Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Senin, 19 Februari 2018

Gembala Yang Baik

Yohanes 10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;// ἐγώ εἰμι ὁ ποιμὴν ὁ καλός. ὁ ποιμὴν ὁ καλὸς τὴν ψυχὴν αὐτοῦ τίθησιν ὑπὲρ τῶν προβάτων·

Ada sejumlah kata kunci dalam teks di atas. Kata penting adalah kata gembala, kata baik, kata memberikan nyawanya. Dalam memahami kata kata di atas maka penulis mengunakan sumber dari Strong's Concordance yaitu:
Kata baik "καλός" pasti, benar, indah, tapi terutama (kiasan) yang baik (secara harfiah atau secara moral), yaitu Berharga atau berbudi luhur sedangkan NASB menyatakan kata tersebut memiliki makna: indah , lebih baik , * lebih baik , cara yang terpuji , sangat baik, adil, halus , baik, tinggi, jujur, terhormat, hal yang benar, suara, harta *, apa yang benar.
Kata gembala " ποιμήν" memiliki makna : seorang gembala (secara harfiah atau kiasan) - gembala, pendeta. Helps Bible menyatakan (poimḗn) sangat erat kaitannya dengan Gedeon ("untuk memberi makan domba-domba"), lihat Yoh 21:15-17.] Poimḗn seseorang yang Tuhan bangkitkan merawat total kesejahteraan kawanan domba-Nya (umat Tuhan).
Kata nyawa " ψυχή, ῆς, ἡ " yang memiliki makna: jiwa, kehidupan, diri. NASB menyatakan kata tersebut bermakna : jantung, sepenuh hati, kehidupan, hidup, pikiran, orang, orang, jiwa, nyawa, ketegangan *, hal.

Yesus menyatakan gembala yang baik memberikan nyawanya dan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Apakah benar gembala memberikan nyawanya bagi domba-dombanya? Sejumlah kutipan dari Perjanjian Lama menjelaskan tanggung jawab gembala dalam konten Israel antara lain:
  •  Kejadian 13:7 Karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Waktu itu orang Kanaan dan orang Feris diam di negeri itu. 13:8 Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat. 
  • 26:20 Lalu bertengkarlah para gembala Gerar dengan para gembala Ishak. Kata mereka: "Air ini kepunyaan kami." Dan Ishak menamai sumur itu Esek, karena mereka bertengkar dengan dia di sana. *karena domba gembala dapat bertengkar sampai ...... dengan sesama profesinya 
  • Kejadian 30:31 Kata Laban: "Apakah yang harus kuberikan kepadamu?" Jawab Yakub: "Tidak usah kauberikan apa-apa kepadaku; aku mau lagi menggembalakan kambing dombamu dan menjaganya, asal engkau mengizinkan hal ini kepadaku: (menjaga keselamatan dan perawatan untuk tetap hidup) 
  • Keluaran 22:5 Apabila seseorang menggembalakan ternaknya di ladangnya atau di kebun anggurnya dan ternak itu dibiarkannya berjalan lepas, sehingga makan habis ladang orang lain, maka ia harus memberikan hasil yang terbaik dari ladangnya sendiri atau hasil yang terbaik dari kebun anggurnya sebagai ganti kerugian. 
  • I Samuel 17:34 Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya. (35) maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya. 
Gembala dalam teks adalah menjaga dan merawat domba yang adalah mangsa predator sehingga dalam pekerjaannya para gembala berhadapan dengan aneka permasalahan yang terkadang mempertaruhkan kehidupannya demi menjaga dan menunaikan tugas sebagai gembala.

Yesus menyatakan diri-Nya adalah Gembala yang baik. Sejumlah penafsiran, antara lain :
  • Barnes 'Notes on Alkitab - Gembala yang baik - Gembala yang setia dan benar, bersedia melakukan semua yang diperlukan untuk mempertahankan dan menyelamatkan kawanan domba. Memberikan nyawa-Nya - Seorang gembala yang dianggap umatnya akan membahayakan hidupnya sendiri untuk membela mereka. Ketika serigala datang, ia masih akan tetap melindungi mereka. Untuk memberikan nyawa-Nya, di sini, berarti sama dengan tidak terbang, atau untuk meninggalkan umatnya, untuk bersedia mengekspos hidupnya, jika perlu, untuk membela mereka. Mesias sering diprediksi di bawah karakter gembala.
  • Clarke Commentary on Alkitab - Akulah gembala yang baik - Dalam Yohanes 10:7 , Yohanes 10:9 , Tuhan kita menyebut diriNya pintu domba, sebagai satu-satunya cara untuk kemuliaan, dan pintu masuk ke dalam kehidupan abadi, di sini Ia berubah pikiran, dan menyebut diriNya gembala, karena apa yang harus Dia lakukan untuk mereka yang percaya kepada-Nya, untuk mempersiapkan mereka untuk kemuliaan yang kekal.
  • Jamieson-Fausset-Brown Bible Commentary - Akulah gembala yang baik-tegas, dan, dalam arti yang dimaksudkan, sehingga secara eksklusif (Yes 40:11; Yeh 34:23; 37:24; Za 13:7). Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-Meskipun ini mungkin dikatakan gembala harfiah, yang, bahkan untuk kawanan hewan mereka, miliki, seperti Daud, ditemui "singa dan beruang" dengan risiko hidup mereka sendiri, dan masih lebih dari pendeta yang setia yang, seperti uskup awal Roma, telah menjadi terkemuka untuk berani hadapi kemarahan musuh-musuh mereka terhadap kawanan berkomitmen untuk perawatan mereka, namun di sini, tidak diragukan lagi, ini menunjuk bersedia menyerahkan hidupnya sendiri sebagai Penebus, untuk menyelamatkan domba-Nya dari kehancuran.
Tuhan Yesus adalah gembala yang baik sebagai jawaban terhadap kondisi manusia yang tercerai berai karena mereka para gembala yang mengembalakan mereka tidak baik. (Tawarikh 18:16 Lalu jawabnya: "Telah kulihat seluruh Israel bercerai-berai di gunung-gunung seperti kambing domba yang tidak mempunyai gembala, sebab itu TUHAN berfirman: Mereka ini tidak punya tuan; baiklah masing-masing pulang ke rumahnya dengan selamat.") Yesus adalah gembala yang baik karena DIA adalah Firman yang adalah Allah yakni Tuhan sendiri. ( Yohanes 1:1-3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.)
Yesus yang adalah Firman itu adalah Gembala yang baik sejajar dengan pernyataan Daud bahwa TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Dampak pengembalaan ditangan gembala yang baik, antara lain berdasarkan Mazmur:
  • 28:9 Selamatkanlah kiranya umat-Mu dan berkatilah milik-Mu sendiri, gembalakanlah mereka dan dukunglah mereka untuk selama-lamanya.
  • 78:72 Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.
  • 79:13 Maka kami ini, umat-Mu, dan kawanan domba gembalaan-Mu, akan bersyukur kepada-Mu untuk selama-lamanya, dan akan memberitakan puji-pujian untuk-Mu turun-temurun.
  • 100:3 Ketahuilah, bahwa TUHANlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
Hiltner memandang fungsi gembala menjadi beberapa hal penting, yaitu:

  • Healing (Menyembuhkan) 
  • Sustaining (Menopang) 
  • Guiding (Menopang) 
  • Reconciling (Mendamaikan) 
  • Nurturing (Memperdayaan) [
ditambahkan oleh Clebsch dan Jaekle (5 s/d..7)]

  • Liberating (Pembebasan) 
  • Coaching (Pelatihan) 
Semua fungsi gembala dilakukan oleh Yesus Kristus dengan sempurna.

Demi memperdamikan manusia dengan ALLAH, Yesus memberikan nyawa-NYA.
Dia gembala yang dapat dengan sempurna menyelesaikan semua pekerjaan-NYA sampai masuk dalam kerajaan Bapa Kekal {Wahyu 7:17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."}


Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)