-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Keluar Dari Kotak Dengan Benar.

Kamis, 16 Juli 2020 | Juli 16, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T19:50:07Z
Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. Markus 1:22

Yesus mengajar orang banyak sangat berbeda dengan ahli-ahli Taurat. Pengajaran-Nya suatu pembaharuan terhadap pengajaran yang biasa dilakukan para pengajar di rumah ibadat dan merevolusi cara pengajaran Rabi Hilel, kakeknya Gamaliel mantan guru Paulus yang dianggap luwes dan lunak terlebih lebih kelompak Shamai. Yesus mengajar out of the box (keluar dari kotak) dari cara ahli-ahli Taurat di zaman-Nya.

Hubungkan dgn 4 garis.
Konsep pemikiran Yesus bertindak out of the box baru dikenal abad 20 sebab istilah out of the box adalah istilah baru yang dipopulerkan oleh Henry Ernest Dudeney, seorang matematikawan asal Inggris, melalui permainan teka-teki yang dia ciptakan. Dudeney hidup 10 April 1857 – 23 April 1930 dari negara Inggeris. Teka teki matematika yang di buatnya menjadikan orang berpikir meski yang terkenal adalah teka-teki sembilan titik, muncul pada Cyclopedia of Puzzles oleh Sam Loyd pada tahun 1914. Kemudian Edward de Bono mengartikan cara berpikir di luar kotak sebagai cara berpikir lateral. Ia berkata “Seseorang tidak dapat menggali lubang di tempat yang berbeda dengan menggali lebih dalam lubang yang sama.”

Yesus dengan hikmat yang luar biasa bertindak out of the box sejak awal pelayanan-Nya sampai akhir sebab DIA tidak dapat diselami pemikiran-Nya. Dalam seluruh Injil yang dilakukan Yesus sangat menabjubkan semua pihak dan Dia mencatat sejumlah sejarah yang out of the box dalam kehidupan-Nya. Injil mencatat hal yang menabjubkan oleh Yesus Kristus, sehingga keluar dari "kotak pemikiran pemimpin Yahudi. Contoh:
  • Ketika diperhadapkan wanita yang kedapatan berzinah dan dibawa kepada Yesus maka Yesus membungkukkan badan-Nya dan menulis sesuatu di tanah lalu berkata barang siapa tidak berbuat dosa hendaklah yang pertama melempari dengan batu
  • Ketika ditanya tentang membayar pajak kepada kaisar "Romawi" maka tunjukan mata uang yang jadi alat pembayaran pajak. Lalu berkata gambar dan tulisan siapakah ini? mereka menjawab : "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
  • Percakapan Yesus dengan perempuan Samaria adalah percakapan yang sarat dengan out of the box sehingga satu desa di Samaria dimenangkan oleh Kristus Yesus
Yesus berkata, berpikir dan menjawab pertanyaan dari ahli Taurat, orang Farisi dan Saduki dengan keluar dari kotak yang membelengu.

Bukan saja saat menjawab yang keluar dari kotak pengajaran agamawi, pengajaran Yesus berbeda dengan Majelis Agama Yahudi. Misal:
  • Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu
  • Memberi tanpa pamrih. Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
  • Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain.
  • Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
  • Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.
Cara Yesus berbeda dengan yang diajarkan dunia. Andaikan cara biasa yang diambil tidak menyelesaikan masalah maka tiba saatnya untuk melakukan apa yang Yesus ajarkan.

Keluar dari kotak sebelum dilakukan oleh Yesus saat melayani di bumi sebagai Anak Manusia, Alkitab mencatat banyak tindakan out of the box yang dilakukan umat pilihan TUHAN karena tuntunan Tuhan, misal:
  • Nuh membuat bahtera yang besar
  • Israel keluar dari Mesir maka berkemah di depan Pi-Hahirot, antara Migdol dan laut; tepat di depan Baal-Zefon berkemahlah kamu, di tepi laut. Mesir kemudian ditenggelamkan laut Teberau
  • Samuel akhirnya mengurapi Daud yang masih kemerah-merahan bukan kakaknya seorang tentara
  • Daud berperang mengalahkan goliat pakai ali-ali bukan perlengkapan perang
Hidup dituntun sepenuhnya oleh TUHAN maka TUHAN dapat membawa kepada hal-hal yang keluar dari kotak sebab Tuhan tidak dapat dimasukkan dan berdiam dalam kotak.

Out of the box karena petunjuk khusus dari TUHAN kepada umat pilihan TUHAN sebab bergaul karib dengan-Nya tetapi keluar dari kotak juga dapat dilakukan orang banyak seperti kisah terkenal yang melukiskan bertindak keluar dari kotak di bawah ini:
  1. Ada seorang dokter di sebuah rumah sakit jiwa membocorkan tes yang dilakukannya untuk menyatakan apakah pasiennya sudah dinyatakan sembuh atau belum. Pasien tersebut akan dihadapkan pada sebuah bak mandi yang terisi air dengan penuh. Sang dokter kemudian akan meminta pasien untuk mengosongkan bak mandi tersebut dengan memberikan sendok teh, cangkir dan gayung.
    Dari tiga benda tadi, jawaban sang pasien akan sangat menentukan lulus atau tidaknya mereka. Hampir 99% orang akan menjawab gayung. Masuk akal sih, karena dari tiga benda di atas, gayung adalah benda yang paling besar, sehingga akan mengurangi banyak air dengan cepat. Tetapi, jawaban gayung tidaklah benar. Kalau pasien tersebut sudah sembuh dan normal, umumnya mereka akan mencabut penyumbat yang ada di bak mandinya. Siapa disini yang terkecoh?
  2. Seorang salesman diutus perusahaan sepatu pergi ke Afrika untuk memasarkan sepatu dari perusahaannya , setelah sampai di Afrika ia pergi keberbagai kota dan pulang dengan laporan bahwa sepatu TIDAK LAKU di Afrika karena penduduknya TIDAK pakai sepatu .
    Pemimpin perusahaan penasaran maka ia mengutus salesman lain untuk pergi ke Afrika lagi , beberapa saat ia mendapat informasi bahwa ada PELUANG BESAR untuk memasarkan sepatu karena di Afrika penduduknya banyak yang BELUM pakai sepatu .
  3. Sales yang disuruh jual kulkal ke daerah kutub. Suhu Kutub Utara rata-rata antara -43o sampai dengan -26o Celcius..saat musim panas pun suhunya masih sekitar 0o Celcius. Berpikir keluar dari kotak maka kulkas dapat dijual. Penduduk di kutub utara dan sekitarnya memerlukan sesuatu yang bisa menyimpan makanan mereka agar "TIDAK MEMBEKU" .... dan benda itu namanya KULKAS.
    Jadi, KULKAS mereka manfaatkan tidak untuk mendinginkan makanan tapi justru untuk mencegah agar makanan tidak membeku dan tetap segar saat diolah (suhu kulkas bisa diatur) , diluar kulkas, makanan akan segera membeku karena suhu dingin yang extrim.
Berpikir keluar dari kotak adalah milik orang bijaksana terlebih lebih jika disertai TUHAN Sang Imanuel.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan agar keluar dari kotak diantaranya adalah:
  • Fokus kepada pemecahan masalah bukan kepada masalah itu sendiri, dengan berhenti mengeluh
  • Berpikirlah misal soal prinsip dasar dari suatu masalah, misal pencarian di internet semua dapat dilakukan oleh search engine tidak hanya sebatas Google saja tetapi misal Yahoo, Bing, Duckduckgo, Yandex dll.
  • Bertanyalah kepada orang lain misal adakah cara lain menyelesaikan suatu kasus / masalah?
  • Beranikan diri keluar dari zona nyaman
  • Berpikirlah kreatif dan imajinatif serta tidak mudah putus asa sehingga hasilnya berbeda dari kebiasaan selama ini
  • Jangan lupakan firman Tuhan dan berdoa mohon TUHAN ikut serta dalam pergumulan hidup serta memberikan hikmat
Keluar dari kotak yaitu kebiasaan yang kita lakukan harus libatkan TUHAN agar sesuatu yang baru kita pikirkan atau lakukan tidak menyimpang dari kebenaran dan sesuai dengan nilai, norma dan etika serta kekudusan.

Berpikir keluar dari kotak dengan cara yang benar adalah tidak masuk kedalam jebakan Iblis dengan think out of the box of divinity, sehingga mereka masuk ke dalam box of sin. Akibatnya, banyak kreativitas dan inovasi manusia yang menghasilkan bagi perbuatan-perbuatan dosa. Contoh sederhana adanya inovasi mencontek ketika ujian. Saat berpikir keluar dari kotak seharusnya dengan pertolongan TUHAN agar keluar dari kotak dosa /out of the box of sin. Tokoh iman telah memberi kesaksian keluar dari kotak dapat terjadi karena hadirnya iman sejati dalam diri mereka kepada TUHAN. Bertindak keluar dari kotak haruslah membuahkan kehidupan yang memuliakan TUHAN



Tulisan lainnya:
Biomimetik Daya Cipta Desain Pencipta
Tuhan Itu Kreatif
Metode Kreatif Yesus Menurut Warren S. Benson
Kebosanan Hidup Ayub
Pola Bisnis Allah dan Sistem Manajeman Manusia
Hidup Krisis Waktu Resesi


×
Berita Terbaru Update