-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kisah Barnabas

Minggu, 01 Oktober 2017 | Oktober 01, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-24T08:49:18Z
Barnabas ( Yunani : Βαρναβᾶς ), lahir dengan nama Yusuf, adalah seorang Kristen awal , salah satu murid-murid Kristen yang awal di Yerusalem . Setelah ia menjual hartanya dan menyerahkan uang hasil penjualan kepada para rasul di Yerusalem, ia diberi nama baru "Barnabas". Nama ini nampaknya dari bahasa Aram בר נביא, bar naḇyā, artinya 'putra nabi'. Namun, teks bahasa Yunani pada Kisah Para Rasul 4:36 menjelaskan namanya sebagai υἱός παρακλήσεως, hyios paraklēseōs, artinya "putra penghiburan" atau "putra pendorong". Hubungan serupa antara "kenabian" dan "pendorongan" ditemukan pada surat Paulus yang pertama kepada jemaat di Korintus, yaitu 1 Korintus 14:3.

Menurut Kisah Para Rasul 4:36 Barnabas adalah seorang Yahudi Siprus. Dinamakan sebuah rasul dalam Kisah Para Rasul 14:14 , Barnabas dan Paulus melakukan perjalanan-perjalanan misi bersama dan menjelaskan makna sunat. Mereka mendapatkan banyak perkembangan di Antiokhia (c 43-44), melakukan perjalanan bersama-sama menghadirkan bertobat dan diselamatkan oleh anugerah Yesus Kristus Tuhan, dan berpartisipasi dalam Sidang Yerusalem. Barnabas dan Paulus berhasil menginjili di antara "orang takut Tuhan (proselit)" orang kafir yang menghadiri sinagog di berbagai Helenis kota Anatolia (modern Turki ).

Cerita Barnabas muncul dalam Kisah Para Rasul , dan Paulus menyebutkan dia dalam beberapa surat-suratnya .Tertullian menduga bahwa Barnabas sebagai penulis Surat Ibrani , tetapi ini dan atribusi lainnya adalah dugaan.
Meskipun tanggal, tempat, dan keadaan kematiannya berdasarkan tradisi Kristen menyatakan bahwa Barnabas martir di Salamis, Siprus , pada 61 Masehi. Dia secara tradisional diidentifikasi sebagai pendiri Gereja Siprus .

Barnabas muncul terutama dalam Kisah Para Rasul, sejarah Kristen dari gereja Kristen awal. Dia juga muncul dalam beberapa surat Paulus. Barnabas adalah salah satu guru pertama dari gereja di Antiokhia (Kisah Para Rasul 13:1). Barnabas adalah seorang Lewi .Ketika Paulus kembali ke Yerusalem setelah pertobatannya, Barnabas membawanya dan memperkenalkannya kepada para rasul (9:27). Easton, dalam Kamus Alkitab, menduga bahwa mereka adalah sesama siswa di sekolah Rabi Gamaliel.

Perkembangan jemaat di Antiokhia membawa para rasul dan saudara-saudara di Yerusalem mengirim Barnabas ke sana. Dia menemukan pekerjaan yang begitu luas dan berat. Kemudian dalam perkembangannya ia pergi ke Tarsus untuk mencari Paulus, "seorang rekan mengagumkan", untuk membantunya. Paulus kembali dengan dia ke Antiokhia dan bekerja dengan dia selama satu tahun (Kisah Para Rasul 11:25 , 26). Pada akhir periode ini, dua dikirim ke Yerusalem (AD 44) dengan kontribusi jemaat di Antiokhia telah dibuat untuk menolong anggota yang miskin dari gereja Yerusalem.
Tak lama setelah mereka kembali, membawa Yohanes Markus bersama mereka, mereka diangkat sebagai misionaris ke Asia Kecil , dan dalam kapasitas ini mengunjungi Siprus dan beberapa kota utama Pamfilia , Pisidia (Kis 13:14).
Dengan konversi Sergius Paulus , Paulus mulai semakin dikenal lebih Barnabas dari titik di mana nama "Paulus," nama Romawi, untuk mengantikan sebutan nama "Saulus" (13:9); bukan "Barnabas dan Saulus" seperti sebelum ini ( 11:30; 12:25; 13:2, 7) kita sekarang membaca "Paulus dan Barnabas" (13:43, 46, 50; 14:20; 15:2, 22, 35), hanya dalam 14:14 dan 15:12, 25 Barnabas tidak lagi menempati tempat pertama, dalam bagian pertama dengan mengigat Kis 14:12, dalam kemudian Barnabas memiliki hubungan yang lebih dekat dengan gereja Yerusalem dari Paulus yang berorientasi misi ke luar.

Paulus muncul sebagai misionaris khotbah (13:16; 14:8-9, 19-20), dalam sebuah perjalanan, Paulus dianggap sebagai Hermes dan Barnabas sebagai Zeus (14:12). Kembali dari perjalanan misionaris pertama ke Antiokhia, mereka dikirim kembali ke Yerusalem untuk berkonsultasi dengan gereja di sana tentang hubungan bangsa-bangsa lain kepada gereja (Kis 15:2; Galatia 2:1). Menurut Gal. 2:9-10, Barnabas disertakan dengan Paulus dalam perjanjian yang dibuat antara mereka, di satu sisi, dan Yakobus , Petrus , dan Yohanes , di sisi lain, bahwa keduanya (Paulus dan Barnabas) di masa depan berkhotbah kepada orang-orang kafir, tidak lupa orang miskin di Yerusalem.

Setelah mereka kembali ke Antiokhia dari dewan Yerusalem dan setelah menghabiskan beberapa waktu di sana (15:35), Paulus bertanya Barnabas untuk menemaninya dalam perjalanan yang lain (15:36). Barnabas ingin membawa Yohanes Markus bersama, tetapi Paulus tidak, seperti yang telah meninggalkan mereka dalam perjalanan sebelumnya (15:37-38). Sengketa ini diakhiri dengan Paulus dan Barnabas mengambil rute terpisah. Paulus mengambil Silas sebagai temannya, dan melakukan perjalanan melalui Suriah dan Kilikia , sedangkan Barnabas membawa Yohanes Markus untuk mengunjungi Siprus (15:36-41). Menurut Hippolytus dari Roma , Yohanes Markus tidak disebabkan "Sepupu Barnabas" , dan Barnabas tidak sengketa dengan Paulus melainkan karena karakternya sebagai Barnabas julukannya ("anak penghiburan").


Barnabas tidak disebutkan lagi oleh Lukas dalam Kisah Para Rasul . Namun, dalam Gal. 2:13 lebih sedikit yang belajar tentang dia, bahwa ia mengikuti teladan Petrus tidak makan dengan bangsa-bangsa; dan dari 1 Korintus 9:06 itu dapat dikumpulkan bahwa ia terus kerja sebagai misionaris hingga meninggal.
×
Berita Terbaru Update