-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bersabarlah

Kamis, 01 Juni 2017 | Juni 01, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-04T17:57:22Z
Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. Yakobus 5:7

Kata bersabarlah berasal dari kata sabar yang dalam teks di atas adalah memiliki pengertian tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati dengan kata Yunani yang dipakai adalah makrothumeo yang merupakan gabungan dari dua kata : macro yang berarti panjang, dan thumos yang artinya temperamen. Jadi kesabaran itu menunjuk pada pengertian tentang kemarahan yang memerlukan waktu yang sangat panjang untuk membangkitkannya sebelum kemarahan itu dinyatakan ; amarah yang terkendali. Tidak sedikit dari kita yang memiliki temperamen pendek, artinya mudah sekali kehilangan kesabaran dan menjadi marah.

Kesabaran adalah lawan dari kemarahan yang tidak pada tempatnya, kemampuan untuk menahan diri dalam menghadapi situasi - situasi sulit. Musa, sebagai seorang pemimpin yang juga manusia biasa, terkadang tidak bisa menahan amarahnya terhadap orang - orang Israel karena ketidaktaatan mereka kepada Tuhan. Ketika Tuhan menyuruh Musa untuk berbicara kepada batu agar batu itu mengeluarkan air, Musa malah memukul batu itu. Ketidaksabarannya menyebabkan Musa tidak diijinkan Tuhan untuk memasuki Tanah Perjanjian. Bisa disimpulkan bahwa orang yang sabar sekalipun ada batasnya. Maka Kita sangat membutuhkan Roh Kudus agar kita memiliki kesabaran di segala situasi, karena cepat atau lambat kita akan sampai pada batas kesabaran kita.

Teks di atas berdasarkan Full Life adalah kisah Yakobus berbicara tentang kedatangan Kristus seperti sudah dekat (ayat Yakobus 5:8). Kristus akan datang sebagai hakim untuk menghukum yang jahat dan memberi pahala kepada yang benar dan membebaskan mereka dari penderitaan (ayat Yakabus 5:9). Kesabaran adalah sifat menanggung ketidakadilan, penderitaan, kesulitan, dan penganiayaan, sambil menyerahkan hidup kita kepada Allah dalam kepercayaan bahwa Dia akan membereskan segala sesuatu pada saat kedatangan-Nya

Wycliffe berpendapat Yakobus kini mengalihkan perhatiannya kepada orang-orang miskin yang tertindas itu, Pengajarannya ialah agar orang miskin bersabar di dalam situasi sosial ekonomi mereka, mengingat kedatangan Tuhan sudah dekat. Di sini tidak ada petunjuk bahwa orang-orang kaya akan digulingkan dengan kuat. Sebagai contoh dari orang yang telah bersabar, Yakobus memakai ilustrasi seorang petani yang menantikan hasil berharga dari tanahnya. Di Palestina, hujan musim gugur (Oktober - Nopember) turun sesudah bibit ditanam, dan hujan musim semi (April - Mei) turun ketika bibit-bibit itu mulai matang.

Kesabaran kita ditumbuhkan dan diteguhkan dengan bersandar pada kehendak dan waktu Allah yang sempurna, bahkan dalam menghadapi orang-orang jahat yang "berhasil dalam hidupnya karena melakukan tipu daya" (Mzm 37:7). Kesabaran kita adalah hal yang berharga "karena kedatangan Tuhan sudah dekat" (Yak 5:7-8). "TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia" (Rat 3:25).

gotquestions.org menunjukkan kesabaran yang merupakan karakteristik dari Kristus.
  • Pertama, kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, reaksi pertama seseorang biasanya adalah "Mengapa saya?" Tetapi, Alkitab memerintahkan kita untuk bersukacita dalam kehendak Allah (Fil 4:4; 1 Ptr 1:6). 
  • Kedua, kita berusaha memahami rencana dan tujuan-Nya. Kadang-kadang, Allah menempatkan kita dalam situasi sulit agar kita dapat menjadi saksi-Nya. Di lain kesempatan, Dia mungkin mengijinkan pencobaan untuk menguduskan karakter kita. Dengan mengingat bahwa tujuan-Nya adalah demi pertumbuhan kita dan bagi kemuliaan-Nya semata akan membantu kita dalam menghadapi pencobaan. 
  • Ketiga, kita harus mengingat janji-Nya di surat Roma 8:28, bahwa "Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." "Segala sesuatu" termasuk hal-hal yang mencobai kesabaran kita. 
Beberapa ayat Alkitab tentang bersabar diantaranya:
Image result for sabar
  • Amsal 16:32. Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.
  • Amsal 19:11 Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.
  • Ibrani 6:15 Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.
  • 1 PETRUS 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
Ada berkat dalam besabar namun“Bagaimana masyarakat yang ada saat ini, dengan segala hal yang serba instan, dapat mengajarkan kesabaran pada para kaum muda?” – Paul Sweeney – tetapi sangat perlu sebab ”Ia yang memiliki kesabaran, dapat memiliki apa yang ia inginkan.” – Benjamin Franklin -
Lamanya bersabar adalah dalam teks Alkitab di atas sampai kedatangan Tuhan sebab kedatangan Tuhan sudah dekat. Segala sesuatu permasalahan, penantian akan terbayarkan saat tugas kita di dunia telah selesai atau Tuhan datang kedua kalinya.

×
Berita Terbaru Update