-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Allah itu Terang

Rabu, 12 Desember 2018 | Desember 12, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-02T08:42:08Z
1 Yohanes 1:5 ~> Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

Teks di atas menyatakan bahwa Allah itu terang. Bagi Allah tidak ada kegelapan sebab "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.": (Yohanes 1:5)

Allah adalah terang bukanlah terang seperti yang dihasilkan benda penerang ciptaan Allah sendiri yang memiliki Kelajuan cahaya (kelajuan cahaya dalam ruang vakum; kecepatan cahaya) adalah sebuah konstanta fisika yang disimbolkan dengan huruf c, singkatan dari celeritas (yang dirujuk dari dari bahasa Latin) yang berarti "kecepatan". Konstanta ini sangat penting dalam fisika dan bernilai 299.792.458 meter per detik, sebab Allah Maha Hadir.

Vincent's Word Studies menyatakan bahwa Allah itu Terang berarti pernyataan dari sifat Allah yang absolut. Bukan cahaya, atau cahaya, dengan mengacu pada makhluk, sebagai terang manusia, terang dunia, tetapi hanya dan benar-benar Allah adalah terang, dalam sifat-Nya. Allah Terang atau Cahaya bersifat tidak material, difusi, murni, dan mulia. Ini adalah kondisi kehidupan.

Barnes' Notes on the Bible menyatakan bahwa Allah adalah terang - Cahaya; Kitab Suci menyatakan Terang adalah lambang kemurnian, kebenaran, pengetahuan, kesejahteraan, dan kebahagiaan - sebagai kegelapan adalah Kegelapan merupakan antara lain : kebodohan, kesalahan, kebohongan dan dosa. 1 Yohanes di sini mengatakan bahwa "Allah adalah terang" - φως phos - bukan cahaya, atau gelombang cahaya, tapi cahaya itu sendiri, yaitu, ia sendiri semua cahaya, dan merupakan sumber dan air mancur cahaya dalam semua. Dia sangat murni, tanpa campuran dosa. Dia memiliki semua hikmat, tanpa campuran ketidaktahuan tentang hal apapun. Dia jauh bahagia, dengan apa-apa untuk membuatnya sengsara. Dia jauh benar, tidak pernah menyatakan atau mengizinkan kesalahan, ia diberkati dalam segala jalan-Nya, tidak pernah mengetahui kegelapan kekecewaan dan kesulitan. Bandingkan Yakobus 1:17 catatan, Yohanes 1:4-5 catatan, 1 Timotius 6:16.

Allah adalah Terang, maka Allah akan bertindak antara lain :
  • Yakubus 1:17 ~> Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.
  • Yesaya 60:19-20 ~> Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu. Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir
Allah adalah terang, maka aplikasinya bagi hidup kita antara lain:
  • 2 Samuel 22:29 ~> Karena Engkaulah pelitaku, ya TUHAN, dan TUHAN menyinari kegelapanku.
  • Mazmur 27:1 ~> Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
  • Mikha 7:8 ~> Janganlah bersukacita atas aku, hai musuhku! Sekalipun aku jatuh, aku akan bangun pula, sekalipun aku duduk dalam gelap, TUHAN akan menjadi terangku 
  • 2 Korintus 4:6 ~> Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.
Jika Allah adalah Terang, menyinari kita, melalui antara lain:
  • Firman yang adalah terang, mengenakan daging yaitu Yesus Kristus. { Yohanes 9:5 ~> Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."}
  • Firman Tuhan { Mazmur 119:105 ~> Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.}
  • Yohanes 14:26 ~> tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Jika menerima Terang dari Allah maka kita pun menjadi duta terang dunia, diminta oleh Tuhan untuk melakukan pekerjaan sebagai duta terang, yaitu :
  • Matius 5:14 ~> Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi
  • Efesus 5:8-9 ~> Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran.
  • 1 Korintus 4:5 ~> Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.
  • Jangan Murtad Ibrani 6:4-6 ~> Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang, namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.
Allah adalah terang. Dia juga ingin menjadikan umat-Nya menjadi duta terang dunia sebab Allah yang menerangi kita menjadikan kita menerima terang dan mengutus kepada dunia yang cenderung menyukai kegelapan. Terang bercahaya maka kegelapan sirna.
×
Berita Terbaru Update