-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tuhan Itu Juruselamat

Selasa, 11 Desember 2018 | Desember 11, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-02T08:43:44Z
Yesaya 59:1 ~> Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;

Teks di atas adalah suatu fakta bahwa Tuhan tidak alami kesulitan untuk menyelamatkan manusia ciptaan-Nya. Tuhan mengerti setiap ada kebutuhan manusia ciptaan-Nya yang memerlukan penyelamatan daripada-NYA. Tuhan bukanlah sosok yang tuli yang tidak dapat mendengar setiap perkataan manusia bahkan setiap doa yang dipanjatkan kepada-Nya, Penguasa yang sanggup menolong dan menyelamatkan.

Namun dalam bertindak untuk mendengarkan setiap kebutuhan akan usaha penyelamatan dari TUHAN karena manusia tidak dapat menolong dirinya sendiri, ada yang pemisah, yaitu dosa. ( Yesaya 59:2 ~> tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.)

Penyelamatan Tuhan tidak dapat dilakukan sebab manusia berdosa sedangkan Tuhan Allah adalah Maha Kudus dimana Allah Yang Kudus tidak dapat menyelamatkan manusia berdosa sebab kekudusan Allah memisahkan manusia berdosa dengan-Nya dan yang berdosa dihukum oleh Tuhan yang kudus kecuali setelah terjadi pendamaian melalui penebusan dosa. ( Bilangan 19:20 ~> Tetapi orang yang telah najis, dan tidak menghapus dosa dari dirinya, orang itu harus dilenyapkan dari tengah-tengah jemaah itu, karena ia telah menajiskan tempat kudus TUHAN; air pentahiran tidak ada disiramkan kepadanya, jadi ia tetap najis.)

Tuhan sanggup untuk menyelamatkan sebab DIA adalah juruselamat tetapi agar dapat menyelamatkan diperlukan perdamaian dengan-Nya, DIA Yang Maha Kudus. Jika berdamai dengan-NYA, maka Tuhan Allah sendiri akan bertindak menyelamatkan sebab DIA mengasihi ciptaan-Nya. Contoh dapat ditemukan antara lain:
  • Mazmur 88:2 ~> Ya TUHAN, Allah yang menyelamatkan aku, siang hari aku berseru-seru, pada waktu malam aku menghadap Engkau.
  • Mazmur 103:4 ~> Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,
  • Yesaya 43:11 ~> Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
  • Yesaya 45:21-22 ~> Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku! 22 Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.
Tuhan adalah satu-satu juruselamat, sebab di luar TUHAN tidak ada yang sanggup menebus dari lubang kubur (kebinasaan) yang berarti penderitaan kekal di alam maut, Alam maut sangat terpisah dan tidak dapat diseberangi oleh setiap ciptaan Tuhan yang memisahkan dengan sorga. Alam maut adalah neraka.

Juruselamat adalah Tuhan sendiri yang penuh kasih setia dan rahmat memperdamaikan manusia berdosa dengan Tuhan Allah yang Kudus sehingga Tuhan memiliki kemampuan bertindak menyelamatkan dan tindakan yang hanya dapat dilakukan TUHAN adalah menebus dari kebinasaan alam maut.

Yesaya 63:9 ~> dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala. Tuhan tidak memberikan wewenang kepada utusan untuk berkuasa menyelamatkan karena Dia sendiri datang dalam gulungan kitab melakukan tindakan penebusan, pendamaian dan penyelamatan dari dosa yang memisahkan manusia dengan Allah dengan mengenapi hukum Taurat sekaligus memikul dosa dan kutuk taurat sebagai korban penebus salah sesuai kitab Taurat.( Mazmur40 :8 ~> Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;)

Tindakan Tuhan Allah sendiri yang menyelamatkan sebab manusia siapapun juga perlu diselamatkan sebab tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri. Karena itu DIA sendiri mengenakan daging dan menjadi sama seperti manusia 100% meski DIA adalah Allah sang Firman. Perhatikan :
  • Yohanes 1:1,14 ~> Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
  • Ibrani 1:1,2 ~> Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, 2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
Tuhan yang ingin menyelamatkan manusia, namun manusia lebih menyukai dosa, sehingga Firman datang menjadi manusia dan memikul segala dosa manusia agar melalui diri-Nya memperdamaikan manusia dengan Bapa di sorga yang kudus.{ Ibrani 2:17 ~> Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.)

Yesus adalah Firman yang adalah Allah itu mengenakan daging dan diberi gelar Anak Tunggal Bapa penuh kasih karunia dan kebenaran, adalah Tuhan yang menyelamatkan manusia sebab Tuhan itu adalah juruselamat sejati yang bersedia lakukan apapun agar manusia berdosa dapat diperdamaikan dan diselamatkan. Yesus Juruselamat, Mesias yang dijanjikan. Contoh :
  • Lukas 2:11 ~> Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
  • Yohanes 4:42 ~> dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."
  • Kisah Para Rasul 4:12 ~> Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."
  • 2 Petrus 1:11 ~> Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
Tuhan itu Juruselamat. Hanya Tuhan yang dapat menjadi penyelamat. Dia, Firman telah datang mengenakan daging dan memikul dosa yang memperdamaikan manusia dengan Bapa, maka Allah yang sejak masa lampau ingin menyelamatkan namun terbentur sifat Maha Kudus yang menolak dosa dan cemar sedangkan manusia adalah makhluk berdosa dan cemar telah diselesaikan pemeisah itu melalui kehidupan, kematian dan kebangkitan-Nya yang mengenapi dan sesuai dengan iman Ayub, yaitu ~> Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.Ayub 19:25.

Penebus berkuasa menebus dari maut sebab DIA sendiri telah menang dari maut dan berkuasa memberikan kemenangan-Nya kepada kita yang percaya kepada-Nya menjadi anak-anak-Nya. { Yohanes 1:12 ~> Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;) yang menjadikan kita warga kerajaan sorga karena diperdamaikan oleh Yesus Kristus, Firman yang pernah mengenakan daging serupa dengan manusia.

Hanya Tuhan yang mampu menyelamatkan. Manusia semuanya tidak berdaya terhadap kebinasaan lubang maut sebab upah dosa ialah maut terpisah dari Tuhan Allah untuk selama-lamanya, oleh kasih karunia-Nya, DIA telah bersedia menjadi juruselamat; Berbahagialah mereka yang menerima-Nya sebagai Tuhan dan juruselamat.

×
Berita Terbaru Update