-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Yesus Dan Media Pendidikan

Kamis, 30 Agustus 2018 | Agustus 30, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-05T20:46:28Z
Dalam pendidikan terkadang memerlukan media sebagai proses pembelajaran. Gerlach dan Ely menyatakan bahwa media itu meliputi orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Yesus Sang Guru Agung memberikan perhatian terhadap pendidikan dengan mendidik murid-murid-Nya dan memerintahkan agar mereka mengajarkan apa yang telah diterimanya kepada mereka semua yang percaya kepadaNya. [Matius 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."]

Ciri ciri Media Pendidikan adalah seperti :
  1. Berfungsi sebagai alat peraga / alat bantu baik di dalam maupun di luar kelas.
  2. Tekanan utama diletakkan pada benda yang dapat dilihat, didengar dan diraba.
  3. Digunakan dalam rangka komunikasi dalam pengajaran, antara guru dan siswa.
Yesus saat Dia mengajar telah mengunakan seluruh media yang ada digunakan dalam proses mengajar para murid-Nya. Charles Nichols dan Warren S Benson membagi metode pengajaran Yesus dengan tiga metode. Melalui metode visual, Yesus secara kreatif mengunakan segala sesuatu yang ada disekelilingNya sebagai media pembelajaran yang sedemikian rupa sehingga meraih nilai nilai dari media pembelajaran yang menurut Encyclopedia of Educational Research, nilai itu adalah :
  1. Meletakan dasar-dasar yang konkrit, dan mengurangi verbalisme.
  2. Memperbesar perhatian para peserta didik.
  3. Meletakan dasar dasar yang penting untuk perkembangan belajar dan membuat pelajaran lebih mantab.
  4. Memberikan pengalaman yang nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
  5. Menumbuhkan pemikiran yang pemikiran yang teratur dan terus menerus.
  6. Membantu tumbuhnya pengertian dan dengan demikian membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
Puncak dari pengunaan Media Pendidikan, Dia mengunakan DIRINYA sendiri sebagai contoh yang sulit dilupakan dengan menjalani jalan salib yang penuh penderita yang mencengkam kehidupan para murid-Nya yang masuk kedalam kematian dan kebangkitan dan kenaikan kesorga dan memberikan Roh Kudus sehingga sangat efektif mengajar para murid sehingga para murid mampu bukan hanya menyerap pelajaran dari Yesus Guru Agung melainkan memampukan mereka untuk mengajar generasi-generasi berikutnya yang sangat konkret dengan pengalaman yang berkesan sampai dapat maraih hal-hal abstrak dari proses media penbelajaran yang menyentuh setiap level dari kerucut pengalaman.

Dengan hadirnya kemenangan Yesus dan karya Roh Kudus yang menyertai pekerjaan para murid, maka segala hal yang konkret itu menjadi nyata dalam kegiatan proses mengajar kebenaran Firman Tuhan yang memiliki kesaksian yang kuat tentang Yesus. [Kisah Para Rasul 4:13 Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.4:14 Tetapi karena mereka melihat orang yang disembuhkan itu berdiri di samping kedua rasul itu, mereka tidak dapat mengatakan apa-apa untuk membantahnya]

Yesus yang penuh hikmat dan kuasa memberikan model pembelajaran yang secara kreatif mengunakan segala hal yang ada di dalam kehidupanNya dan disekitarNya sebagai media pendidikan efektif. Proses pembelajaran agar kita kreatif dan mampu mengunakan media yang ada di sekitar kita agar amanatNya terlaksana maka kehadiran Roh Kudus dan proses belajar terus menerus yang dirancang olehNya akan membuat kita semakin efektif mendapatkan nilai-nilai dari media pembelajaran dan Tuhan dipermuliakan.

×
Berita Terbaru Update