-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Strategi Yakub Berjumpa Dengan Esau Serta Campur Tangan Allah

Selasa, 26 September 2017 | September 26, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-02T19:27:26Z
Kejadian 32:21 Jadi persembahan itu diantarkan lebih dahulu, tetapi ia sendiri bermalam pada malam itu di tempat perkemahannya.

Setelah meninggalkan Laban dengan membawa ternak yang banyak, Yakub melanjutkan perjalannya ke Kanaan dan bertemu dengan malaikat-malaikat Allah. ( Kejadian 32:1) di Mahanaim tetapi Yakub bermalam seberang sungai Yabok. Mahanaim kira-kira dua puluh lima mil dari Yabok.

Barnes' Notes on the Bible mencatat Yakub bertahan di malam hari di perkemahan, tidak jauh dari sungai Yabok, dia memilih dan mengirimkan/ memberikan Esau hadiah berharga lima ratus lima puluh ekor ternaknya. "Benda yang ada di tangannya," menjadi miliknya.

Di Kejadian 32, tergambar “Yakub takut bertemu dengan Esau“, karena Yakub pernah menipu Esau 2 kali sebelumnya (Kejadian 27:36):
Karena kedua hal tersebut, Esau sangat dendam dengan Yakub dan berniat untuk membunuhnya suatu hari kelak (Kejadian 27: 41). Karena itulah Yakub begitu takut untuk bertemu kembali dengan Esau, kakak kandungnya yang pernah ia tipu.

Pada malam itu, Yakub terbangun lalu membawa kedua isterinya, kedua budaknya serta anak-anaknya menyerang sungai Yabok, kemudian menyeberangkan juga segala miliknya. Terlihat bahwa Yakub meskipun pada pagi sampai petang telah melakukan serangkaian kegiatan dalam menghadapi Esau yaitu:
  • Yakub berdoa, dia meminta supaya Tuhan melepaskannya dari tangan Esau (32:11) Permintaan Yakub itu ia landaskan pada: · 
    • 32:9 Tuhan yang menyuruh dia pulang kepada sanak saudaranya, dan Tuhan berjanji akan berbuat baik kepadanya.
    • 32:10 - kasih dan kesetiaan Allah [NIV: kindness and faithful­ness (= kebaikan dan kesetiaan)].  ·
    • 32:12 - janji Tuhan bahwa ia akan mendapatkan banyak keturunan (bdk. Kej 22:17 dan Kej 28:3,14). Kalau sekarang Esau membasmi Yakub dan anak-anaknya, maka tentu janji Tuhan itu tidak akan digenapi.
  • Yakub mengusahakan berdamai dengan Esau, melalui
    • 32:7b-8 - ia membagi pasukannya menjadi 2, dengan pemikiran bahwa kalau yang satu diserang, maka yang lain masih bisa selamat.
    • 32:13b-21 - ia memberi persembahan untuk Esau (bdk. Amsal 21:14).
Meskipun Yakub telah berdoa dan mengatur strategi dalam berjumpa dengan Esau, Yakub masih diliputi ketakutan sehingga Allah campur tangan untuk mengubah Yakub menjadi Israel melalui pergumulan dengan Allah.
Referensi teks ditemukan di kitab Hosea 12:3-4: “Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah. Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya…“ Apa maksud dengan kedua – duanya (bergumul dengan Allah dan juga dengan malaikat) ?
  • Secara fisik (JASMANI) Yakub bergumul DENGAN MALAIKAT.
  • Namun secara batin (ROHANI) Yakub bergumul DENGAN ALLAH.
Pergumulan dengan Tuhan merubah Yakub menjadi Israel sebelum berjumpa dengan Esau. Pergumulan itu dikisahkan dalam Kejadian 32 adalah:
  • 24b Yakub bergumul dengan seseorang. · 
  • 25 Orang itu tidak bisa mengalahkan Yakub, tetapi akhirnya ia memukul sendi Yakub sehingga terpelecok. Ini menunjukkan: 
    • Orang itu bukannya tidak bisa menang, tetapi tidak mau menang. Pulpit Commentary berpendapat  Allah sering menyertai pengayaan rohani dengan kerugian yang bersifat materi dan sementara, untuk menunjukkan dengan jelas kedaulatanNya sendiri dan untuk menjaga agar orang suciNya tetap rendah hati). Bdk. 2Kor 4:16 2Kor 12:7-10. · 
  • 26a - pada waktu fajar menyingsing, orang itu ingin pergi. Editor dari Calvin’s Commentary berkata bahwa alasannya untuk mau pergi adalah: Allah tidak mau pergulatan itu disaksi­kan orang lain. · 
  • 26b - bahwa Yakub minta berkat menunjukkan bahwa ia sadar akan keilahian ‘orang’ itu (bdk. 32:30). Yakub bertekun dengan gigih sampai ia mendapatkan apa yang dimintanya.
  • 27-28a - nama Yakub diubah menjadi Israel, yang artinya adalah: having power with God (= mempunyai kekuatan dengan Allah) atau God’s fighter (= pejuang Allah). · 
  • 28 ‘engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang’.Ada juga yang mengartikan: engkau telah bergumul dengan Allah dan engkau menang, karena itu engkau pasti juga akan menang dalam bergumul dengan manusia. · 
  • 29 - Yakub minta diberitahu nama orang itu, tetapi orang itu menolak memberi tahu. Ini menunjukkan bahwa Allah tidak selalu mau menjawab pertanyaan kita untuk memuaskan rasa ingin tahu kita. ·

Dari pergumulan ini Allah ingin merubah sifatnya yang jelek dan sekaligus memperkuat yang baik. Untuk itu Allah sengaja menyuruh Yakub pulang menghadapi Esau dan di dalam ketakutannya, Yakub tidak memiliki jalan lain… ia harus bergumul dengan Allah (ia harus mengadakan pemberesan rohani).
Dengan MEMBUAT PANGKAL PAHANYA TERPELECOK Allah ingin MENGAJARKAN Yakub untuk tidak lagi bergantung kepada dirinya sendiri, dan mulai hari itu BERGANTUNG SEPENUHNYA KEPADA ALLAH.
Di Kejadian 32:10 ditulis “… sebab aku membawa tongkatku ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi 2 pasukan“.

Setelah ada pemberesan rohani dan perubahan maka tertulis dalam Kejadian 33:2-3 “Ia menempatkan budak-budak perempuan itu beserta anak-anak mereka di muka, Lea beserta anak-anaknya di belakang mereka, dan Rahel beserta Yusuf di belakang sekali. Dan ia sendiri berjalan di depan mereka dan ia sujud sampai ke tanah tujuh kali,hingga ia sampai ke dekat kakaknya itu.”

Terlihat bagaimana Yakub menjadi seorang pribadi yang bertanggung jawab, berani menghadapi tantangan, dan memiliki kerendahan hati untuk mengakui kesalahannya di masa lalu. Inilah ciri – ciri dari seorang pria sejati.
×
Berita Terbaru Update