-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Yesus Surya Kebenaran

Minggu, 31 Maret 2024 | Maret 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-31T07:05:07Z
וְזָרְחָ֨ה לָכֶ֜ם יִרְאֵ֤י שְׁמִי֙ שֶׁ֣מֶשׁ צְדָקָ֔ה וּמַרְפֵּ֖א בִּכְנָפֶ֑יהָ וִֽיצָאתֶ֥ם וּפִשְׁתֶּ֖ם כְּעֶגְלֵ֥י מַרְבֵּֽק׃
Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang. Maleakhi 4:2

Surya Kebenaran atau Matahari Kebenaran שֶׁ֣מֶשׁ צְדָקָ֔ה dijanjikan akan terbit. Janji terbitnya Surya Kebenaran digenapi oleh datangnya Yesus Kristus karena nubuat dalam Maleakhi 4:2 erat dengan Yesus Kristus dan peran-Nya sebagai Juru Selamat. Nyata bahwa Yesus adalah surya kebenaran terlihat dari:
  • Penggenapan Nubuat karena konsep "Surya Kebenaran" dalam Maleakhi 4:2 memiliki beberapa kesamaan dengan nubuat tentang Mesias dalam Perjanjian Lama. Contohnya, Mesias dinubuatkan akan membawa terang dan keselamatan bagi umat-Nya (Yesaya 9:1-2, 42:6-7). Yesus, sebagai Mesias, menggenapi nubuat-nubuat ini dengan membawa terang Injil dan keselamatan bagi dunia.
  • Peran Yesus sering digambarkan sebagai terang dalam Alkitab. Dalam Yohanes 8:12, Yesus berkata, "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Peran Yesus sebagai terang selaras dengan nubuatan tentang "Surya Kebenaran" dalam Maleakhi 4:2.
  • Kesembuhan dikaruniakan oleh Yesus sesuai nubuatan dalam Maleakhi 4:2 menyebutkan bahwa "Surya Kebenaran" akan membawa kesembuhan pada sayapnya. Yesus, selama pelayanan-Nya di bumi, menyembuhkan banyak orang dari berbagai penyakit. Hal ini menunjukkan bahwa Dia adalah Mesias yang dinubuatkan dalam Maleakhi 4:2.
  • Surya sering digunakan sebagai simbol dalam Alkitab untuk melambangkan kebenaran, keadilan, dan keselamatan. Oleh karena itu, "Surya Kebenaran" dalam Maleakhi 4:2 dapat diartikan sebagai Mesias yang akan membawa kebenaran, keadilan, dan keselamatan bagi dunia dan itu terdapat dalam pribadi Yesus
Ada banyak makna yang melekat dari diri Yesus dalam gelar sebagai "Surya Kebenaran atau Mahahari Kebenaran". Hal itu misalnya:
  • Cahaya Kebenaran: Yesus digambarkan sebagai sumber terang yang menerangi jalan kebenaran dan menyingkapkan kegelapan dosa dan ketidaktahuan. Ia membawa ajaran dan teladan hidup yang menunjukkan jalan menuju keselamatan dan kehidupan kekal. Sebagai Cahaya Kebenaran maka:
    * Yesus digambarkan sebagai lawan dari kegelapan dosa dan kebodohan. Cahaya kebenaran-Nya menyingkapkan jalan yang benar dan menuntun manusia menjauh dari perbuatan jahat (Yohanes 8:12).
    * Sinar yang Membawa Kehidupan sehingga "kematian kekal" akibat dosa menjadi sirna. Cahaya Yesus menawarkan harapan keselamatan dan hidup kekal bersama Allah (Yohanes 1:4-5).
    * Cahaya Yesus diumpamakan api yang membakar dan membersihkan. Api ini melambangkan kuasa Roh Kudus dimana Yesus sebagai pembaptis Roh Kudus. Roh Kudus yang bekerja dalam hati orang percaya, memurnikan mereka dari dosa dan membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih baik (Kisah Para Rasul 2:3).
    * Kedatangan Yesus sering diibaratkan dengan fajar, yang menandakan awal yang baru dan penuh harapan. Cahaya-Nya membawa janji pembebasan dan masa depan yang lebih cerah (2 Petrus 1:19).
    * Dampak dari Cahaya Kebenaran mendatangkan pertobatan yaitu seseorang menyadari dosanya dan berbalik kepada Tuhan, lalu cahaya Yesus membuat kita mengerti ajaran Alkitab dengan lebih baik dan melihat dunia dengan perspektif yang baru sehingga hidup yang berubah ditandai meninggalkan kebiasaan buruk dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan lalu alami sukacita dan damai sejahtera yang melampaui pengertian manusia (Filipi 4:7).
  • Keadilan dan Keselamatan: Yesus datang untuk menegakkan keadilan dan membawa keselamatan bagi umat manusia. Ia mengalahkan kuasa dosa dan kematian, dan menawarkan pengampunan dan pemulihan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya. Contoh dari Yesus dalam menegakkan keadilan dan membawa keselamatan:
    * Yesus mengajar dengan hikmat dan kuasa tentang kasih kepada Allah dan sesama manusia, termasuk mengasihi musuh (Matius 5:44). Yesus juga menekankan pentingnya keadilan sosial dan kepedulian terhadap orang miskin dan tertindas (Lukas 4:18-19) lalu menantang sistem yang menindas dan menegur para pemimpin agama yang munafik (Matius 23).
    * Perbuatan Yesus seperti menyembuhkan orang sakit, mengusir roh jahat, dan membangkitkan orang mati (Markus 1:34, 5:22-43, Yohanes 11:1-44). Yesus juga memberi makan orang lapar dan membantu orang yang membutuhkan (Matius 14:15-21, Lukas 14:12-14) disamping bergaul dengan orang-orang yang dikucilkan dan ditolak oleh masyarakat (Matius 9:9-13).
    * Yesus rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia (Yohanes 3:16). Dia bangkit dari kematian, mengalahkan kuasa dosa dan maut (1 Korintus 15:3-8). Kebangkitan Yesus menandakan kemenangan keadilan dan keselamatan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya (Roma 8:1).
    * Kesaksian Para Pengikut Yesus memberitakan Injil dan membawa pesan keselamatan kepada seluruh dunia (Kisah Para Rasul 1:8) setelah mengalami kuasa Roh Kudus dan melakukan banyak mujizat (Kisah Para Rasul 2:43, 4:30). Mereka rela menderita dan bahkan mati demi iman mereka kepada Yesus (Kisah Para Rasul 7:54-60).
  • Pengharapan dan Pemulihan: Kedatangan Yesus membawa harapan baru bagi dunia yang penuh dengan penderitaan dan ketidakadilan. Ia menawarkan pemulihan hubungan dengan Allah dan sesama manusia, serta menjanjikan masa depan yang penuh kedamaian dan kebahagiaan. Contohnya:
    * Manusia terlahir dengan dosa dan terpisah dari Allah. Yesus datang ke dunia untuk mati di kayu salib sebagai korban penebusan dosa. Kematian-Nya memungkinkan manusia untuk diampuni dosa-dosanya dan berdamai dengan Allah. Hal ini memberikan harapan baru bagi manusia untuk hidup kekal di surga.
    * Kematian Yesus di kayu salib tidak sia-sia. Dia bangkit dari kematian pada hari ketiga, mengalahkan kuasa dosa dan kematian. Kebangkitan Yesus memberikan jaminan kepada manusia bahwa mereka pun akan bangkit pada akhir zaman dan hidup kekal bersama Allah.
    * Dosa telah merusak hubungan manusia dengan Allah dan dengan sesama manusia. Yesus datang untuk memulihkan hubungan ini. Dia mengajarkan manusia untuk mengasihi Allah dan sesama manusia. Dia juga memberikan contoh teladan tentang bagaimana hidup dalam kasih dan pengampunan.
    * Yesus datang untuk membawa kedamaian dan keadilan bagi dunia. Dia mengajarkan manusia untuk hidup damai dengan sesama manusia dan untuk memperjuangkan keadilan bagi semua orang. Dia juga memberikan contoh teladan tentang bagaimana hidup dalam kasih dan kepedulian terhadap orang lain.

Sebagai "Surya Kebenaran atau Matahari Kebenaran" maka Yesus memiliki peran yang sama dengan Allah. (Mazmur 84:12) Matahari kebenaran bila dikaitkan dengan gereja sebagai tubuh Kristus maka Yesus memiliki peran sangat penting, seperti:
  • Yesus adalah sumber terang yang menerangi jalan kebenaran dan menyingkapkan kegelapan dosa dan ketidaktahuan. Ajaran dan teladan hidup Yesus menunjukkan jalan menuju keselamatan dan kehidupan kekal. Gereja, sebagai pengikut Yesus, dipanggil untuk menyebarkan terang Injil dan menjadi terang bagi dunia.
  • Yesus memberikan kekuatan dan semangat bagi gereja sebab menjadi sumber energi dan kehangatan. Dia adalah sumber kehidupan dan kekuatan yang menopang gereja dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.
  • Yesus, sebagai "Matahari Kebenaran", membantu gereja untuk bertumbuh dalam iman dan kasih. Dia memelihara gereja dan membantunya untuk menghasilkan buah Roh Kudus.
  • Seperti matahari yang menyatukan planet-planet dalam tata surya, Yesus menyatukan umat-Nya dalam gereja. Dia adalah kepala gereja dan sumber kesatuan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya.
  • Matahari melambangkan harapan dan masa depan yang cerah. Yesus, sebagai "Matahari Kebenaran", memberikan harapan bagi gereja dan menjanjikan masa depan yang penuh kedamaian dan kebahagiaan.
Yesus menjadi surya kebenaran berlaku efektif dan nyata dalam kehidupan sehari-hari bila kita menghormati dan takut akan TUHAN. Bila mencintai ketetapan TUHAN dan percaya kepada janji-janji-Nya yang membuat hidup bersukacita dalam pengharapan maka Kristus akan menjadi matahari kebenaran yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Yesus akan memperlihatkan dan memunculkan kebenaran pada waktunya.



Tulisan lainnya:
TUHAN Matahari Kekal Dan Sejati
Allah Itu Benar
Kebenaran Yang Memerdekakan
Kemuliaan Yesus Kemuliaan Allah
Terang Bersinar Dalam Kegelapan
Yesus Terang Dunia


×
Berita Terbaru Update