-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Etika Terapan Teknologi Robotika

Minggu, 11 November 2018 | November 11, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-02T20:04:07Z
Yakobus 3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!

Pedoman Etika Kristen ada dalam Alkitab, salah satunya yang tertulis dalam Yakobus 3:14. Etika ini tidaklah berubah sekalipun dunia berubah, situasi berubah termasuk teknologi berubah karena hadirnya perkembangan baru yang dicapai manusia dalam perabadan di masa depan, yang salah satunya kehadiran teknologi Robotika.

Teknologi robotika berkembang karena TUHAN memberikan hak kebebasan dan akal kepada manusia untuk dikembangkan untuk kesejahteraan manusia dalam menjalankan amanat budaya yaitu taklukan dan peliharalah bumi. Dalam menaklukan bumi dan memeliharaan bumi untuk kesejahteraan manusia,

TUHAN mengigatkan bahwa jangan mementingkan diri sendiri karena manusia diciptakan memiliki perasaan terhadap orang lain sehingga diharapkan saling ikut merasakan segala kesulitan dan perasaan sesama manusia.

John Henry dan Garry Kasparov telah merasakan kedahsyatan mesin yang membuat menyerah dan mereka ini adalah gambaran manusia yang melawan mesin dan atau robot. Sekalipun John Henry menang dalam pertandingan membuat terowongan melawan sebuah mesin pengebor batu yang bertenaga uap John Henry yang sangat kelelahan akhirnya pingsan dan tak lama kemudian meninggal. manusia kalah kuat dengan mesin yang sekarang tumbuh menjadi robot. Garry Kasparov Kasparov tidak pernah terkalahkan dalam urusan catur. Bahkan pada tahun 1996 ia dapat mengalahkan sebuah komputer yang kemudian menjadi komputer catur terhebat di dunia kala itu. Tetapi pada tahun 1997, ia menghadapi komputer yang jauh lebih hebat lagi. Sebuah komputer IBM 1.4 ton yang disebut Deep Blue dalam sebuah pertandingan enam permainan yang sebagian orang menamakannya “Perhentian otak yang terakhir”. Hasil pertandingan itu mengejutkan banyak orang karena Deep Blue berhasil mengalahkan Kasparov. Kasparov percaya bahwa manusia itu memiliki keuntungan-keuntungan yang akan menyamai komputer ketika berada di lapangan yang berukuran enam puluh empat persegi itu. Pada Super Bowl Sunday 2003, Kasparov kembali kalah lawan Deep Blue Junior. Robot mengalahkan otak manusia dalam melakukan olah otak kiri. Sejarah perkembangan robot antara lain ditandai sejumlah peristiwa dan penemuan, antara lain :
  • Tahun 270 sebelem masehi, Ctesibus, pada jaman Yunani kuno telah membuat organ-organ dan jam air yang dapat membuat gerakan-gerakan tertentu.
  • Tahun 1818, Mary Shelley menulis novel “Frankenstein” yang terkenal dan menyeramkan itu. Cerita tentang manusia yang diciptakan oleh Dr Frankenstein.
  • Tahun 1921, Istilah “robot” pertama kali digunakan dalam sebuah drama berjudul “RUR” atau “Rossum’s Universal Robot” yang ditulis oleh penulis dari Ceko, Karel Capek. Secara sederhana drama ini mengkisahkan tentang manusia yang membuat robot dan pada akhirnya robot itu membunuh manusia yang membuatnya.
  • Tahun 1941, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pertama kali menggunakan kata “robot” untuk menggambarkan teknologi robot dan meramalkan munculnya robot industri yang kuat.
  • Tahun 1942, Asimov menulis “Runaround”, cerita tentang robot dan memperkenal “Tiga Hukum Robot”.
  • Tahun 1948, Cybernetics”, sebuah hasil tulisan tentang pengaruh pada kecerdasan buatan yang diterbitkan oleh Norbert Wiener. Pada masa itu juga seorang perintis teknologi robot di Inggris, William Grey Walter menciptakan robot sederhana yang diberi nama Elmer dan Elsie yang meniru perilaku manusia hidup dengan menggunakan elektronik.
  • George Devol dan Joseph Engleberger menciptakan robot lengan yang diprogram untuk pertama kalinya dan menciptakan istilah Universal Otomasi untuk pertama kalinya juga.
  • Tahun 1956, George Devol dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan penghasil robot pertama di dunia. Pada tahun ini juga sebuah robot elektronik berbentuk tupai dan diberi nama Squee diciptakan.
  • Tahun 1959, Computer Assisted Manufacturingg telah didemonstrasikan di Laboratorium Servomechanisms di MIT.
  • Tahun 1961, robot industri pertama diperagakan di pabrik mobil General Motors di New Jersey. Robot itu dinamakan UNIMATE.
  • Tahun 1963, robot lengan buatan yang dikontrol oleh computer pertama kali dirancang. Lengan (tangan) robot ini dirancang sebagai alat bagi penyandang cacat dengan kelengkapan enam sendi yang memberikan fleksibilitas lengan manusia.
  • Tahun 1965, pembuatan system canggih yang pertama dan disebut DENDRAL. Program ini dirancang untuk melaksanakan akumulasi pengetahuan dari subjek ahli.
  • Tahun 1968, Marvin Minsky membuat lengan tentakel yang dinamakan Octopus.
  • Tahun 1969, pembuatan lengan Stanford yang digerakkan oleh tenaga listrik. Lengan robot ini dikendalikan oleh komputer.
  • Tahun 1970, kemunculan robot Shakey yang disebut-sebut sebagai mobile robot yang pertama yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan. Robot ini dibuat oleh SRI International.
  • Tahun 1974, perancangan lengan robot yang bekerja berdasarkan umpan balik dan sensor tekanan. Robot yang disebut dengan nama Silver Arm ini digunakan untuk perakitan komponen-komponen di bidang industry.
  • Tahun 1979, pertama kalinya didemonstrasikan kemampuan sebuah robot yang berlalu lalang di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan kursi. Robot yang diberi nama Stanford ini dapat menghindari menabrak kursi-kursi yang diletakkan secara acak di ruangan tersebut. Robot ini dilengkapi dengan kamera yang menyampaikan gambar medan laluan ke komputer. Selanjutnya komputer memperhitungkan jarak benda dan hambatan yang ada pada medan.
Saat ini, pengertian robot adalah:
  • Dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
  • Dapat diprogram
  • Dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
  • Bekerja secara otomatis
  • Cerdas (intelligent)
  • Digunakan di industri dan meluas kepada kehidupan sehari-hari.
Etika bukanlah dikenakan kepada robot namun kepada robotika. Robot itu alat / benda yang membantu kebutuhan manusia sedangkan robotika adalah cabang dari teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan dan penerapan robot. . Robotika adalah berkaitan dengan ilmu dari elektronik, teknik , mekanik mekatronik , dan perangkat lunak . Etika Robotika tentu saja ditujukan yang berkecimpung dalam ilmu teknologi robot sebab robot dan manusia yang membuat robot (mesin) memilki perbedaan utama adalah terletak pada ‘rasa’.

Manusia punya perasaan dan hati nurani yang bisa mengendalikan otaknya dan segala tingkah lakunya. Sedangkan robot/mesin cuma bertindak berdasarkan program yang sudah ditanamkan oleh pencipta/pengendalinya. Jadi, robot yang cuma bisa bertindak atas program atau perintah orang lain (mengesampingkan perasaan dan nuraninya) sekalipun robot Asimo, robot yang dikenalkan oleh Honda sebagai ‘sahabat’ manusia ini, telah berkembang sangat pesat dari model awalnya. Asimo yang baru sudah dapat berjoget, membuatkan teh, bahkan mampu untuk menjadi konduktor sebuah symphony namun Asimo telah berubah menjadi sebuah 'monster' yang mengerikan karena robot ini mampu membaca pikiran anda karena dikembangkan dan ditanamkan teknologi “wirelessly relaying brain waves “ Sejumlah pakar mesin dan juga robot menerapkan mesin dan robot dan teknologi robotika dalam industri yang sangat menguntungkan manajeman perusahaan sebab antara lain:
  • Peningkatan Produktivitas. Jam kerja pabrik bertambah, mudah melakukan pergantian alat, otomasi skala kecil dapat diwujudkan.
  • Kestabilan dan Peningkatan Kualitas Produk. Variasi hasil produksi berkurang, jam kerja mendekati 24 jam sehari, dikurangi waktu pergantian pekerja.
  • Peningkatan dalam Manajemen Produksi. Berkurangnya tenaga kerja mengurangi masalah personalia, mengatasi masalah kurangnya tenaga terampil.
  • Lingkungan kerja yang manusiawi. Pekerja tidak usah bekerja didaerah yang berbahaya bagi mereka, tidak bekerja secara monoton.
  • Penghematan sumber daya. Robot yang efektif akan membantu penghematan material dan suku cadang, tidak perlu pendingin atau pemanas ruangan dan mungkin tidak terlalu membutuhkan penerangan.
  • Biaya-biaya yang dapat dihemat meliputi biaya-biaya antara lain: Biaya kompensasi karyawan, karena kecelakaan. Termasuk disini adalah biaya perawatan dan ganti rugi penghasilan, Kerugian karena karyawan tidak masuk kerja, baik karena sakit maupun karena kecelakaan kerja, Biaya untuk sistem pengaman keselamatan kerja, Biaya pengacara, untuk kasus-kasus yang memerlukan jasa ahli hukum dan persidangan
Meskipun memiliki dampak kurang baik, antara lain:
  • Dampak terhadap manusia
    1. Pergeseran atau penggantian manusia (displacement, subtitution), baik urusan fungsi otot maupun otak.
    2. Kebebasan terkekang, dalam banyak hal kita harus menyesuaikan diri dengan alat-alat dan sistem. Waktu mengatur pekerjaan kita meskipun bertentangan dengan kronobiologi atau irama biologi kita. Hasil pekerjaan yang utuh tidak bisa dinikmati, karena pekerjaan yang sudah terfragmentasi dan monoton. Informasi yang dapat diolah semakin banyak, tetapi saluran untuk mengungkapkan informasi tersebut semakin sedikit.
    3. Kepribadian terhimpit, karena pengaruh informasi yang sifatnya global maka manusia cenderung menjadi manusia yang terpengaruh oleh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadi semakin terkikis.
    4. Dehumanisasi, manusia dianggap sebagai hal yang obyektif, diurai-urai hanya hal-hal yang dapat diukur atau dihitung saja, sedangkan yang lain dianggap periferal dan tidak menjadi pertimbangan dalam usaha-usaha pengembanan, pendidikan dan peningkatannya.
    5. Mentalitas teknologi, hal ini tercermin pada kepercayaan yang berlebihan pada alat (teknosentris), seolah-olah segala sesuatu dapat dipecahkan oleh teknologi dan sesuatu akan lebih meyakinkan kalau dilakukan dengan peralatan dan disertai angka-angka. Hal ini yang sudah biasa atau mudah diperhitungkan masih memerlukan bantuan penelitian eksperimen.
    6. Penyeimbangan kembali yang tidak adaptif, dalam rangka mengembalikan keseimbangan yang terganggu oleh teknologi. Orang kadang lari dari kenyataan hidup dengan menggunakan obat-obatan seperti narkotika, psikotropika dan mencari kekuatan dengan mengumpulkan barang-barang status (positional goods) untuk mengkompensasi adaptasi yang gagal.
    7. Krisis teknologi, berbagai krisis yang melanda dunia abad ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi yang terlalu cepat, sehingga proses adaptasi dan integrasi tidak sempat dilakukan. Akibatnya terhadap individu ialah technostress, penyakit urban, penyakit peradaban
    Tinggallah dalam kebenaran sebab hanya kebenaran ALLAH yang hadir dalam seluruh hidup dapat menjaga tidak memuja sistem robotika berlebihan.

  • Dampak terhadap lingkungan
    1. Terkurasnya sumberdaya, karena teknologi cenderung berkembang kearah penciptaan kebutuhan baru, hiperkonsumsi, maka manusia makin meningkat terutama untuk kebutuhan kultural.
    2. Gangguan iklim, tumbuhnya kawasan industri, sehingga dapat menimbulkan perubahan cuaca dan iklim.
    3. Pencemaran lingkungan, masalah ini juga banyak dibicarakan oleh pemerhati lingkungan.
    4. estabilisasi dan dekompensasi lingkungan, mengganggu keseimbangan ekosistem atau lebih tepat kesatuan alam menjadi rusak.
    5. Beban lebih informasi, lingkungan informasi juga akan menimbulkan problem karena pertumbuhannya yang sangat cepat, melampui daya serap dan daya olah manusia.
    Robot yang pada mulanya hadir agar kelemahan dan kelebihannya manusia menjadikan proses industri dapat bekerja maksimal dengan cara:
    1. Pengalokasian yang seimbang antara mesin dan manusia dalam hal fungsi kerja dan pengendalian;
    2. Sistem pengamanan dan perlengkapan keamanan operasional mesin;
    3. Interaksi sinergi antara mesin dan manusia.
    Tetapi kemampuan mesin/robot tumbuh melampaui perkiraan ilmu manajemen perusahaan dan bahkan pengunaan robot sudah meluas kebanyak sektor kehidupan yang dapat mematikan manusia, seperti hadirnya :
    • Robodog. Robot ini merupakan senjata militer yang sangat mematikan. Memiliki julukan sebagai "the most advanced rough-terrain robot in the world" ini mampu menjelajah berbagai medan dan bahkan memanjat pohon.
    • Fembot, sosok Perempuan' cantik ini bernama HRP4-C.
    • Teacher Robot, Sebuah robot dari Jepang yang bernama SAYA, saat ini sudah menjadi pengganti guru di negeri Sakura tersebut.
    • Robot Bomb Sniffer dan Lethal Robot Soldiers telah digunakan pada perang Irak. Bahkan Pihak Militer mengklaim sedang menciptakan robot seukuran serangga yang dapat digunakan dalam misi mata – mata.
    Perkembangan teknologi robotika yang menghasilkan robot sangat cepat dan bila diproduksi masal maka akan menimbulkan perubahan yang lebih besar daripada yang dihasilkan oleh revolusi industri. Robotika menjadikan manusia hidup di dalam sistem dan dikuasai oleh sistem yang akhirnya dipaksa oleh sistem untuk menyembah sistem. Apakah yang perlu diperhatikan saat mengunakan teknologi robot ?
    • Ingat bahwa kita adalah manusia yang memiliki roh yang setelah kematian masih ada kehidupan kekal, tahta pengadilan ALLAH kelak kemudian hari. Dia sang Hakim menyatakan untuk percaya kepada-Nya jangan terlalu percaya kepada robot yang diprogram sekalipun membantu kerja sebab teknologi dapat aus, salah, rusak dan cacat.
    • Ingatlah TUHAN memberikan kita hak kebebasan untuk memilih, maka jangan paksakan orang lain hilang hak memilih.
    • Ingatlah TUHAN menciptakan manusia dengan diperlengkapi hati nurani. Gunakanlah dan latihlah hati nurani dengan belajar merasakan sesama manusia yang ada di sekitar kita.
    • Ingatlah bahwa teknologi manusia tidak ada yang sempurna dan manusia adalah sempurna melampaui robot sekalipun robot itu lebih kuat dan lebih pandai.
    • Ingatlah bahwa sekalipun menguasai teknologi, sistem yang canggih, manusia terbatas..... jangan sombong.
    • Segala sesuatu yang tidak sempurna akan lenyap namun yang sempurna yang TUHAN adalah kekal. Langit dan bumi akan lenyap dukan dengan produksi masal mesin maka alam alami percepatan kerusakan. Teknologi robotika adalah tanda percepatan kedatangan Yesus kedua telah terjadi. Berdoa dan berjaga.
    • Ingatlah manusia bukanlah robot jadi hidup kekal yang diberikan YESUS melalui iman percaya kepada kasih karunia dan anugerah lebih berharga daripasa sistem yang diciptakan untuk kenyaman (pembuat robot) namun menimbulkan perlombaan antar ahli robotika akan terjadi percepatan. Jangan iri bila yang lain mengembangkan sesuatu yang seolah-olah lebih canggih./li>
    • Jangan mementingkan diri sendiri dan berdusta dan memprogram robot untuk menhancurkan manusia.
Imanuel..... Maranatha! TUHAN segera akan datang.
×
Berita Terbaru Update