-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anugerah Tuhan Bagi Manusia

Kamis, 17 Agustus 2017 | Agustus 17, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-03T20:05:05Z
Roma 2:4, "Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?"

Menurut Wycliffe adalah bahwa teks di atas tidak dapat dilepaskan dari Roma 2:1 yang memuat kata menghakimi / κρίνων ( krinōn) sehingga segala kekayaan kemuaranNya, kesabaranNya dan kelapangan hatiNya harus dipertanggung jawabkan sebab manusia wajib bertanggung jawab.

Tuhan Allah memberikan anugerah kepada manusia yang hidup di bumi dan setiap manusia dituntun kepada pertobatan yang diharapkan Tuhan, namun di sisi lain manusia diberikan kebebasan memilih untuk merespon anugerah dari Tuhan serta tuntunan kepada pertobatan yang diharapkan Tuhan.

Dalam sistematika pengajaran hal anugerah Tuhan kepada manusia biasanya dibedakan menjadi dua bagian, ini supaya memudahkan dalam menerangkan iman Kristen. Anugerah itu dibagi menjadi:
  1. Anugerah Umum.
  2. Anugerah Khusus / Efektif.
Anugerah umum sekurang-kurangnya ada tiga hal yang dikaruniakan kepada manusia agar manusia menikmati kekayaan kemurahanNya, kesabaranNya dan kelapangan hatiNya agar manusia bertobat sesuai dengan kehendak Tuhan.

Anugerah umum adalah kebaikan Tuhan Allah yang tanpa syarat kepada semua orang diperlihatkankan dalam pemeliharaanNya kepada segenap manusia. Dimana Roh Kudus tanpa pembaharuan hati melakukan seperti pengaruh moral dalam diri manusia dimana dosa ditekan aturan ditegakkan dalam bersosial dan kebenaran sipil ditinggikan serta dikaruniakanNya berkat berkat umum seperti hujan, matahari, makanan, minuman, sandang dan papan ( perumahan) tanpa diskriminasi.
Secara jelasnya.... berkat umum dapat diringkas menjadi:
  1. Provisi dari Tuhan yang dibagi menjadi dua bagian kelompok besar:
    1. Provisi materi yakni Allah memberikan sinar matahari, hujan dll kepada setiap orang baik petani ateis maupun orang Kristen atau lain lainnya. Tuhan dapat menahan penghakiman yang harus dijatuhkan selama manusia hidup didunia dan memberkati selama hidup di dunia. Penghakiman baru dilakukan setelah manusia wafat.
    2. Provisi spiritual yakni Allah menganugerahkan semua orang untuk mendengar jalan keselamatanNya agar manusia mendapatkan kesempatan selamat dan menikmati kerajaanNya kelak melalui iman kepada Yesus Kristus tanpa pemaksaan karena Kristus mati untuk semua orang. Saat ini misal melalui televisi, radio, internet dll
  2. Penahan dosa dimana Tuhan Allah menahan dosa setidak tidaknya melalui empat jalur yaitu:
    1. Melalui tindakan langsung seperti dalam kasus Laban menipu Yakub, Allah menahan penipuan itu ( Kejadian 31:7) 
    2. Melalui Roh Kudus dimana Dia puas dengan menahan perilaku berdosa manusia ( Kejadian 6:3)
    3. Melalui para hambaNya misalnya para nabi. ( Yesaya 1:16-20)
    4. Melalui pemerintahan manusia dimana melalui peraturan undang-undang dll menahan kegiatan dosa. ( Roma 13:3 )
  3. Meyakinkan dosa dimana Tuhan yakni Roh Kudus akan menunjukan manusia itu merasa bersalah / berdosa, akan kebenaran serta pentingnya penghakiman dikerjakan. (Yohanes 16:11)
Anugerah Umum adalah alat yang dipergunakan Tuhan agar setiap manusia dapat hidup layak, baik dan bertobat seperti apa yang diharapkan Tuhan.

Sedangkan Anugerah khusus atau efektif adalah anugerah yang didapat karena percaya kepada Yesus Tuhan adalah Juruselamat. Dengan hadirnya Kristus yang diwakili oleh Roh Kudus dalam hidup maka anugerah ini tidak dapat ditolak .... mengubah hati yang mencondongkan kepada kehendak Allah semata-mata. Anugerah khusus panggilan Tuhan yang menunjuk pada efektivitas undangan Allah melalui kuasa Roh Kebenaran yang menerima Injil.

Pandangan teologis terhadap anugerah efektif / khusus antara lain :
  1. Tidak setiap orang dipilih. Semua orang yang dipilih (beriman kepada Kristus) adalah penerima anugerah efektif ( Roma 1:5-6)
  2. Efektif karena tidak pernah ditolak dengan sukses ( 1 Korintus 1:23-24)
  3. Tidak bekerja berlawanan dengan kehendak manusia. Manusia bertanggungjawab untuk percaya oleh sikapnya sendiri datang kepada Yesus Tuhan. (Yohanes 5:40)
  4. Anugerah Efektif melibatkan kuasa Allah. ( Yohanes 6:44 )
  5. Roh Allah terlibat dalam anugerah efektif. ( Yohanes 16:8-11)
  6. Firman Tuhan, Alkitab terlibat dalam anugerah efektif. ( Roma 10:17)
  7. Aplikasi dari anugerah efektif adalah pada individu bukan pada kelompok atau gereja keseluruhan. (Roma 9:11-13)
  8. Anugerah efektif bersifat kekal. ( Roma 9:11)

Anugerah khusus / efektif dibutuhkan oleh manusia sebab manusia menyadari bahwa kesalehannya adalah seperti kain kotor dihadapan Allah. ( Yesaya 64:6. Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor; kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin.) apalagi segala perbuatan yang jahat dan berdosa maka perlu Tuhan memberikan anugerah khusus yaitu pengampunan dosa dan pembaharuan oleh Tuhan melalui kasih karuniaNya dalam Kristus Yesus.
  • Yohanes 3:16. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
  • Yohanes 1:16. Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;
Anugerah khusus dari Tuhan adalah sesuatu yang membuat hidup terpesona karena itu perlu doa khusus untuk memahami betapa anugerah Tuhan sangat sulit diperkatakan.
  • Efesus 3:18. Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.
Siapapun kita manusia ..... Tuhan memberikan anugerahNya yang sangat ajaib agar kita dapat menikmati karya tanganNya yang ajaib sekalipun sudah dirusak oleh dosa dan kejahatan. Dia memberikan segala sesuatu indah pada waktunya ....... dan keajaiban dalam kekekalan dalam menerima anugerah khusus / anugerah efektif melalui iman kepada Kristus.
×
Berita Terbaru Update