Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Senin, 19 Februari 2018

Nikodemus Dan Mengerti Pengajaran Yesus

Yohanes 3:10 Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu// ἀπεκρίθη Ἰησοῦς καὶ εἶπεν αὐτῷ· σὺ εἶ ὁ διδάσκαλος τοῦ Ἰσραὴλ καὶ ταῦτα οὐ γινώσκεις;

Teks di atas adalah perbincangan Yesus dengan Nikodemus seorang pemimpin agama Yahudi. Perbincangan membahas bagaimana melihat Kerajaan Allah. Kerajaan Allah adalah pusat perhatian agama-agama, Yesus menjelaskan hal melihat Kerajaan Allah kepada Nikodemus, dan Nikodemus tidak mengerti. Mengapa hal itu terjadi? Bagaimana penjelasan Yesus? Bagaimana pesan yang disampaikan Yesus diterima oleh Nikodemus? Apakah "worldview" Nikodemus terhadap pesan yang diterima Yesus? Apakah kendala dalam berita pesan dan menguraikan pesan saat perbincangan itu terjadi?

Hal pokok adalah Nikodemus seorang guru bagi bangsa Israel dalam hal keagamaan. Dia datang kepada Yesus. Siapakah Yesus sampai Nikodemus menghampiri Yesus? Dalam teks berikutnya Yesus menjelaskan diri-Nya, bahwa:
  • Yesus berasal dari Sorga datang ke dunia. ( Yohanes 3:13 Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia)
  • Yesus adalah terang yang hadir di dunia. ( Yohanes 3:19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat)
  • Percaya kepada Yesus maka selamat. ( Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal)
Kepada Nikodemus, Yesus Mesias Anak Allah menyampaikan kebenaran tentang diri-Nya dan DIA adalah pengajar yang dapat dipercaya dan orang yang tepat untuk menjawab tentang Kerajaan Allah - sorga mulia dimana TUHAN ALLAH memerintah. Nikodemus pengajar Israel tidak mengerti saat Yesus menjelaskan (Yohanes pasal 3) :
  • 3/ Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. 
  • 5/ Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 
  • 6/ Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 
  • 7/ Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
 Clarke's Commentary on the Bible, Engkau (Nikodemus) adalah pengajar Israel, dll - engkau telah memandu orang buta ke jalan kebenaran, namun engkau tidak tahu, bahwa kebenaran dirimu sendiri? Saat Proselit, engkau untuk membaptis dengan air, sebagai lambang kelahiran baru, dan engkau kenal dengan penyebab, kebutuhan, sifat, dan efek itu lahir baru?

Nikodemus mengenal baptisan air, dan Yohanes Pembaptis membaptis orang berdosa dengan mengunakan air. (Yohanes 1:26-27 Yohanes menjawab mereka, katanya: "Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.") tetapi Yesus menjelaskan baptisan air tidaklah cukup sebab orang harus dilahirkan kembali oleh air dan Roh.

 Nikodemus sekalipun pengajar Israel, tidak pernah mengetahui bahwa perlu dilahirkan dalam ROH agar dapat jaminan dalam Kerajaan Allah - sorga mulia, sehingga bersandar kepada perbuatannya dan kemampuan diri sendiri untuk masuk dalam sorga.
Yesus mempertanyakan ketidaktahuan Nikodemus? Bukankah Yohanes Pembaptis telah menyatakan bahwa Yesus membaptis dengan Roh Kudus ( Yohanes 1:33 Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.)
Bukankah Roh Tuhan sejak zaman purbakala hinggap dalam hidup anak-anak manusia yang sungguh sungguh mencari TUHAN? ( Misal Bilangan 11:15, 1 Samuel 10:10) Yesus menyatakan hal utama tentang regenarasi. Yesus mengajarkan yang meluruskan pengertian para ahli Perjanjian Lama bahwa kejatuhan manusia dalam dosa hanya dapat dikerjakan oleh Roh Allah. (Yehezkiel 36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.)

Pertanyaan Yesus kepada Nikodemus sangat mendasar, "mengapa pengajar agama tidak memahami perlu dilahirkan kembali"? Apakah agamawan seperti Nikodemus terjebak dengan rutinitas kegiatan spritual keagamaan? Apakah Nikodemus terjebak dalam legalitas keagamaan? Apakah Nikodemus mengabaikan dan melupakan peran Roh Tuhan dan menyandarkan kepada pengertian dan kekuatan sendiri untuk mengerti, memahami dan melakukan peraturan-peraturan yang ditetapkan TUHAN? 

Yesus menyampaikan pesan sandi melalui kata dilahirkan dari air dan Roh yang dapat diuraikan dengan tepat dalam sistem budaya dan agama Yahudi, namun sulit ditangkap dengan jelas.
Mengapa hal ini terjadi? Apakah Nikodemus belum alami kelahiran baru dari air dan Roh sehingga tidak ada pengalaman menjadi manusia baru? Apakah para pemimpin agama tidak memahami dan mengabaikan Roh Tuhan sebagai hal penting untuk dapat masuk dalam kerajaan Allah?

Yesus mengajarkan kepada kita tentang pentingnya dilahirkan dari air dan Roh. Yohanes Pembaptis menerangkan Yesus dapat melahirkan kembali manusia secara Roh. Apakah artinya? Injil Yohanes menjelaskan antara lain :
  • 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 
  • 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 
  • 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." 
  • 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. 
  • 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 
  • 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 
Kerajaan Allah adalah tempat dimana Allah berdaulat penuh dan Allah adalah Roh namun Nikodemus tidak memiliki konsep yang sangat mendasar. Yesus datang memberikan pengertian untuk menghampiri Tuhan Allah dengan regenerasi roh melalui kelahiran kembali dalam Yesus sehingga dapat menyembah dan bersekutu dengan Allah yang adalah Roh. Roh Kebenaran yakni Roh Kudus - Roh Allah sendiri hadir dalam kehidupan orang percaya memampukan untuk memperoleh karunia melihat Kerajaan Allah. Kerajaan Allah yang sejati adalah hal baru bagi Nikodemus saat pertamakali datang kepada Yesus Kristus di malam hari.

Yesus adalah Firman yang berdiam dalam Kerajaan Allah yang di Atas memberitahukan agar manusia mengetahui, mengerti dan mengalami kelahiran baru dari air dan Roh agar dapat melihat dan diam dalam Kerajaan Allah.
Para pemimpin Yahudi yang diwakili Nikodemus tidak mengatahui, memahami sekalipun hal itu dinyatakan dalam Perjanjian Lama. Karena kedatangan dan pengajaran Yesus Kristus Tuhan maka manusia kini dapat mengetahui dan alami kelahiran baru karena Yesus mencurahkan Roh-Nya kepada siapa saja yang percaya kepada-Nya dan menjadi ciptaan baru. (Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya)
Dengan menerima-Nya diberikan kuasa menjadi anak-anak Allah karena Dia melahirkan kita kembali dalam air dan Roh.


Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)