-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Biomimetik Daya Cipta Desain Pencipta

Rabu, 20 September 2017 | September 20, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-07T18:19:17Z
Mazmur 104:24 Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu.

Pemazmur mencatat bahwa bumi penuh dengan ciptaan Tuhan. Tuhan menciptakan langit dan bumi dengan kebijaksanaan-Nya yang mengagumkan. Kebijaksanaan dalam penciptaan alam semesta tidaklah berkurang akibat kemajuan teknologi, justru teknologi makin menceritakan bahwa manusia hanya dapat menghasilkan produk teknologi yang baik dan bermutu bila turut mengaplikasikan kebijaksanaan Tuhan dalam penciptaan dalam bekarya menerapkan rekayasa teknologi saat ini. Kebajikan dan kebijaksanaan-Nya membuat manusia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik. [Amsal 3:19 Dengan hikmat TUHAN telah meletakkan dasar bumi, dengan pengertian ditetapkan-Nya langit,]

Perkataan biomimetik juga disamakan dengan biomimikri (biomimicry) pertama kali digunakan oleh , Otto Schmitt hidup sejak April 6, 1913 hingga 6 Januari 1998 adalah seorang Amerika penemu, insinyur , dan biofisika dikenal atas kontribusi ilmiah untuk biofisika dan untuk membangun bidang rekayasa biomedis . Schmitt juga menciptakan istilah biomimetika dan menemukan pemicu Schmitt , cathode follower, dengan penguat diferensial , dan helikopter-amplifier stabil . Ia dianugerahi John Harga Wetherill Medal pada tahun 1972.

Biomimetik juga dikenali sebagai Bionik (istilah ini pertama kali digunakan oleh seorang pegawai tentara udara Amerika pada tahun 1958), bio-inspirasi dan juga biognosis. Ia telah digunakan dalam pelbagai bidang termasuklah dalam ilmu politik sehingga ke rekayasa bentuk alat transportasi dan ilmu komputer (sibernetik, neuron tiruan dan rangkaian neural tiruan menggunakan prinsip biomimetik). Secara umumnya terdapat tiga model biologi yang telah ditiru untuk aplikasi teknologi hasil dari proses pengilhaman ini adalah sebuah bentuk perpaduan pengetahuan dan seni dengan karakteristik kegunaan tertentu.:
  • A. Replikasi kaidah pemprosesan bahan kimia oleh flora dan juga fauna.
  1. Kupu-kupu dan Kumbang. Permainan warna pada kupu-kupu dan kumbang serta lapisan anti pantulan cahaya pada mata ngengat telah mengilhami penelitian yang menghasilkan layar telepon selular yang lebih terang dan teknik anti pemalsuan yang sangat rahasia.
  2. Lekukan-lekukan mikroskopis pada mata lalat berusia 45 juta tahun yang lalu yang terperangkap dalam ambar yang dilihatnya dalam museum di Warsawa Polandia, juga telah mengilhami pembuatan panel surya
  3. Kemilau metalik dan warna cemerlang burung tropis dan kumbang tak berasal dari pigmen, tetapi dari sifat optik; jajaran rapi mikrostruktur yang memantulkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu. Warna struktural seperti itu yang tak akan memudar dan lebih berkilau daripada pigmen, sangat menarik kalangan produsen cat, kosmetik, dan hologram kecil kartu kredit.
  4. Kumbang Melanofia yang bertelur di kayu yang baru terbakar telah mengembangkan struktur yang bisa mendeteksi radiasi infra merah yang dihasilkan kebakaran hutan secara tepat, membuatnya bisa merasakan kobaran api yang berjarak ratusan kilometer jauhnya. Kemampuan ini sekarang diteliti oleh Angkatan Udara AS.
  • B. Peniruan mekanisma yang wujud dalam alam. Contoh:
  1. Seumpama velcro dan kebolehan cicak dan tokek melekat pada dinding. Jari kaki tokek memiliki rambut berujung spatula (sekitar 6.5 juta rambut per jari) yang melekat pada permukaan pada tingkat molekuler, memberi si kadal pijakan yang lincah, bahkan pada tembok dan langit-langit. Stickybot, robot pemanjat yang diilhami tokek di Stanford University menjelajah di medan yang serupa. Kaki berbulu itu menggenggam dan melepas dan kaki robot meniru anatomi tokek itu sendiri. Namun sejauh ini robot itu relative bergerak dengan kecepatan siput. Para perancang berharap robot tersebut bisa digunakan dalam penerapan operasi SAR.
  2. Para arsitek di Zimbabwe tengah mempelajari cara rayap mengontrol suhu, kelembaban, dan aliran udara didalam gundukan sarang agar bisa mendirikan bangunan lebih nyaman.
  3. Para peneliti kedokteran Jepang berusaha mengurangi rasa sakit suntikan menggunakan jarum hipodermik dengan ujung bergerigi tajam, seperti pada proboscis nyamuk untuk meminimalkan rangsangan syaraf.
  4. Ikan kotak / ostracius cubicus yang seperti kubus tersimpan pelajaran tentang desain yang elegan. Gaya hambat yang rendah membantu ikan tersebut merenangi jarak sejauh enam kali panjang tubuhnya dalam satu detik dengan distabilkan oleh tepi karapaksnya yang mirip lunas. Bentuk ikan kotak yang sangat aerodinamis mengilhami mobil Mercedes-Benz yang berkonsep bionik. Aliran asap saat pengujian diterowongan angin pada fasilitas di Stuttgart menampilkan bentuk aerodinamika mobil yang meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga kilometer per detik
  5. Dengan menghirup air melalui kaki, kadal Thorny Devil dari padang pasir Australia yang gersang memperlihatkan kemampuannya menyerap air ke mulut melalui saluran-saluran diantara sisiknya. Para ilmuwan berharap mampu meniru mekanisme tersebut untuk mengembangkan teknologi pengumpulan air bagi daerah-daerah kering.
  6. Saat memeriksa duri di celana dan bulu anjingnya pada tahun 1948, George de Mestral mendapati ujung kait mungil yang berasal dari buah Anjang / Xanthium sp. Velcro pun diciptakan. Velcro digunakan pada bedah jantung artificial pertama dan perjalanan ke ruang angkasa. Dengan bentuk berkait dan bercincin yang langsung mencengkram, tetapi lepas jika disentakkan seperti ritssluiting, Velcro (mikrograf electron) sekarang ada dimana-mana. NASA termasuk yang awal menggunakannya, mengirim Velcro ke bulan pada sepatu bot dan pakaian antariksa. Termasuk sarung tangan astronaut Apollo John Young tahun 1972 untuk merekatkan benda-benda yang mengapung dalam gravitasi nol dan didalam helm sebagai penggerak hidung.
  7. Pada tahun 1982, ahli botani Wilhelm Bartlott dari University of Bonn, Jerman menemukan permukaan daun teratai secara alami membersihkan diri dan menolak air. Berkat sudut pertemuan air dengan mikrostruktur dan nanostruktur berlilin, air membulat dan bergulir sambil mengumpulkan kotoran. Barthlott mematenkannya, menyebutnya efek teratai. Temuan ini diterapkan dalam produk seperti cat biomimetik merk Lotusan. Dituangi bintil-bintil mikro, cat ini menolak air dan tahan pada noda berpuluh tahun.
  8. Diilhami sirip paus bungkuk, ahli biomekanika Frank Fisk membantu merancang bilah turbin dengan tuberkel (bintil). Lekukan tepi sirip membantu menghasilkan gaya belokan tajam. Bilah diuji di Wind Energy Institute of Canada untuk mengetahui apakah bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar pada kecepatan lebih rendah dengan suara lebih halus daripada bilah konvensional.
  9. Mikro electron mengungkap rahasia kecepatan ikan hiu: sisik mirip gigi, dentikula dermal. Air yang “melaju melalui galur mikro tanpa terhalang” mengurangi friksi, kata peneliti hiu George Burgess. Perbedaanya bagai arus sungai deras dan turbulensi kali dangkal. Sisik juga mencegah teritip dan ganggang menempel- inspirasi lapisan sintesis, mungkin diterapkan di lambung kapal Angkatan Laut, mengurangi penempelan makhluk hidup 
  10. Kepak serangga terbang mikromekanis belum menyamai gerak U kompleks dari sayap lalat kerbau yang menjadi sumber ilham. Namun robot ini segera terbang tanpa hambatan. Digerakkan actuator listrik mungil dikedua sisinya, sayap rapuhnya mengepak 275 kali per detik, lebih cepat daripada lalat kerbau. “Sayap lalat luar biasa, berputar disetiap kepak” kata Ron Fearing dan UC Berkeley.
  • C. Menyalin prinsip berorganisasi daripada kelakuan sosial organisma seperti semut, lebah dan juga mikroorganisma lain.
Melihat masyarakat China yang menggunakan prinsip biomimetik dengan mencipta sutera tiruan sejak 3000 tahun dahulu. Cendekiawan masa lampau, Leonardo da Vinci pula telah mengkaji bagaimana cara burung terbang dan beliau telah mencetus idea bagi reka bentuk pesawat terbang. Pada kurun ke-20, kita boleh lihat pelbagai produk yang diilhamkan dari alam termasuklah rekayasa bentuk pesawat.

Sejak menemukan sel bio dan asid deoksiribonukleik (DNA) telah memberi ide kepada para peneliti dengan harapan suatu hari nanti mereka dapat mencipta alat berskala molekul yang dapat membina dirinya sendiri. Ide-ide luar biasa yang dari alam saat ini makin berkembang dengan cepat. Kinerja otak manusia adalah salah satu yang mengilhami manusia dan mengarahkan biomimetik dekade ini pada teknologi nanoteknologi dan mikroprosesor, sehingga banyak lembaga kajian bermunculan memayungi inovasi-inovasi mimikri ini.

Dengan hikmatNya Tuhan menciptakan langit dan bumi dan ciptaan-Nya berseru-seru kepada manusia untuk mengetahui rahasia ciptaan Tuhan. [Amsal 1:20 Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya,]

Biomimetik adalah usaha manusia dengan mempelajari hikmat Tuhan dalam menciptakan langit dan bumi, karena itu Biomimetik seharusnya membuat manusia untuk menjadi :
  • Amsal 1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
  • Amsal 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.
  • Amsal 11:2 Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmat ada pada orang yang rendah hati.
  • Amsal 23:23 Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.

Biomimetik adalah menegaskan kebenaran Firman Tuhan yang berbunyi Amsal 21:30 Tidak ada hikmat dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi TUHAN. Dengan mempelajari Biomimetik kita akan melihat kebenaran Alkitab bahwa kebijaksanaan Tuhan tidak dapat ditandingi dan berbahagialah manusia yang dianugerahkan kebijaksaan dari Dia Sang Pencipta.

Dengan memohon hikmat dari pada Dia Sang Pencipta maka Dia akan membuat jalan agar kita dapat mengerti sedikit dari kebijaksanaanNya yang sempurna yang membuat hidup menjadi lebih berarti dan berguna bagi lingkungannya. {Daniel 5:14 Telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa, dan bahwa padamu terdapat kecerahan, akal budi dan hikmat yang luar biasa.}

Ayub 11:6 dan memberitakan kepadamu rahasia hikmat, karena itu ajaib bagi pengertian. Maka engkau akan mengetahui, bahwa Allah tidak memperhitungkan bagimu sebagian dari pada kesalahanmu.
×
Berita Terbaru Update