kebenaran, diantaranya yaitu:
  1. Mahkota yang tidak dapat binasa (1 Korintus 9:25)
  2. Mahkota kehidupan (Yakobus 1:12; Wahyu 2:10)
  3. Mahkota kemuliaan (1Petrus 5:4)
  4. Mahkota emas (Wahyu 4:4)
Dengan mahkota yang paling banyak dikenakan oleh "Yang Setia dan Yang Benar" yaitu Yesus Kristus Tuhan. (Wahyu 19:11,12)

Setiap mahkota adalah suatu upah di Surga. Upah tersedia bila tahan uji. (1 Korintus 3:14). Di bumi jika berbuat berkenan kepada Tuhan ada upahnya sekalipun kadar upahnya berbeda dengan di surga karena Tuhan adil (Markus 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.") Sekalipun ada upah dari Tuhan ada juga upah lainnya.
  • Matius 6:2 Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
  • Matius 6:5 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
  • Matius 6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Karena ada upah dan mahkota tersedia yang disediakan Tuhan seharusnya mendorong kita tetap teguh dan giat dalam pekerjaan Tuhan dengan menjalani pertandingan iman yang diwajibkan kepada kita. Tuhan menyertai dan menolong dan memberkati setiap usaha dalam pertandingan tersebut sekalipun alami penderitaan sementara.(Roma 8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.)
Maju terus dalam Tuhan Yesus, jangan undur oleh sebab apa pun juga. Tetap ikuti pertandingan sampai akhir.

×
Berita Terbaru Update