-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tuhan Itu Penyembuh

Minggu, 10 September 2017 | September 10, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-02T19:56:23Z
Yeremia 17:14 Sembuhkanlah aku, ya TUHAN, maka aku akan sembuh; selamatkanlah aku, maka aku akan selamat, sebab Engkaulah kepujianku!

Benson Commentary berpendapat Kebanyakan penafsir memahami Yeremia di sini untuk kepentingannya sendiri. Yeremia mewakili dirinya sebagai orang yang terluka, atau sakit, entah dengan rasa penghinaan yang dilakukan kepada Tuhan oleh dosa orang-orang, atau dengan celaan mereka menuangkan dirinya sendiri, dan dia memohon kepada Tuhan untuk menyembuhkannya, hanya Tuhan yang memiliki kekuatan untuk lakukan. Selamatkanlah aku, karena Engkau adalah puji-pujianku - Hanya daripadamu aku mengharapkan penghiburan dan penghiburan dalam segala kesulitanku; dan saat aku menyadari bahwa semua berkah yang aku nikmati berasal darimu,......

Dari pendapat di atas dapat diduga bahwa Yeremia mengalami sakit tubuh dan atau menderita secara mental dan sosial dari orang-orang disekitar Yeremia yang tindakannya melawan Tuhan sehingga Tuhan merancang menjatuhkan hukuman akibat dosa. Hal di atas mengambarkan terdapat penyakit fisik, mental atau spiritual atau kelemahan, Sementara kebanyakan orang menghubungkan penyembuhan dengan penderitaan fisik, padahal roh, jiwa, dan tubuh sama-sama membutuhkan penyembuhan yang kadang-kadang membutuhkan lebih daripada hanya doa seperti yang diungkapkan oleh Pat Robertson, The Christian Broadcasting Network.

Penyakit yang dialami Yeremia ingin disembuhkan oleh Tuhan adalah seluruh aspek kehidupannya sehingga sehat seperti dalam penjabaran defini Sehat menurut World Health Organization (WHO) adalah suatu keadaan yang sempurna secara fisik, mental dan sosial, bukan sekedar terbebas dari penyakit atau kelemahan. Yeremia ingin melayani Tuhan di bangsanya dengan harapan menyumbang kontribusi positif kepada bangsanya tetapi bangsanya tetap mengeraskan hatinya sehingga pelayanan Yeremia tidaklah produktif sehingga secara "Definisi Sehat menurut UU No. 23 Tahun 1992 dan dimuat lagi pada UU No. 36 Tahun 2009 menyatakan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi" tidak tercapai karena "pelayanannya dianggap gagal jika ditinjau dari output yang dihasilkan untuk bangsanya...... meskipun itu bukan kesalahan Yeremia tetapi kesalahan bangsanya di zamannya.

Hal yang sama di alami oleh Rasul Paulus. Paulus berseru agar duri dalam daging itu disingkirkan oleh Tuhan tetapi untuk hal ini tidak dijawab Tuhan. ( 2 Korintus 12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.) Sekalipun Paulus dapat melakukan aneka mujizat dalam nama Tuhan tetap tidak sempurna secara kesehatannya meskipun dalam ketidaksempurnaannya dapat melakukan pekerjaannya sebagai pemberita Injil di zamannya. Tuhan Penyembuh segala sesuatu namun DIA memiliki kebijaksanan-Nya tersendiri.

Teks di atas menurut Gill's Exposition of the Entire Bible adalah selamatkan aku, dan aku akan diselamatkan; dengan keselamatan temporal, spiritual, dan kekal; selamatkan aku dari kerusakan zaman, dari disain musuh-musuhku; pertahankanlah aku sampai kerajaan dan kemuliaan-Mu; tidak ada yang diselamatkan, tetapi siapa yang diselamatkan Tuhan, dan orang-orang yang diselamatkan oleh dia diselamatkan dalam suatu tujuan; mereka tidak akan pernah binasa. Kesembuhan dan keselamatan adalah satu paket yang diberikan Tuhan agar hidup manusia yang disembuhkan itu dapat hidup kekal bukan binasa.

Sembuhkan aku maka aku akan sembuh itu menandakan bahwa TUHAN adalah penyembuh yang bijaksana yang dapat menjawab semua penyakit fisik, mental, sosial dan atau kelemahan lainnya sehingga saat Tuhan menyembuhkan orang kusta maka Tuhan menyuruh agar datang kepada imam sehingga dapat kesembuhan secara sosial juga. Saat menyembuhkan orang lumpuh maka DIA menyuruh mengangkat tilam sehingga orang tersebut dapat bekerja secara produktif.

Baik perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru menyatakan bahwa Allah memperhatikan kesejahteraan anak-anakNya dan menginginkan kesehatan bagi mereka secara keseluruhan. Kristus datang agar kita memiliki hidup dalam kelimpahan (Yohanes 10:10), dan pelayananNya dibumi termasuk banyak penyembuhan. Dia menunjukkan bahwa kesembuhan adalah tanda bahwa Kerajaan Allah sedang ditegakkan.
Penyakit-penyakit dan kelemahan adalah penderitaan yang umum. Keberadaan mereka sering tidak dapat dijelaskan, walaupun ayat-ayat menjelaskan beberapa kasus dimana penyakit-penyakit adalah hukuman akibat dosa (Ulangan 28:61, Mikha 6:13, 1 Kor 11:30). Seringkali seperti Ayub, penyakit tidak berhubungan dengan dosa. Apapun penyebabnya, kita tahu bahwa Allah dalam kemurahanNya menginginkan kesehatan kita seutuhnya dan ingin agar kita bertindak dan berdoa untuk mendapat keutuhan tersebut.

Indrawan Eleeas mendata penyebab sakit dalam Alkitab, maka dia menemukan penyebab penyakit menjadi :
  • Sakit penyakit timbul karena dosa. ( Yohanes 5:14)
  • Penyakit berasal dari iblis. ( Ayub 2:7).
  • Sakit Penyakit terjadi untuk membawa kemuliaan Tuhan. ( Yoh 9:1-3)
  • Penyakit disebabkan karena faktor genetika / keturunan. ( 1 Tim 5:23)
  • Penyakit disebabkan oleh faktor keletihan / kelelahan. ( Dan 8:7)
  • Penyakit disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak sehat. ( 2 Raj 4:38-40, 2:19)
  • Penyakit disebabkan oleh berita buruk yang membuat shock dan stres. ( 1 Sam 4:17-18).
  • Penyakit yang disebabkan faktor usia yang sudah lanjut. ( 1 Raj 1:1)
  • Penyakit disebabkan karena melawan hamba Tuhan. ( 1 Raj 13:4)
  • Penyakit disebabkan oleh wabah. ( Ul 7:15, 28:60)
Tuhan ingin manusia bukan hanya sekedar sembuh melainkan juga kesembuhan yang menghasilkan keselamatan jiwa dimana tidak mengalami penderitaan lagi saat diakherat kelak. Kesembuhan yang bersifat kekal, dan menyeluruh mengatasi semua sumber penyakit yang menimpa manusia sehingga Firman itu menjadi manusia dan menanggung segala kejahatan dan pemberontakan kita kepada Tuhan yang menjadi masalah bagi Yeremia sehingga harus berseru-seru sembuhkanlah saya.{Yesaya 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.} Sakit yang disebabkan pemberontakan kepada TUHAN tidak dapat disembuhkan oleh apapun juga kecuali dengan jalan Firman menjadi manusia yang sempurna tidak bercacat memikul segala penyakit dan kelemahan manusia }

Tuhan adalah penyembuh yang sempurna yang mampu menyembuhkan apapun penyakit kita saat tindakkan kita dalam menempuh usaha penyembuhan misalnya dengan:
  • Seorang sakit dapat sembuh dengan istirahat dan pola makan yang baik.
  • Penyakit hilang karena obat yang diberikan dokter atau tenaga medis.
  • Kesembuhan diadakan/ dilancarkan oleh salah satu perubahan dalam sikap batin si sakit.
mengalami kegagalan. Seorang wanita yang alami pendarahan 12 tahun tidak kunjung sembuh datang kepada Yesus dengan penuh iman, maka ia pun beroleh kesembuhan. (Markus 5:29. Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya.)


Selain menjanjikan kesehatan tubuh, Alkitab menjanjikan orang-orang Kristen akan pikiran yang sehat. Bagaimanapun penyakit mental diakibatkan oleh kerusakan psikologis, atau kegiatan demonis (Matius 17: 14-18), atau dari ketidak patuhan kepada Allah (Ulangan 28: 15, 28) Hanya Tuhan yang dapat menyembuhkan otak, pelepasan dari ikatan kuasa gelap dan atau menjadikan seseorang ciptaan baru sehingga taat/patuh kepada Tuhan.

Tuhan adalah pencipta dan pemiliki hidup manusia..... Dia dapat memperbaiki segala organ tubuh yang alami kerusakan...... tetapi dalam kebijaksanaan-Nya Dia menghendaki bukan sekedar sembuh melainkan mendapatkan kehidupan yang bebas dari segala penderitaan di akherat yaitu tinggal di sorga dimana tidak ada sakit apapun yang mengerogoti tubuh. Dia penyembuh yang sempurna dan kekal.

×
Berita Terbaru Update