Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Senin, 05 April 2021

Penampakan Yesus Setelah Kebangkitan-Nya.

Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Kisah Para Rasul 1:3

Setelah Yesus bangkit dari kematianNya, Yesus tidak langsung kembali kepada Bapa di surga tetapi selama empat puluh hari dalam tubuh kemuliaan-Nya berkali-kali menampakkan diri. Alkitab Perjanjian Baru mencatat ada dua belas peristiwa penampakkan diri sehingga minimal Yesus melakukan penampakkan diri sebanyak dua belas kali.

Yesus menampakkan diri adalah peristiwa penting dalam berita Injil. Penampakkan diri adalah proklamasi bahwa IA hidup dan menang atas maut serta membuktikan bahwa Yesus adalah kebangkitan dan hidup. Surat Korintus mencatat, "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; 1 Korintus 15:3-4

Catatan Alkitab hal penampakan Yesus ditujukan kepada:

  1. Maria Magdalena (=Maria dari Magdala) di dekat kubur (Markus 16:9; Yohanes 20:11-18)
  2. Perempuan-perempuan lain yang ke kubur (Matius 28:8-10)
  3. Dua murid yang berjalan ke Emaus (Markus 16:12-13; Lukas 24:13-35)
  4. Simon Petrus (=Kefas) (Lukas 24:34; 1 Korintus 15:5)
  5. Sepuluh murid (tanpa Tomas) (Lukas 24:36-43; Yohanes 20:19-25)
  6. Sebelas murid, termasuk Tomas (Markus 16:14; Yohanes 20:26-29)
  7. Sejumlah murid di tepi Danau Tiberias, Galilea (Yohanes 21:1-24)
  8. Sejumlah murid di Galilea (Matius 28:16-20)
  9. Lima ratus orang sekaligus (1 Korintus 15:6)
  10. Yakobus (saudara Yesus) dan semua rasul (1 Korintus 15:7)
  11. Sejumlah murid pada waktu Yesus akan terangkat naik ke sorga di dekat Betania, Bukit Zaitun (Markus 16:19-20; Lukas 24:50-53; Kisah Para Rasul 1:4-12)
  12. Saulus, yang kemudian bernama Paulus, dalam perjalanan ke Damaskus (Kisah Para Rasul 9:1-6; Kisah Para Rasul 22:1-10; Kisah Para Rasul 26:12-`8; 1 Korintus 15:8).

Yesus dapat menampakkan diri kepada lebih banyak orang tetapi saat peristiwa kebangkitan diduga Yesus hanya menyatakan diriNya telah bangkit diduga tidak lebih dari enam ratus orang saja. Mereka adalah para pengikut Yesus yang dipilih dan dipercaya untuk meneruskan berita kebangkitan kepada dunia sebagai saksi. Alkitab menyatakan; "Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal." 1 Korintus 15:6.

Yesus membatasi penampakan diri-Nya sehingga hanya kepada lebih dari lima ratus orang pengikut-Nya yang dipilih dan dipercaya serta tidak membanggakan diri-Nya telah mendapatkan penampakkan sebab Kata Yesus kepadanya (Tomas): "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." (Yohanes 20:29). Hikmat TUHAN mengetahui jumlah orang berserta pribadi orang pilihanNya yang diperlihatkan Tubuh kemuliaan Yesus saat kebangkitan-Nya agar berita Injil sampai keseluruh bumi.

Keselamatan bukanlah bertumpu kepada pengetahuan dan pengalaman tetapi berdasarkan iman kepada Yesus Kristus Tuhan. DIA tahu siapa yang menjadi orang beriman kepada-Nya sehingga DIA tidak menampakkan diri kepada orang yang mengeraskan hati dengan menolak berita kebangkitan-Nya. Melalui saksi-saksi kebangkitan-Nya yang menceritakan kebangkitan-Nya maka timbulan iman di kalangan pendengar berita tersebut. Roh Kudus dan Firman Allah berkarya sehingga sejumlah besar orang menerima iman yang menyelamatkan dari kebangkitan Yesus.

Selain saksi penampakkan Yesus, dunia dikejutkan dengan para penjaga yang melihat malaikat turun dan mengulingkan batu dari lubang kubur sehingga gemetar ketakutan dan jatuh pingsan (Matius 28:4). Berita Kebangkitan Yesus dan tergulingnya batu dari lubang kubur yang termeterai dan dijaga oleh pasukan Romawi sehingga pemimpin agama Yahudi menyuap para penjaga agar mengatakan mayat Yesus dicuri (Matius 28:13-15) Berita penampakkan Yesus sebagai angin segar bagi iman para pengikut Yesus di tengah arus informasi yang dihembuskan oleh Mahkamah Agama yang menyalibkan Yesus.

Penampakan Yesus dengan tubuh kemuliaan memiliki arti penting dalam perjalanan iman para pengikut-Nya, seperti:

  1. Pendapat Lori:
    • Membuktikan bahwa Yesus benar-benar bangkit dari kematian
    • Mengingatkan murid-murid tentang misi yang akan mereka kerjakan tetapi harus menantikan Roh Kudus yang dijanjikan
    • Mengajarkan tentang pentingnya tiga unsur utama dalam pelayanan para murid (Komunitas dan kepemimpinan, Hadirnya Injil / Perjanjian Baru dan Perjamuan kudus.
    • Menyadarkan para murid bahwa Yesus tetap setia meskipun mereka tidak setia
  2. Pendapat Godwin Goziem Jireh:
    • Menghilangkan ketakutan mereka dan memberi mereka sukacita - Matius 28: 8-10
    • Menyerahkan kepada mereka tugas penginjilan dunia, Amanat Agung - Matius 28: 16-20
    • Menghentikan mereka dari berkabung dan menangis dan mempersiapkan hati mereka untuk misi global - Markus 16: 9-20
    • Membuka pemahaman mereka pada tulisan suci dan secara resmi menunjuk mereka sebagai saksi-Nya - Lukas 24: 13-43
    • Membrikan mereka damai sejahtera-Nya dan menghirup Roh-Nya serta untuk menegaskan iman mereka - Yohanes 20: 19-29
    • Memulihkan Petrus kembali ke pelayanan dan kepemimpinan pastoral - Yohanes 21: 1-19
    • Mengeluarkan perintah kepada para rasul, tunjukkan banyak bukti sempurna dari kebangkitan-Nya dan berbicara lebih banyak tentang Kerajaan Allah - Kisah Para Rasul 1: 2-3.

Kebangkitan dan penampakan Yesus adalah jawaban dari tokoh perumpamaan orang kaya di Hades yang memohon Abraham mengirim Lazarus kembali dari kematian untuk memperingati lima saudara laki-laki dari kematian supaya mereka bertobat. (Lukas 16:27) Pemikiran orang di hades, jika seorang pergi kepada mereka yang hidup maka akan bertobat tetapi kebangkitan dan penampakan diri Yesus membuktikan bahwa "mereka tidak dapat diyakinkan sekalipun seorang telah bangkit dari orang mati. Di dunia ada kesaksian Musa dan para Nabi lalu Injil yang dapat mereka dengar.

Kemunculan Yesus kepada lebih banyak orang mungkin diharapkan terjadi bahkan sampai saat ini DIA tetap menyatakan diri-Nya. Penampakan diri Yesus tidaklah akan menjadi bukti yang cukup bagi mereka yang menolak untuk percaya. Dia tahu kepada siapa saja dapat menampakan diri dimana orang yang melihat dan atau mendengar diubahkan hidup oleh-Nya.

Peristiwa kematian Yesus yang disalibkan lalu dikuburkan yang tiga hari kemudian kubur kosong karena Dia bangkit lalu penampakan Yesus setelah kebangkitan-Nya bukanlah sekedar hanya pengetahuan dan fakta sejarah tetapi haruslah menjadi iman yang hidup agar berkat kebangkitan dialami oleh hidup kita.



Tulisan lainnya:
Yesus Kebangkitan dan Hidup.
Fakta-Fakta Kebangkitan Yesus
Fakta Penyaliban Yesus Kristus
Kebenaran Salib Antara Perjanjian Lama Dengan 1 Korintus
Keteladanan Maria Magdalena


Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)