-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Korelasi Stres Dan Pelupa Serta Nasehat Firman Tuhan

Minggu, 22 Oktober 2017 | Oktober 22, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-24T08:00:59Z
Mazmur 102:5 Hatiku terpukul dan layu seperti rumput, sehingga aku lupa makan rotiku.

Matius Henry Whole Bible Commentary menyatakan bahwa Mazmur 102 bahwa Daud menulis mazmur ini pada saat pemberontakan Absalom; dan atau dapat juga bahwa Daniel, Nehemia, atau beberapa nabi lain, mengambarkan ketika berada di pembuangan di Babel, karena tampaknya berbicara tentang kerusakan Sion ...... sedangkan Barnes 'Notes on Alkitab menyatakan tentang "patah hati." Bahkan kematian sering disebabkan oleh kesedihan yang berlebihan seperti untuk menghancurkan dan patah hati. Dan layu seperti rumput - Ini adalah seperti rumput kering adalah dengan kekeringan, atau seperti ketika pohon itu ditebang. Kehilangan dukungan, dan tidak memiliki kekuatan sendiri, itu mati.Sehingga aku lupa makan roti saya - Saya begitu asyik dalam percobaan saya, mereka begitu memikat perhatian saya sepenuhnya, bahwa aku memikirkan hal lain, bahkan dari hal-hal yang diperlukan untuk mendukung kehidupan. Duka memiliki efek menghilangkan nafsu makan, tapi ini tampaknya tidak menjadi ide di sini. Ini adalah semacam penyerapan lengkap dalam masalah yang lain semuanya dilupakan.

Teks di atas mengambarkan kondisi stres yang lebih dari sekedar kehilangan dukungan dan memasuki fase depresi yang menyebabkan menjadi pelupa. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan pelupa dapat disebabkan antara lain :
  • Diabetes / Gula tubuh.
  • Kurang istirahat.
  • Mendengkur sehingga oksigen di otak ada gangguan.
  • Gangguan Matabolisme.
  • Usia lebih 65 tahun.
  • Depresi.
  • Obat penenang dan obat terlarang.
Pemazmur menyatakan bahwa ia alami tekanan sehingga ganggu makanan yang menganggu metabolisme sehingga ada dua faktor yang menekan hidupnya sehingga alami keadaan memori yang sulit konsentrasi, fokus dan mudah lupa.

Daya ingat dipengaruhi oleh memori dimana Hippocampus adalah komponen utama dalam menyimpan memori dari otak manusia dan lainnya vertebrata . Ini milik sistem limbik dan memainkan peran penting dalam konsolidasi informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang dan spasial navigasi . Seperti korteks serebral , dengan yang erat terkait, itu adalah struktur dipasangkan, dengan cermin-gambar bagian dalam sisi kiri dan kanan otak. Pada manusia dan primata lainnya, hippocampus terletak di dalam lobus temporal medial , di bawah permukaan kortikal. Ini berisi dua bagian saling utama: Amon tanduk dan dentate gyrus .

Riset menunjukkan bahwa stres kronis bisa memperkecil ukuran bagian otak yang dinamakan hippocampus, yang bertanggung jawab untuk menjaga memori. Alhasil, Anda akan lebih sering melupakan sesuatu. Untungnya, ukurannya akan kembali seperti semula jika level stres berkurang. Coba lawan kondisi ini dengan berolahraga. Ini bisa dilakukan dengan membiasakan diri berjalan kaki, naik-turun tangga dengan kecepatan sedang, atau berjoget. Selain hippocampus / hipokampus dan juga menganggu sistem limbik yang disebabkan hormon kortisol akibat stres / depresi. Hippocampus berisi tingkat tinggi reseptor glukokortikoid , yang membuatnya lebih rentan terhadap jangka panjang stres daripada kebanyakan area otak lainnya. Stres terkait steroid mempengaruhi hippocampus dalam setidaknya tiga cara: pertama, dengan mengurangi rangsangan dari beberapa hippocampal neuron, kedua, dengan menghambat genesis dari neuron baru di dentate gyrus, ketiga, dengan menyebabkan atrofi dendrit dalam sel piramidal wilayah CA3.

Ada bukti bahwa manusia yang mengalami berat, tahan lama stres traumatik, menunjukkan atrofi dari hippocampus, lebih dari bagian lain dari otak. Efek ini muncul dalam pasca-traumatic stress disorder , dan mereka dapat menyebabkan atrofi hipokampus yang dilaporkan dalam skizofrenia dan depresi berat.

. Sebuah studi baru-baru ini juga mengungkapkan atrofi sebagai akibat dari depresi, tetapi hal ini dapat dihentikan dengan anti-depresi, bahkan jika mereka tidak efektif dalam mengurangi gejala lainnya. atrofi hippocampal juga sering terlihat pada sindrom Cushing , gangguan yang disebabkan oleh tingginya tingkat kortisol dalam aliran darah. Setidaknya beberapa efek tampaknya reversibel jika stres dihentikan. Ada, bagaimanapun, bukti terutama berasal dari studi menggunakan tikus yang stres tak lama setelah lahir dapat mempengaruhi fungsi hippocampus dengan cara yang bertahan sepanjang hidup.

Tekanan hidup yang dihadapi pemazmur dalam perkembangan ilmu pengetahuan bukan saja menjadikan seseorang pelupa karena berdampak dan mempengaruhi hippocampus yang meningkatkan resiko alami epilepsi, skizofrenia, transient global amnesia.
Pemazmur menyatakan pentingnya memori manusia untuk dapat mengigat. Tanpa memiliki kemampuan mengigat sangat sulit bagi manusia untuk mengigat segala kebaikan Tuhan dan keajaiban penciptaan dan kehidupan manusia sebab manusia diberikan karunia oleh Tuhan untuk mengigat segala kebaikan Tuhan.
Hal ini diungkapkan pemazmur antara lain :
  • 78:11 Mereka melupakan pekerjaan-pekerjaan-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib, yang telah diperlihatkan-Nya kepada mereka.
  • 88:13 Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri segala lupa?
Pemazmur saat mengalami tekanan hidup sampai mudah lupa, maka pemazmur memberi saran kepada kita sekarang, antara lain berdoa dan memguatkan iman kepada Tuhan Allah dan memuji Tuhan contoh:
  • 10:12 Bangkitlah, TUHAN! Ya Allah, ulurkanlah tangan-Mu, janganlah lupakan orang-orang yang tertindas.
  • 74:19 Janganlah berikan nyawa merpati-Mu kepada binatang liar! Janganlah lupakan terus-menerus nyawa orang-orang-Mu yang tertindas!
  • 78:7 supaya mereka menaruh kepercayaan kepada Allah dan tidak melupakan perbuatan-perbuatan Allah, tetapi memegang perintah-perintah-Nya;
  • 103:2 Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
  • 119:61 Tali-tali orang-orang fasik membelit aku, tetapi Taurat-Mu tidak kulupakan.
  • 119:83 Sebab aku telah menjadi seperti kirbat yang diasapi; namun ketetapan-ketetapan-Mu tidak kulupakan.
  • 119:141 Aku ini kecil dan hina, tetapi titah-titah-Mu tidak kulupakan.

Berdoa dan memuji Tuhan dan melangkah dengan iman menghasilkan kuasa Tuhan hadir dalam hidupnya sehingga dapat keluar dari tekanan stres / depresi yang akan menyehatkan memori mengigat termasuk mengigat segala kebaikan dan keajaiban Tuhan.

Dalam tekanan depresi ada beberapa saran ahli untuk memperkuat fungsi kognitif memori antara lain:
  • Olahraga teratur.
  • istirahat teratur.
  • pola konsumsi makanan berimbang dan sehat.
  • merawat dan melindungi otak dan organisasikan pikiran .............
Tetapi yang dapat menuntaskan segala permasalahan hidup adalah Tuhan sebab pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. ( 1 Korintus 10:13) sehingga Dia dapat menolong fungsi memori normal kecuali bila disebabkan faktor usia maka itu adalah mujizat Tuhan dan kasih karunia Tuhan yang melimpah.
×
Berita Terbaru Update