Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Minggu, 17 Juni 2018

Apa Yang Terjadi Tatkala Menyembah TUHAN

Latar Belakang Alkitab : Yesaya pasal 6.
William Temple mengatakan bahwa "Menyembah" adalah :
  • Menghidupkan nurani oleh Kekudusan ALLAH,
  • Memberi makan pikiran dengan Kebenaran ALLAH,
  • Mencuci bersih imajinasi (khayalan) oleh Keindahan ALLAH,
  • Membuka hati terhadap Kasih ALLAH,
  • Mengabdikan kehendak kepada Maksud-Tujuan ALLAH.
1. Kita menjadi serupa/segambar dengan ALLAH yang kita sembah. Mazmur 135:15-18, "Berhala bangsa-bangsa adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat, mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, juga nafas tidak ada dalam mulut mereka. Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, semua orang yang percaya kepadanya." (Orang-orang kafir menjadi seperti alah-alah yang mereka sembah) * BERITA SUNGGUH BESAR : "KITA DAPAT MENJADI SEPERTI ALLAH KITA ! PENYEMBAHAN MENGUBAH KITA." 2 Korintus 3:17-18, "Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambarNya, dalam kemuliaan yang semakin besar!"
( Jangan sampai menyembah uang, mobil, rumah, benda, orang, dsb !) 

2. Kita Menjadi Lebih Benar Dalam Hubungan Dengan Allah.
Majikan - Hamba / Budak.
Raja - Rakyat.
Pencipta - Ciptaan / Makhluk.
Penyembahan menolong untuk membenahi kesombongan dan ego yang "tak terkendali". Dan disamping itu, Penyembahan menjadikan kita "seseorang" - dengan memberikan kita suatu hubungan peribadi dengan adanya sumber pertolongan yang tak terbatas bagi kebutuhan kita!

3. Kita Mengalami Kelepasan ( Penjara Terbuka)
* Kelepasan dari pelbagai sikap dan kebiasaan buruk merupakan salah satu kebutuhan besar kita! ALLAH campur tangan sesudah ada Penyembahan. Kisah Rasul 16:25,26, "Kira-kira tengan malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah.......... terjadilah gempa bumi yang hebat ........ dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua." Apabila ALLAH memerdekakan kita - akibatnya menabjubkan sekali : JIWA-JIWA dilahirkan kembali ke dalam KELUARGA ALLAH. Kisah Rasul 16:27,30. "Kepala penjara itu ...... melihat pintu-pintu penjara terbuka ........... berkata: "Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat supaya aku selamat?"

Akibat kemerdekaan itu, ia dan seisi rumahtangganya percaya kepada KRISTUS. * Penyembahan menuntun kepada pelepasan Kuasa ALLAH. Dan Kuasa-Nya menyebabkan orang-orang berkata : "Apa yang harus aku perbuat supaya aku selamat?"

PENYEMBAHAN MENUNTUN KEPADA PEMENANGAN JIWA-JIWA.

4. Kita Menjadi Sama Dengan Orang-Orang Saleh Di Dalam Kekalan.
A.W. Tozer mengutip : "Setiap pandangan sekejap di dalam sorga selalu menunjukkan mereka sedang Menyembah" - Yehezkiel 1; Yesaya 6; Wahyu 4 & 5.
Mazmur 23:6, "Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa."
* Kita Menyembah sekarang - dan mempersiapkan pelayanan kita kepada ALLAH di dalam kekekalan.
Kita sudah membaca dan mempelajari nyanyian-nyanyian besar "Pujian dan Sembahan" kekekalan -- Wahyu 7:9-12; 19:4-10; 5:9-13.
Mereka Menyembah katanya : "Layaklah Anak Domba" (Baca Wahyu 5:12) * IA SAMA LAYAKNYA SEKARANG SEBAGAIMANA DULU DAN NANTI !!
Marilah setiap hari kita mempersiapkan kekekalan sekarang dengan: MENYEMBAH DAN MEMUJI TIAP-TIAP HARI !

5. Allah Mendatangi Kita Dengan Keuntungan-Keuntungan Tertentu.

  • Mazmur 16:7, "Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasehat kepadaku ........" 
  • Mazmur 18:4, "Terpujilah TUHAN, seruku: maka akupun selamat dari musuhku" 
  •  Mazmur 18:20, " ......... IA menyelamatkan aku, karena IA berkenan kepadaku." 
  • Mazmur 37:40, "Bergembiralah karena TUHAN; maka IA akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu." 
  • Mazmur 92:5, "Sebab telah Kau buat aku bersukacita, ya TUHAN, dengan pekerjaanMU ........." 
 * HANYA PARA PENYEMBAH - SADAR AKAN PENGENAPAN TOTAL.
  • Mazmur 16:11, "Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; dihadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa. 
BETAPA MULIA HIDUP MASA DEPAN BAGI MEREKA YANG SETIAP HARI MENAATI HIMBAUAN DAUD UNTUK MENYEMBAH !! 

6. Kuasa ALLAH dilepaskan.

MEREKA YANG MENYEMBAH MENERIMA KUASA DAN AMANAT AGUNG UNTUK MENGINJILI DUNIA ( MATIUS 28:16-20) 
* YESUS menyuruh para Penyembah untuk menginjili dunia.
  • Matius 28:17-19, ".....mereka menyembah-Nya.......Yesus berkata......Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu .......... dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

KRISTUS SUDAH BERHASIL MENGAJAR PARA MURIDNYA UNTUK MENYEMBAH MEREKA TELAH SIAP UNTUK AMANAT AGUNGNYA. 

Lalu aku mendengar suara TUHAN berkata: "Siapa yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" maka sahutku : "Ini aku, utuslah aku! "kemudian Firman-Nya : "Pergilah ....." Yesaya 6:8,9a.

* Nehemia menyuruh para penyembah untuk menginjili dunia.
  • Nehemia 8:7,11, ".......mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN ...... lalu berkatalah ia kepada mereka: "pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa........" 
* Daud menyuruh para penyembah untuk menginjili dunia.
  • Mazmur 67:3,6,8. "Supaya jalan-Mu dikenal dibumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa........ kiranya bangsa-bangsa semua bersyukur (memuji) kepada-Mu....... kiranya segala ujung bumi takut akan DIA !" Para Penyembah Membangun Himpunan-Himpunan Orang Percaya. 
7. Kita Membawa Kesukaan Kepada ALLAH.

Apabila anda menjadi seorang penyembah sejati, ALLAH berkata : "Eureka!" - Semua paduan suara sorga menyanyi dengan sukacita !
ALLAH katakan, "AKU sudah temukan apa yang Kucari : seorang penyembah sejati yang menyembah-Ku dalam ROH dan KEBENARAN.
Kita selalu mendengar bahwa : manusia mencari ALLAH dan menemukan-Nya. Lebih mengembirakan lagi : ALLAH mencari penyembah-penyembah sejati dan menemukan mereka.

Hari ini anda menyembah dan mendatangkan kesukaan kepada TUHAN. KESUKAAN TUHAN AKAN MENJADI KEKUATAN ANDA !!


Ref:  Dr. Jack McAlister, Sembahan dan Pujian, Jakarta: EHC Indonesia / YALLKI, 1985

Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)