-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bersukacitalah

Kamis, 31 Agustus 2017 | Agustus 31, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-03T19:40:20Z
Filipi 4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

Teks di atas memerintahkan agar senantiasa bersukacita dalam Tuhan. Jika harus bersukacita dalam Tuhan maka ada sukacita di luar Tuhan sehingga sukacita terdiri sukacita dalam Tuhan dan sukacita di luar Tuhan.

Apakah ada sukacita di luar Tuhan? Sejumlah ayat dalam Alkitab menjelaskan sukacita di luar Tuhan, Sukacita itu ada yang menimbulkan dosa antara lain :
  • Ayub 31:29 Apakah aku bersukacita karena kecelakaan pembenciku, dan bersorak-sorai, bila ia ditimpa malapetaka
  • Amsal 2:14 yang bersukacita melakukan kejahatan, bersorak-sorak karena tipu muslihat yang jahat,
  • Amsal 24:17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,
Selain sukacita di luar Tuhan yang berdosa di mata Tuhan, ada juga sukacita yang bersifat manusiawi, siapapun orang itu baik dalam Tuhan atau di luar Tuhan bersukacita, diantaranya:
  • Mazmur 105:38 Orang Mesir bersukacita, ketika mereka keluar, sebab orang-orang Mesir itu ditimpa ketakutan terhadap mereka.
  • Amsal 15:23 Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!
  • Pengkotbah 2:10 Aku tidak merintangi mataku dari apapun yang dikehendakinya, dan aku tidak menahan hatiku dari sukacita apapun, sebab hatiku bersukacita karena segala jerih payahku. Itulah buah segala jerih payahku.
Teks Alkitab di atas memerintahkan bersukacita dalam Tuhan. Dorongan bersukacita di atas dilakukan saat mengalami penderitaan di penjara karena memberitakan Injil. Dalam penjara tidak menjadikan kehilangan sukacita dalam Tuhan.
Full Life berpendapat bahwa teks di atas adalah perintah kepada orang percaya harus bersukacita dan memperoleh kekuatan dengan mengingat akan kasih karunia dan dekatnya Tuhan serta janji-janji-Nya.
Sedangkan Matthew Henry menyatakan Segala sukacita kita harus bertumpu pada Allah. Dan pikiran-pikiran kita tentang Allah haruslah pikiran-pikiran yang menyenangkan. Bergembiralah karena TUHAN (Mazmur. 37:4). Apabila bertambah banyak pikiran dalam batin kita (pikiran-pikiran yang mendukakan dan menyiksa), penghiburan-Nya menyenangkan jiwa kita (Mzm. 94:19), dan renungan kita pun manis kedengaran kepada-Nya (Mzm. 104:34).
Pada dasarnya sukacita harus diletakan dalam Tuhan.

Apakah bersukacita dalam Tuhan? Sukacita atau χαρα – KHARA memiliki tiga makna, yaitu:
  • Kegembiraan yang meluap-luap
    •  Lukas 15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih daripada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."
  • Kegembiraan yang mendalam yang timbul dari hubungan pribadi kita dengan Allah seperti teks di atas.
    • Suka cita dianugerahkan oleh Kristus kepada umatNya * Yohanes15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.
    • Sukacita disampaikan dengan perantaraan Roh Kudus : * 1 Tesalonika 1:6 Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
    • Sukacita dalam Roh Kudus.* Roma 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.
    • Sukacita (dari) iman. * Filipi 1:25 Dan dalam keyakinan ini tahulah aku: aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman,
  • Secara metonimi, kesukaan, buah-buah atau hasil dari sukacita.
    • Matius 25:21, Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
Sukacita adalah berkat Tuhan bagi umatNya yang menjadi sabahatNya. Selain untuk umatNya .... Sukacita pun dapat diperoleh antara lain dari :
  • Orang yang menasihatkan kesejahteraan. 
    • Amsal 12:20; Tipu daya ada di dalam hati orang yang merencanakan kejahatan, tetapi orang yang menasihatkan kesejahteraan mendapat sukacita.
  • Orang benar. 
    • Amsal 21:15; Melakukan keadilan adalah kesukaan bagi orang benar, tetapi menakutkan orang yang berbuat jahat.
  • Orang tua dari anak-anak yang baik. 
    • Amsal 23:24 Ayah seorang yang benar akan bersorak sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia.

Sukacita adalah bagian dari hidup manusia yang dikaruniakan Tuhan bagi orang orang yang takut kepadaNya terlebih-lebih bagi yang menjadi sahabatNya, yaitu umat yang percaya sepenuhnya kepadaNya.  (Yakobus 2:23. Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah.")

Jika kita dikenal oleh Allah sebagai sahabatNya yakni umat kepercayaanNya karena percaya kepadaNya maka kita akan bersukacita.
1 Tesalonika 5:16 Bersukacitalah senantiasa. Itulah kehendak Tuhan bagi kita. Jika kita sebagai umatNya membiasakan diri percaya kepadaNya setiap karena memiliki hubungan pribadi yang baik waktu maka anugerahNya menjadikan kita senantiasa bersukacita.
Dalam setiap keadaan kita dinasihati oleh Firman Tuhan untuk sukacita senantiasa sekalipun alami penderitaan.( 1 Petrus 4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.)


×
Berita Terbaru Update