-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Facebook dan Perkembangan Anak

Rabu, 06 Juni 2018 | Juni 06, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-06T22:29:50Z
1 Korintus 15:33 ~> Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Teks di atas memberitahukan betapa vitalnya pergaulan dalam membentuk suatu kebiasaan yang berkaitan dengan nilai, norma dan moral seseorang.
Barnes' Notes on the Bible menyatakan bahwa pergaulan yang buruk adalah pergaulan dengan "guru-guru palsu" sedangkan Heathen, menunjukkan betapa berbahayanya adalah pergaulan dengan orang-orang jahat,
Vincent's Word Studies menyatakan pergaulan itu yang dimaksud adalah persekutuan dengan kejahatan,
Wesley's Notes menberi fokus kepada pergaulan yang menghadirkan wacana bertentangan dengan iman, harapan, atau cinta, secara alami cenderung untuk menghancurkan semua kesucian sedangkan
Jamieson-Fausset-Brown Bible Commentary menekankan bahwa pergaulan tersebut membawa dan mengarahkan kepada penyangkalan kebangkitan sebab Keintiman dengan masyarakat sekitar adalah boros cenderung merusak prinsip-prinsip orang percaya mendasar di Korintus yaitu kebangkitan Kristus .

Kota Korintus yang terletak di Mediterania menjadi pusat ekonomi dan komersial di Yunani. Pusat kosmopolitan yang kaya ini, dengan penduduk besar, yang diwarnai dengan tindakan asusila dan kebobrokan moral. Korintus tempat berkumpulnya sejumlah pendatang yang mengadu nasib dan menikmati kehidupan modern dunia saat itu. Pergaulan di Korintus banyak sekali kampanye dan aktivitas yang tidak sesuai dengan prinsip dan mengabaikan kehidupan spiritualitas mereka, cinta doa, semangat kesalehan, dan pengabdian kepada Allah.

Keragaman pandangan dan ajaran dan perilaku saat ini bukanlah bersatu dan bergabung dalam komunitas riel di kota besar, seperti di Korintus pada zamannya, melainkan komunitas dunia saat ini dipersekutukan dalam komunitas dunia maya dimana seluruh manusia di bumi dijumpakan dalam komunitas sosial di jaringan sosial dan jaringan sosial terbesar di dunia saat ini adalah facebook.

Facebook sudah menjadi bagian integral yang mengintrasikan seluruh kelompok masyarakat di dunia, dan di Indonesia sangat terasa. Data yang dikeluar bulan Desember 2012 menyatakan Indonesia duduk di peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna terbanyak.Tercatat lebih dari 50,82 juta akun Facebook berasal dari Indonesia. Hanya Amerika Serikat. Brazil dan India yang melebihi Indonesia dalam hal jumlah pengguna. Akan tetapi dalam hal pertumbuhan jumlah pengguna indonesia menempati peringkat kedua. Dari data yang diperoleh dari firma pemantau jejaring sosial, Social Bakers, dalam tiga bulan terakhir pengguna Facebook di Indonesia tumbuh sebanyak lebih dari 6,67 juta akun. Indonesia hanya kalah dari India yang tumbuh 7,8 juta pengguna. Apa faktor yang menyebabkan pengguna Facebook di Indonesia tumbuh cepat? Ada beberapa sebab, faktor pertama adalah tumbuh pesatnya pengguna internet muda. Banyak siswa SD dan SMP telah memiliki Facebook.

Kepemilikan akun Facebook telah dianggap sebagai suatu gaya hidup yang wajib dimiliki oleh generasi muda. Seorang anak dapat dianggap tidak gaul jika belum memiliki akun Facebook. Maka untuk mendapat tempat di mata temannya mereka harus memiliki akun Facebook. Faktor kedua adalah sifat masyarakat Indonesia yang komunal (gemar berkumpul dan berkomunikasi). Di tengah semakin sedikitnya waktu berkumpul karena pekerjaan, Facebook dianggap sebagai sarana yang tepat. Semakin berkembangnya tingkat industri dan perekonomian di Indonesia membuat orang menjadi lebih sibuk bekerja dibanding sebelumnya. Hal ini membuat waktu berkumpul dan berkomunikasi menjadi berkurang. Dengan menggunakan Facebook, seseorang masih dapat berkomunikasi dengan orang atau komunitas di tengah kesibukan yang dialami. Faktor ketiga adalah banyaknya pengguna yang memiliki akun lebih dari satu. Penggunaan ini dimaksudkan agar masing-masing akun digunakan pada saat yang berbeda. Ada akun yang digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kolega, akun yang digunakan untuk berdiskusi pada suatu forum tertentu dan akun yang digunakan untuk berbisnis dan atau bermain game on line. Faktor ketiga seharusnya cukup satu, dan jika bebicara khusus buka dan atau bergabung di sebuah group dan atau membuka dan atau bergabung dalam sebuah halaman tertentu.

Pertumbuhan penguna di kalangan anak-anak yang besar dan juga kalangan pelajar/mahasiswa dengan percepatan program pendidikan anak mengunakan teknologi informasi, sehingga arus informasi meledak, yang terkadang melampaui kesiapan penerima informasi menerima informasi tersebut yang menjadi gelombang kejut. Informasi yang datang bertubi-tubi dan pergaulan yang bersifat rutin di facebook akan menghasilkan dampak sebagaimana pergaulan di dunia riel sebab baik dunia riel dan dunia maya memiliki pengaruh dalam pembentukan karakter, nilai, norma dan wawasan anak terhadap isu-isu dalam dunia yang heterogen dan multi budaya, multi nilai dalam satu kesatuan yaitu jaringan sosial.

Mengutip apa yang diungkapkan Dorothy Law Nollte, tentang pola asuh anak yang mempengaruhi perkembangan anak, yaitu:
  • Jika anak dibesarkan dengan celaan, maka ia belajar memaki.
  • Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, maka ia belajar berkelahi.
  • Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, maka ia belajar rendah diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, maka ia belajar menyesali diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan toleransi, maka ia belajar mengendalikan diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan motivasi, maka ia belajar percaya diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan kelembutan, maka ia belajar menghargai.
  • Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, maka ia belajar percaya.
  • Jika anak dibesarkan dengan dukungan, maka ia belajar menghargai diri sendiri.
  • Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, maka ia belajar menemukan kasih dalam kehidupannya.
Pola asuh perkembangan anak saat ini hasil sinergi dari pergaulannya di dunia nyata dan dunia maya. Mengapa facebook turut mempengaruhi perkembangan anak? Saat ini anak-anak dikelilingi oleh iPad, video game, dan gadget lain yang membuat mereka bisa terkoneksi dengan dunia maya. Jika Anda membatasi gadget atau tidak mengabulkan permintaannya membeli gadget, Anda akan mendengar rengekannya: “Tapi temanku punya satu” atau “Kalau mamanya temanku boleh”. Lazimnya dimulai dengan game on line anak-anak namun berubah menjadi media persahabatan dan atau hal lain. Kelly Wickham, seorang guru dan penulis buku Mocha Momma, sebaiknya orangtua memberi bekal yang cukup untuk anak. Wickham memaparkan hal penting yang perlu diberikan pada anak sebelum mengizinkan mereka bergabung di Facebook antara lain:
  • Pastikan mereka sudah berusia 13 tahun. "Jika Anda memiliki anak berusia di bawah 13 tahun, mohon jangan membantu anak untuk berbohong saat mendaftar. Begitu juga jika anak Anda sudah berusia 13 tahun, tapi tingkat kedewasaannya masih di bawah usia tersebut," imbau Wickham. "Jika Anda menunjukkan pada anak bahwa mereka tidak perlu mengikuti aturan yang dibuat oleh layanan media sosial, hal ini bisa mengakibatkan bahaya yang lebih besar bagi anak. Pada usia-usia ini, anak sangat butuh aturan yang tegas," imbuhnya.
  • Ajarkan mereka cara membuat password atau kata kunci yang kuat. Kemudian, mintalah mereka untuk memberitahukan apa password-nya. Secara berkala, ajak mereka untuk mengubah kata kunci untuk mengamankan akunnya. Aturan utama membuat kata kunci: Jangan menggunakan kata yang mudah ditebak, dan sebaiknya disertai dengan kombinasi angka.
  • Hati-hati dengan foto dan data pribadi. Pastikan mereka tidak memasang foto yang memuat nama atau sekolah, serta hindari untuk menuliskan alamat lengkap rumah maupun sekolah, nomor telepon pribadi, hingga nama orangtua dan anggota keluarga.
  • Minta mereka berpikir sebelum mengirimkan status atau gambar. Ingatkan pada mereka bahwa apa yang sudah dikirim ke media sosial akan bertahan di sana hingga bertahun-tahun kemudian. Bukan tak mungkin status atau gambar yang kurang pantas akan membatalkan kemungkinan mereka menerima beasiswa.
Dampak yang muncul dengan hadirnya Facebook dalam perkembangan anak bukan hanya persoalan bertambah terkait etis-tidaknya anak-anak memiliki akun Facebook, dan ini menjadi dilema yang harus segera Anda pecahkan. Namun, argumen mengenai kepemilikan akun Facebook jauh lebih sulit. Sebab, kenyataannya Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat Anda hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini. Contohnya positif adalah:
  • Keterampilan sosial ~> Facebook memungkinkan anak untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang. Ketika digunakan dengan cara yang benar, media sosial dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan membantu mereka mengurangi perasaan kesepian, terisolasi, dan tidak memiliki teman.
  • Penyataan diri ~> Profil Facebook memberikan anak "halaman rumah" di web, di mana mereka dapat mengekspresikan diri dan berbicara tentang minat dan kepentingan mereka. Mereka bisa bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu, dan mencari tahu banyak tentang bidang-bidang yang membuat mereka tertarik seperti lingkungan, hewan, seni, atau musik.
  • Kompetensi digital ~> Mengelola halaman Facebook mengajarkan anak bagaimana menulis komentar dan mengunggah foto, atau bagaimana menavigasi web. Anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.
  • Membantu menyelesaikan PR ~> Sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah. Diskusi bersama tentang tugas sekolah adalah salah satu alasan terbaik untuk memperbolehkan mereka mengakses ke jejaring sosial.
Contoh tidak baik, antara lain :
  • Anak-anak menjadi kasar ~> Jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar. Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain. Kalaupun anak Anda tidak melakukannya, ia menjadi terbiasa dengan ejekan, olok-olok, web bullying, dan semacamnya. Bisa saja ia mengganggap hal tersebut sesuatu yang lumrah, lalu melontarkannya pada Anda ketika mereka tidak sepakat dengan Anda. Akibatnya, terjadi pergeseran nilai tentang kesantunan yang Anda tanamkan selama ini.
  • Facebook adalah pintu gerbang dunia maya ~> Tidak mungkinmengisolasi akun Facebook dari seluruh jaringan internet yang lain. Jika Anda berpikir anak terlalu muda untuk menjelajahi internet atau tidak dapat dipercaya untuk tetap mengakses Facebook, maka memperkenalkannya dengan Facebook dan membuat akun sendiri adalah ide yang buruk.
  • Waspadalah terhadap teman dari teman ~> Sering kali bukan teman anak Anda yang memberi pengaruh buruk, melainkan teman-teman dari temannya. Ketika anak menerima permintaan teman (friend's request), pastikan Anda memeriksa akun mereka dan daftar teman mereka (Jika Anda berteman dengan anak Anda, Anda harus berhati-hati dengan halaman Anda juga!). Beri contoh yang baik cara menggunakan jejaring sosial. Ingat, anak cepat belajar dari mencontoh orangtuanya.
Dilema mendasar adalah anak lari kepada temannya yang memiliki facebook dan atau ke warnet bila tidak diizinkan di rumah memiliki hal tersebut. Apa pun keputusan Anda tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun. Membuka akun facebook diwarnai dengan sejumlah minat dan kepetingan sehingga jika didasari oleh motivasi keliru, rusak dan jahat maka akan memakan korban yang sebagian besar adalah kelompok anak-anak dan remaja.
Menjaga pergaulan anak bergerak dinamis, dan semakin lama semakin membutuhkan intervensi TUHAN ALLAH untuk menjaga dan mengontrol perkembangan anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun segala dunia menawarkan tawaran yang semakin memikat, beragam dan diantaranya ada yang menjadi titik kelemahan kita sehingga membuat kita terkikis dalam pergaulan dengan TUHAN ALLAH dan orang milik-Nya.
Disisi lain terhempas dari pergaulan adalah laksana hukuman sebab itulah yang dialami Ayub. Ayub 30:5 ~>Mereka diusir dari pergaulan hidup, dan orang berteriak-teriak terhadap mereka seperti terhadap pencuri. Yang menjadi nasihat dari Alkitab janganlah tertipu dalam pergaulan. Untuk tidak tertipu maka wajiblah berada dalam kebenaran sebab dalam kebenaran sejati tidak ada dusta. Yesus menyatakan diri-Nya adalah kebenaran, sebab dalam DIA tidak ada dusta dan pengajaran yang palsu, keliru dan berakhir kepada penyesalan kekal.
Dasar kehidupan yang diletakan kepada hubungan yang erat Yesus Kristus Tuhan dan Firman Allah yang hidup adalah dasar yang kuat untuk tetap dapat bertahan dalam kebenaran ditengah-tengah arus gelombang informasi yang di dalamnya menurut Sun Tzu ada lima macam informan yang dapat ditemukan dalam facebook, yaitu:
  • Agen Lokal ( Xiang Jian )
  • Agen dalam (Nei Jian)
  • Agen ganda (Fan Jian)
  • Agen Celaka (Si Jian )
  • Agen Hidup ( Sheng Jian)
Bimbingan Roh Kudus diperlukan agar tetap dapat bergaul yang sehat bahkan menjadi terang dunia di dalam kehidupan baik dalam dunia maya, termasuk facebook dan juga dalam dunia nyata. Bergaul dengan Firman-Nya dengan merenungkan firman-Nya adalah langkah sederhana yang mudah namun efektif untuk menjadi kehidupan agar berjalan dari kekudusan kepada kekudusan, dari iman kepada iman di tengah dunia yang semakin cemar dan semakin rusak.

×
Berita Terbaru Update