-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perumpamaan Penabur

Selasa, 05 Juni 2018 | Juni 05, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-06T22:38:53Z
Matius 13:18-23. (18) Karena itu, dengarlah arti perumpamaan penabur itu. (19) Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan. (20) Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. (21) Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itu pun segera murtad. (22) Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. (23) Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."

People's New Testament memberi komentar: Dalam rangka untuk memahami perumpamaan kita harus mendengarkan penjelasan yang diberikan di Mt 13:18-23. Kristus adalah Penabur besar, dan semua yang digirimkanNya sebagainya untuk memberitakan adalah penabur di bawahnya. Penabur menaburkan benih Firman-Nya, Injil Kerajaan. tanah adalah hati manusia.

Ada empat jenis hati manusia dijelaskan:
(1) pendengar di pinggir jalan, lampu, kurang ajar, pendengar tak acuh kepada siapa tidak ada kesan diproduksi.
(2) pendengar membatu, hati yang menunjukkan perasaan yang cepat berlalu dari ingatan di banding Injil, tetapi kepada siapa tidak ada kesan dibuat permanen.
(3) tanah berduri; hati yang mengambil dalam / menerima Firman, tetapi begitu penuh duniawi.
(4) tanah yang baik, hati baik dan jujur; hati yang menerima dan mempertahankan kebenaran. Dalam hati benih itu akan tumbuh dan kehidupan baru akan terwujud.
Tiga hal, kemudian, adalah perlu: (1) A Penabur. (2) Benih yang baik, murni firman Allah. (3) Hati yang baik dan jujur. Seorang manusia tidak jujur tidak dapat diubah sampai ia mengusir ketidakjujuran nya.

Matthew Henry's Whole Bible Commentary menyatakan antara lain : Alasan ini terutama dijelaskan, dengan mengacu pada dua macam orang Kristen ada hubungannya dengan.
  1. Beberapa orang yang cuek, dan seperti itu geli dengan perumpamaan (ay. 13), karena mereka melihat, tidak melihat. Mereka telah menutup mata mereka terhadap cahaya jelas lebih jelas memberitakan Kristus, dan karena itu sekarang dibiarkan dalam gelap. Melihat orang Kristus, mereka tidak melihat kemuliaan -Nya, melihat tidak ada perbedaan antara dia dan laki-laki lain; melihat mujizat-Nya, dan mendengar khotbah-Nya, mereka tidak melihat, mereka tidak mendengar dengan kekhawatiran atau aplikasi, mereka tidak mengerti.Catatan, Ada banyak yang melihat cahaya Injil, dan mendengar suara Injil, tetapi tidak pernah mencapai hati mereka, juga tak semua tempat di dalamnya.
  2. Hal ini hanya dengan Allah untuk mengambil cahaya dari orang-orang yang menutup mata mereka terhadap hal itu; yang seperti akan mengetahui, mungkin begitu, dan Allah dengan demikian berurusan dengan mereka memperbesar membedakan rahmat-Nya kepada murid-muridnya.
Sekarang dalam Kitab Suci akan terpenuhi, ay 14, 15. Demikian seperti dikutip dari Yes. 6:9, 10. Nabi yang berbicara paling jelas anugerah Injil, menubuatkan penghinaan itu, dan konsekuensi dari penghinaan itu. Hal ini disebut tidak kurang dari enam kali dalam Perjanjian Baru, yang kawan-kawan karib, bahwa dalam Injil kali penilaian spiritual akan paling umum, yang membuat sedikit kebisingan, tetapi yang paling mengerikan. Itu yang berbicara tentang orang-orang berdosa dalam waktu Yesaya telah digenapi dalam mereka yang dalam waktu Kristus, dan masih memenuhi setiap hari, untuk sementara hati jahat manusia terus sampai dosa yang sama, tangan benar dari Allah menimbulkan hukuman yang sama. Berikut ini adalah,
  • Pertama. Penjelasan tentang kebutaan disengaja berdosa 'dan kekerasan, yang dosa mereka. Hati ini adalah orang kotor; itu digemukkan, sehingga kata itu, yang menunjukkan baik sensualitas dan tidak masuk akal (Mzm. 119:70); aman di bawah kata dan tongkat Allah, dan menyombongkan diri sebagai Jeshurun, yang lilin lemak dan menendang, Bilangan. 32:15. Dan ketika hati demikian berat, tidak mengherankan bahwa telinga membosankan dari pendengaran; bisik-bisik Roh mereka tidak mendengar sama sekali, panggilan keras dari kata, meskipun kata menjadi dekat mereka, mereka menganggap tidak, atau berada di semua terpengaruh oleh mereka: mereka berhenti telinga mereka, Mazmur. 58:4, 5. Dan karena mereka memutuskan untuk menjadi bodoh, mereka menutup kedua indra belajar, karena mata mereka juga mereka telah ditutup, memutuskan bahwa mereka tidak akan melihat cahaya datang ke dunia, ketika Anak Kebenaran muncul, tetapi mereka menutup jendela-jendela mereka, karena mereka menyukai kegelapan daripada terang, Yoh. 3:19; 2 Pt. 3:5.
  • Kedua, Sebuah penjelasan tentang kebutaan yudisial, yang merupakan hukuman hanya ini. "Dengan mendengarkan, kamu akan mendengar, dan tidak akan mengerti, apa artinya kasih karunia yang Anda miliki, akan tidak ada tujuan untuk Anda, meskipun, dalam belas kasih kepada orang lain, mereka melanjutkan, namun dalam penghakiman kepada Anda, berkat pada mereka adalah ditolak. "Kondisi paling menyedihkan seorang pria bisa berada di neraka ini sisi, adalah duduk di bawah tata cara yang paling meriah dengan hati, mati bodoh, tak tersentuh. Untuk mendengar firman Allah, dan melihat takdir-Nya, namun tidak untuk memahami dan melihat kehendak-Nya, baik dalam satu atau yang lain, adalah dosa terbesar dan penghakiman terbesar yang dapat. Perhatikan, ini adalah pekerjaan Allah untuk memberikan hati yang pengertian, dan sering dia, dengan cara penghakiman benar, menyangkal hal ini kepada orang kepada siapa ia telah memberikan telinga mendengar, dan mata melihat, sia-sia. Demikianlah Allah memilih delusi orang berdosa '(Yesaya 66:4),. dan mengikat mereka ke kehancuran terbesar, dengan memberi mereka sampai dengan keinginan hati mereka sendiri '(Mzm. 81:11, 12); membiarkan mereka sendiri (Hosea 4:17); Roh-Ku tidak akan selalu berusaha, Kej 6 : 3.
  • Ketiga, Pengaruh menyedihkan dan konsekuensi dari ini, supaya jangan setiap saat mereka harus lihat. Mereka tidak akan melihat karena mereka tidak akan berubah, dan Tuhan berkata bahwa mereka tidak akan melihat, karena mereka tidak akan berpaling: supaya mereka harus bertobat, dan Aku menyembuhkan mereka.
Catatan,
  • Yang mendengar, melihat, dan pemahaman, diperlukan untuk konversi, sebab Tuhan, dalam kasih karunia bekerja, berhubungan dengan laki-laki sebagai laki-laki, sebagai agen rasional, ia menarik dengan tali manusia, perubahan hati dengan membuka mata, dan ternyata dari kuasa Iblis kepada Allah, dengan memutar pertama dari kegelapan kepada cahaya, (Kis 26:18).
  • Semua orang-orang yang benar-benar bertobat kepada Allah, pasti akan disembuhkan oleh-Nya. "Jika mereka bertobat aku akan menyembuhkan mereka, saya akan menyelamatkan mereka:" sehingga jika binasa orang-orang berdosa, tidak akan diperhitungkan kepada Allah, tetapi kepada diri mereka sendiri, mereka bodoh diharapkan akan sembuh, tanpa dikonversi.
  • Hal ini hanya dengan Tuhan untuk menyangkal rahmat-Nya kepada mereka yang telah lama dan sering menolak usulan itu, dan menolak kekuasaan itu.Firaun, untuk sementara yang baik, mengeraskan hatinya sendiri (Keluaran 8:15, 32), dan setelah itu Allah mengeras itu, ch. 9:12; 10:20. Karena itu marilah kita takut, kalau-kalau dengan berbuat dosa terhadap rahmat ilahi, kita berdosa itu pergi.
(. 2) Yang lain secara efektif dipanggil untuk menjadi murid-murid Kristus, dan benar-benar berkeinginan untuk diajarkan kepadanya, dan mereka diperintahkan, dan dilakukan untuk meningkatkan sangat dalam pengetahuan, dengan perumpamaan ini, terutama ketika mereka diuraikan, dan oleh mereka hal-hal dari Allah itu dibuat lebih sederhana dan mudah, lebih dimengerti dan akrab, dan lebih cenderung diingat (ay. 16, 17). Mata Anda melihat, telinga Anda mendengar. Mereka melihat kemuliaan Allah dalam pribadi Kristus, mereka mendengar pikiran Allah dalam ajaran Kristus, mereka melihat banyak, dan berkeinginan untuk melihat lebih banyak, dan dengan demikian telah dipersiapkan untuk menerima instruksi lebih lanjut, mereka memiliki kesempatan untuk itu, dengan menjadi pembantu konstan pada Kristus, dan mereka harus memilikinya dari hari ke hari, dan rahmat dengan itu. Sekarang ini berbicara tentang Kristus, [1.] Sebagai berkat; "Berbahagialah matamu karena melihat, dan telingamu karena mendengar, itu adalah kebahagiaan Anda, dan ini adalah kebahagiaan yang Anda berhutang kepada nikmat khas dan berkat dari Tuhan." Ini adalah berkat yang dijanjikan, bahwa pada zaman Mesias mata mereka yang melihat tidak akan redup, Yesaya. 32:3. Mata orang percaya paling kejam yang tahu eksperimental kasih karunia Kristus, lebih diberkati daripada ulama besar, yang terbesar master dalam filsafat eksperimental, yang asing bagi Allah, yang, seperti dewa yang lain yang mereka layani, memiliki mata, dan tidak melihat. Berbahagialah matamu.

Catatan, berkat sejati adalah terkandung pada pemahaman yang benar dan peningkatan tempo misteri Kerajaan Allah. Telinga mendengar dan mata melihat adalah pekerjaan Allah dalam mereka yang dikuduskan, mereka adalah karya anugerah-Nya (Amsal 20:12), dan mereka adalah suatu karya yang diberkati, yang harus dipenuhi dengan kekuasaan, ketika orang-orang yang sekarang melihat melalui kaca muram, akan melihat muka dengan muka. Ini adalah untuk menggambarkan hal ini berkat bahwa Kristus berkata begitu banyak penderitaan mereka yang tertinggal dalam ketidaktahuan, mereka memiliki mata dan tidak melihat, tetapi berbahagialah matamu. Catatan, Pengetahuan tentang Kristus adalah membedakan nikmat kepada mereka yang memilikinya, lihat Yoh. 14:22. Para rasul adalah untuk mengajar orang lain, dan karena itu mereka diberkati dengan penemuan-penemuan yang paling jelas kebenaran ilahi.

×
Berita Terbaru Update