-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Alter Ego Merusak Kepribadian Manusia

Selasa, 14 Juli 2020 | Juli 14, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T19:50:56Z
Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. 2 Korintus 11:14

Jauh sebelum manusia jatuh dalam dosa, Iblis telah jatuh dalam dosa berusaha tampil seperti malaikat Terang yang tidak berdosa. Tampil seolah-olah sebagai sahabat Adam dan Hawa melakoni drama kehidupan dengan karakteristik yang berbeda yaitu pembawa terang yang sesungguhnya menghadirkan kegelapan dalam kehidupan manusia di Taman Eden. Dengan menjalankan "alter ego" maka Iblis mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari Adam dan Hawa setelah dianggap sahabat yang baik, ia hadirkan dosa karena manusia mengikuti Iblis melawan dan memberontak kepada Tuhan Pencipta.

Alkitab tidak menceritakan bahwa Adam dan Hawa benci dengan diri sendiri tetapi ingin seperti Allah tahu yang baik dan jahat. Adam dan Hawa ingin beda dengan dirinya. Hal yang sama juga dialami oleh banyak orang yang mengalami perasaan kenapa seperti begini... ingin mencoba menjadi seperti orang lain misal dengan merubah dandanan, perilaku, pola pikir dan lain-lain pada saat berada di lingkungan atau tepat lain. Adam dan Hawa diduga telah terkena gejala alter ego yang disebarkan oleh iblis yang ingin menyamai Yang Mahatinggi.

Alter ego adalah bahasa Latin yang berarti "aku yang lain". Istilah ini pertama digunakan oleh Anton Mesmer sekitar tahun 1730-an. Dengan melakukan hipnotis maka terjadi pola perilaku yang berbeda dari kepribadian individu dalam keadaan sadar. Menurutnya hipnotis memisahkan alter ego. Secara umum alter ego merupakan suatu bentuk sisi lain dari kehidupan seseorang yang jauh berbeda dari dirinya sendiri atau merupakan diri kedua yang dipercaya berbeda daripada orang kebanyakan atau kepribadian yang sebenarnya. Individu akan dikuasi oleh alter ego nya saat kondisi tertentu membuat dirinya tidak nyaman dan terusik. Sehingga kondisi individu yang lembut, halus, dan sabar, pada suatu waktu akan membentuk karakter yang pemarah, emosional, dan tidak mau kalah. Hal ini sebagai bentuk pembelaan atau defensif dirinya terhadap sesuatu yang dirasakan mengganggu secara psikis.

Proses terbentuknya alter ego menurut sehatq.com:
  • Alter ego biasanya muncul ketika Anda tertekan dan merasa tidak bisa melakukan hal yang ingin Anda lakukan.
  • Anda kemudian akan ‘meminta bantuan’ kepribadian lain dalam diri Anda untuk mewujudkan mimpi Anda tersebut.
Dalam banyak kasus, alter ego dalam diri seseorang memiliki tujuan hidup yang sama dengan kepribadian asli orang tersebut. Hanya saja, untuk mencapai tujuan tersebut, si alter ego ini memiliki pendekatan yang berbeda dari kepribadian asli.

Kasus alter ego yang terkenal adalah hadirnya pribadi yang lain dalam pertunjukan konser dimana sejumlah penyanyi tampil berbeda dengan biasanya. Contoh terkenal:
  • Marshall Mathers dengan alter ego Slim Shady
  • Mary J Blige dengan alter ego is Brook-Lynn
  • Mariah Carey dengan alter ego Mimi & Bianca
  • Beyonce dengan alter ego Sasha Fierce
Alter ego dari penyanyi tersebut sesuatu yang sengaja dilakukan dan nyata. Beda dengan kisah cerita film Super Hero memiliki alter ego, seperti:
  • Superman's adalah Clark Kent,
  • Spiderman's adalah Peter Parker,
  • Batman's adalah Bruce Wayne"
Namun dalam film hanya sebuah imajinasi belaka dan bukan realita yang sesungguhnya.

Alter ego secara medis memiliki ciri-ciri diantaranya:
  1. Panik
  2. Mempunyai perilaku yang berbeda
  3. Emosi tidak stabil
  4. Penderita akan ln lupa bila elter egonya yang menguasai
  5. Gangguan dipersonality atau lebih
Pemicu timbulnya alter ego salah satunya trauma psikis dan fisik yang pernah dialaminya, rasa takut, kepercayaan diri yang rendah.

Dalam sudut pandang psikologi, alter ego berbeda dengan kelainan identitas disosiatif sebab pemilik alter ego menyadari akan adanya kepribadian lain di dalam tubuhnya. Selain itu, kepribadian utama masih memegang kontrol atas alter ego sehingga kepribadian ini hanya bisa muncul ketika dipanggil oleh Anda dan dampaknya tidak sampai mengakibatkan amnesia. Alter ego harus dikontrol dan dikendalikan agar tidak berdampak buruk seperti:
  • Alter ego akan mendominasi tubuh dan mengganggu aktivitas Anda secara keseluruhan.
  • Bila Anda menciptakan alter ego yang terlalu sempurna, kepribadian utama Anda juga bisa mengalami penurunan kepercayaan diri.
  • Memburuknya hubungan dengan teman dan keluarga karena perbedaan karakter antara Anda dan si alter ego.
Secara psikologis jika gejala bahwa alter egonya terlalu dominan, ajak ia bicara dari hati ke hati untuk menemukan alasan yang membuat kepribadian keduanya berlaku demikian.

Psikolog mungkin menganjurkan dalam merawat dan mengobati penderita alter ego seperti:
  • Meredam atau kontrol mood dan emosi Anda
  • Hindari kelelahan fisik Anda, karena perubahan mood Anda terpicu bila Anda memaksakan diri terhadap fisik Anda. Cukupi istirahat, dan jangan memaksakan beraktivitas bila Anda lelah.
  • Hindari tidur larut malam
  • Angkatlah kepercayaan diri Anda terhadap apapun yang Anda temui.
Jika masih berlanjut dapat hubungi psikiater atau psikolog berlisensi.

Gejala alter ego mungkin juga dilakukan oleh kita saat ini dalam mengunakan media sosial. Jika saat ini memiliki akun facebook, instagram, email ganda (lebih dari satu) maka dipastikan telah menciptakan pribadi lain dari diri sendiri dengan tujuan tersendiri. Membuat identitas palsu di media sosial adalah suatu perbuatan dosa, mengikuti tindakan yang dilakukan oleh Iblis. Alter ego menghadirkan masalah tersendiri sehingga pemerintah mendorong nomor identitas tunggal bagi penduduk Indonesia.

Dalam menjadi pengikut Yesus maka Anda tidak perlu jadi orang lain sekalipun dalam berjemaat dan mengikut Yesus terkadang dianjurkan mengembangkan alter ego seperti seperti zaman Paulus maka orang Yunani yang percaya Yesus harus ikuti kehidupan Yahudi, misal hukum sunat dan makanan. Saat ini orang Kristen harus ikuti budaya orang "Barat", dalam mengikut Yesus identifikasi budaya bukanlah hal yang mutlak. Misi gereja bukanlah menyebarkan budaya tetapi menyebarkan Injil, berharap untuk memenangkan orang untuk mengikuti Yesus.

Dalam pemikiran kita terkadang berpikir untuk seperti orang lain, misal kita sering berpikir bahwa untuk mengalami kebahagiaan atau kegembiraan itu kita perlu keadaan kita untuk berubah.
Kita pikir kita hanya akan bahagia JIKA ...

Jika kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik
Jika kita pindah ke tempat baru
Jika kita mendapatkan perceraian?
Jika kita menemukan pasangan hidup
Jika kita memiliki anak
Jika kita memiliki seorang cucu
Jika saja, Jika saja, Jika saja ...
Sekarang, jika ada skenario di mana Anda akan mengatakan, ya itu akan sulit bagi mereka untuk memiliki kebahagiaan dan kegembiraan kecuali keadaan mereka berubah. Sebenarnya yang mereka butuhkan lebih dari satu perubahan keadaan adalah perubahan hati.Mereka perlu mengikuti Yesus. Anda tidak perlu perubahan keadaan, Anda perlu perubahan hati.
Ketika kita mengikuti Yesus, bahkan dalam keadaan yang sama dengan yang kita alami sebelumnya, semuanya lebih baik. Semuanya lebih indah, semuanya memiliki makna, semuanya memiliki tujuan, semuanya ditebus.

Pengakuan kepada TUHAN bahwa telah inginkan jadi pribadi lain yang berbeda dengan kepribadian diri sendiri sangat penting. TUHAN menciptakan manusia dengan unik sehingga setiap orang berbeda sebagaimana tubuh terdiri dari berbagai anggota. Mintalah DIA sendiri yang memproses dan membentuk kita sesuai dengan tujuan penciptaan yang unik dan khusus bagi kita. Dia akan menjadikan diri kita berharga sekalipun berbeda dengan orang lain dan atau gambaran ideal yang ada dalam pemikiran kita.

Selain pendekatan psikologi, alter ego juga dapat terjadi karena jiwa dirasuki oleh roh jahat sehingga melakukan sesuatu diluar kepribadiannya. Artikel tulisan "Beyonce (Sasha Fierce) and other “Musicians” With Their Demonic Alter Egos" menjelaskan bahwa setan dapat berada dalam perubahan perilaku seseorang. Setan dapat melakukan hal itu salah satu sebabnya diberi kesempatan kepadanya dengan harapan mendapatkan manfaat dari hadirnya alter ego yang ditimbulkan.... tetapi Firman Tuhan menasehati agar tidak memberi kesempatan kepada iblis, serta tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis maka ia akan lari.

Kita diciptakan unik, khusus secara istimewa dalam rencana-Nya. Alter ego telah merusak kepribadian manusia yang diciptakan baik oleh TUHAN sehingga tidak puas bahkan orang tertentu berhubungan dengan roh jahat untuk meraih sesuatu yang fana. Datanglah kepada TUHAN sebab DIA sanggup memulihkan dan menjadikan segala sesuatu baru yang berlabuh dalam kemuliaan kekal di surga melalui Yesus Kristus sang Juruselamat.



Tulisan lainnya:
Pura-pura Bahagia Saat Interaksi
Terapi Terhadap Mati Rasa Emosi
Elifas, Ayub dan Histrionik
Optimalisasi Fungsi Intuisi
Mementingkan Diri Sendiri
Bipolar Sudut Pandang Alkitab


×
Berita Terbaru Update