Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Selasa, 23 Mei 2017

Umat Allah Berdasarkan Kitab Yeremia

Yeremia 30:22 Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu."

Mengapa Tuhan menjanjikan Israel akan menjadi umatKu? Bukankah Israel adalah umat Allah dan Allah menjadi Allah menjadi bangsa umat Israel?
Mengapa Israel sampai dianggap bukan umat Allah dan disisi lain Allah ingin menjadikan Israel umat-Nya?
Yeremia 2:11:" pernahkah suatu bangsa menukarkan allahnya meskipun itu sebenarnya bukan allah? Tetapi umat-Ku menukarkan Kemuliaannya dengan apa yang tidak berguna."
Yeremia 2:11 adalah kondisi Israel yang bukan lagi umat Allah. Israel telah menukar Allah dengan para allah penduduk sekitarnya. Mengapa Israel sampai menukarkan Allah?"
Yeremia 7:30 :"Sungguh, orang Yehuda telah melakukan apa yang jahat di mata-Ku, demikianlah firman TUHAN, telah menempatkan dewa-dewa mereka yang menjijikkan di rumah yang atasnya nama-Ku diserukan ini untuk menajiskannya."

Israel yang telah menukar Allah dengan para dewa-dewa berupa patung ... menjadikan bangsa ini kehilangan Penolong Sejati yang telah menolong Bangsa Israel dengan kasih karunia-Nya ( Yer 31:2) Hilangannya Penolong, yakni Allah akibat perbuatannya menukarkan Allah dengan para allah penduduk sekitarnya yang ditaklukan pada masa kedatangan Israel ke tanah Perjanjian menyebabkan Israel jatuh dan hidup dalam penjajahan.
Israel tidak bersandar kepada Allah yang memberikan kemenangan. Israel menang bukan karena gagah perkasa dan kehebatannya, melainkan pertolongan Allah. Allah tidak menolong, Israel jatuh. Allah tidak menolong adalah bentuk hukuman Allah.

Kekuatan Israel tanpa Allah terbukti lemah, terbatas dan dapat ditaklukan. Dalam mendapatkan hukuman Tuhan (Yer 30:11,12), Israel akan mendapatkan pemulihan dari Tuhan karena kasih sayang dari Tuhan semata (Yer 30:17-20).
Apakah karena Israel berteriak kepada Tuhan? Yeremia 30:17 menyatakan karena semata-mata keputusan-Nya belaka, Allah menyembuhkan, memulihkan Israel. Tuhan memulihkan Israel.

Bagaimana cara Tuhan memulihkan Israel ?
Yeremia 31:33 :"Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku."
Tuhan melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan. Tuhan menaruh Taurat dalam batin dan menulisnya di dalam hati. Roh Allah diutus untuk berkarya melakukan semua ini.

Untuk apakah Tuhan lakukan semua ini?
Apakah tujuannya ?
Apakah agar Israel melihat pertolongan dari TUHAN yang kuat dan benteng perlindungan yang sejati ? [Yeremia 16:19:" Ya TUHAN, kekuatanku dan bentengku, tempat pelarianku pada hari kesesakan! Kepada-Mu akan datang bangsa-bangsa dari ujung bumi serta berkata: "Sungguh, nenek moyang kami hanya memiliki dewa penipu, dewa kesia-siaan yang satu pun tiada berguna."]
Apakah agar Israel memperhatikan dan mendengarkan Firman-Nya yang selama ini tidak diperhatikan dan dilawan dan serta karena selaku umat-Nya dapat hadir dalam dewan musyawarah TUHAN?[Yeremia 23:18 :"Sebab siapakah yang hadir dalam dewan musyawarah TUHAN, sehingga ia memperhatikan dan mendengar firman-Nya? Siapakah yang memperhatikan firman-Nya dan mendengarnya?"]
Ataukah karena menjadi umat Tuhan kemudian dilibatkan menjadi anggota dewan permusyawarah Tuhan agar Israel, umat-Nya bertobat dan mengabarkan firman-Nya? [Yeremia 23:22 :"Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari perbuatan-perbuatannya yang jahat."]

Israel menjadi umat Allah dilandasikan
Yer 23:23 hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan kepada mereka: Dengarkanlah suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku, dan ikutilah seluruh jalan yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia!

Bila memperhatikan Yeremia 11:4, maka menjadi umat-Nya memiliki pekerjaan untuk mendengarkan suara TUHAN. Yeremia 11:4 :" yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyangmu pada waktu mereka Kubawa keluar dari tanah Mesir, dari dapur peleburan besi, dengan berfirman: Dengarkanlah suara-Ku dan lakukanlah segala apa yang Kuperintahkan kepadamu, maka kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu,"
Bagaimanakah mendengarkan suara Tuhan lalu dapat diharapkan umat-Nya taat sehingga layak disebut umat-Nya?br/> Tuhan membentuk hati manusia yang diwakili umat Israel sehingga manusia dengan segenap hati mendengarkan suara Tuhan.
Yeremia 24:7 :"Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya."

Umat Israel yang meninggalkan Tuhan, Tuhan mencari dan mendapatkan kembali, begitu pula dengan anda. Tuhan sangat sayang dan Dia datang mencari hilang dan tersesat agar datang kembali ke Bapa dengan menjadi umat-Nya dengan hak-hak istimewa seperti : menjadi anggota dewan permusyawarahan TUHAN, mendapatkan pertolongan-Nya, keselamatan-Nya, pemulihan-Nya..... yang disediakan bagi anda dan saya. Maukah terima tawaran-Nya?

Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)