-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Allah Itu Sempurna

Minggu, 16 Desember 2018 | Desember 16, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-02T08:19:00Z
Matius 5:48 ~ Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.

Kata Allah itu sempurna dalam teks berasal dari kata τέλειος yang memiliki arti: lengkap, dewasa, Lebih atau sangat sempurna, sempurna, menyelesaikan semua bagian-bagiannya, mencapai tujuan. Allah sempurna dalam teks di atas menyatakan bahwa Allah itu Sempurna. Allah itu Sempurna secara leksikal memiliki konsep pemikiran praktis antara lain :
  • Allah itu tidak bercacat dan bercela.
  • Allah itu utuh, lengkap dan komplet dalam kedewasaan segala hal.
  • Allah itu dapat selalu menyelesaikan segala sesuatu dengan baik, tepat waktu dan teratur serta pasti mendapatkan apa yang menjadi segala tujuan-Nya.
  • Allah itu terbaik dari segala yang baik dan selalu demikian tidak alami perubahan.
Matthew Henry Whole Bible Commentary memberi pernyataan tentang teks Matius 5:48 sebagai berikut:
  1. Secara umum, termasuk dalam semua hal dimanapun kita harus menjadi pengikut Tuhan sebagai anak-anak terkasih. Catatan, Ini adalah tugas orang Kristen untuk memiliki keinginan, dan bertujuan, dan tekanan menuju kesempurnaan dalam kasih karunia dan kekudusan, Filipi. 3:12-14 ( Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus) Dan di dalamnya kita harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan contoh Bapa surgawi kita, 1 Pt. 1:15, 16 ( tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.) Atau,
  2. Dalam tertentu sebelum disebutkan, berbuat baik kepada musuh-musuh kita, lihat Lukas. 6:36 (Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.") Ini adalah kesempurnaan Allah mengampuni cedera dan untuk menghibur orang asing, dan untuk berbuat baik kepada yang jahat dan tidak tahu berterima kasih, dan itu akan menjadi milik kita menjadi seperti dia. Kami yang berutang begitu banyak, bahwa semua berutang kepada kami, untuk karunia ilahi, harus menyalinnya keluar serta kita bisa.
Matthew Henry Whole Bible Commentary mengaitkan kata sempurna yang melekat kepada Alah Bapa dengan konsentrasi kepada hal kasih karunia-Nya, kekudusan-Nya dan kemurahan hati-Nya.Allah itu sempurna, Alkitab banyak sekali berbicara kesempurnaan Allah yang melampaui batas-batas konsep imajinasi kesempurnaan meski membatasi dalam hal firman-Nya yang tercatat, sehingga kesempurnaan-Nya melampaui bukan saja hal yang ditekankan dalam teks Matius di atas. ( Mazmur 119:96 ~ Aku melihat batas-batas kesempurnaan, tetapi perintah-Mu luas sekali.) Alkitab mencatat kesempurnaan Allah meliputi, antara lain :
  • Jalan-Nya Sempurna ( Mazmur 18:31 ~ Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.)
  • Perlindungan-Nya Sempurna ( Amsal 30:5~ Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.; ) Kasih-Nya Sempurna ( 1 Yohanes 4:18 ~ Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.)
  • Firman-Nya Sempurna ( Mazmur 19:8 ~ Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman)
  • Pekerjaan-Nya Sempurna. ( Ulangan 32:3-4 ~ Sebab nama TUHAN akan kuserukan: Berilah hormat kepada Allah kita, Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia)
  • Kedaulatan-Nya Sempurna. ( Pengkhotbah 3:14 ~ Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia)
Pemazmur menyatakan Allah itu sempurna melampaui pengertian manusia terhadap kesempurnaan sebab kesempurnaan bagi manusia adalah memiliki batas-batas dan batas-batas manusia tidak identik dengan Tuhan yang Sempurna dalam kesempurnaan-Nya. Dalam keterbatasan manusia, Dia menghendaki kita bertumbuh menjadi sempurna dalam kasih karunia-Nya, kekudusan dan kebaikan dan atau kemurahan-hati-Nya.

Dia yang sempurna, Dia menghendaki kita bertumbuh menuju sempurna. Alkitab mencatat bahwa dalam kesempurnaan Allah yang ingin kita menuju sempurna dalam kasih karunia-Nya agar kita mencapai tujuan-Nya memberikan kasih karunia-Nya yang sempurna bagi kita. Tujuan-Nya antara lain:
  • Siap saat kedatangan-Nya ke dua. ( 1 Tesalonika 5:23 ~ Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.)
  • Berkenan dan sesuai kehendak-Nya ( Roma 12:2 ~ Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna
  • Mendapat Anugerah Keberanian saat Penghakiman ( 1 Yohanes 4:17 ~ Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.)
  • Allah Kekal senantiasa menyertai selamanya. ( 1 Korintus 3:11 ~ Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu)
  • Ada bersama Tuhan {manunggal} ( 1 Yohanes 2:5 ~ Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia)
Allah itu sempurna, dalam kasih karunia-Nya maka Dia menjadikan kita bertumbuh dewasa menuju kesempurnaan oleh kasih karunia-Nya. Kasih karunia-Nya yang ajaib telah diberikan melalui Firman menjadi manusia dan menebus serta mengangkat dalam anugerah-Nya. Berjalan dalam kasih karunia dan kasih setia-Nya yang sempurna menjadikan kita masuk tujuan akhir, bersama-Nya dalam kekekalan di hadirat-Nya yang Maha Sempurna.

×
Berita Terbaru Update