-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kebijakan Pendelagasian Musa

Rabu, 09 Mei 2018 | Mei 09, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-07T20:37:16Z
Keluaran 18:26: "Mereka ini mengadili di antara bangsa itu sewaktu-waktu; perkara-perkara yang sukar dihadapkan mereka kepada Musa, tetapi perkara-perkara yang kecil diadili mereka sendiri"

Musa seorang pemimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Dalam kepemimpinan Musa, Israel melakukan perjalanan dari Mesir ke Tanah Perjanjian dengan berputar-putar di padang gurun. Musa yang membawa jutaan orang keluar dari Mesir dan melakukan perjalanan pengembaraan, adalah suatu pekerjaan besar.

Jumlah orang yang berjalan dan mengembara telah memenuhi persyaratan pembentukan suatu negara, dan perjalanan ini adalah sebuah berita yang mengejutkan bagi bangsa-bangsa disekitarnya. Perjalanan yang melibatkan jutaan orang melakukan migrasi, memerlukan seorang administratur dan kepemimpinan yang kuat. Musa dengan pertolongan Tuhan melakukan berbagai terobosan penting di jaman tersebut.

Musa mendelegasikan pekerjaannya untuk mengatur bangsa Israel. Perhatikan Keluaran 18:21. Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang. Pendelegasian ini melengkapi pendegelasian dasarkan suku / keturunan Israel. [Terlebih-lebih bila melihat pembagian tanah perjanjian maka wilayah tanah perjanjian dibadi berdasarkan suku Israel.]

Musa diperhadapkan untuk mencari orang yang dapat diberi pekerjaan yang menjadikan mereka pemimpin sekalipun mereka bukanlah seorang pemimpin. Mereka semuanya berlatar belakang budak sehingga ada alasan untuk tidak memberikan pendelegasian.
Saat ini umumnya, para pemimpin dalam organisasi Kristen atau non Kristen berkeyakinan bahwa mereka tidak memiliki cukup staf. Beberapa organisasi lain berkeyakinan bahwa mereka harus bekerja dengan orang-orang yang kurang terampil dan berpengalaman. Semua itu cenderung membuat para pemimpin menjadi seorang pemberi tugas dan tanggung jawab yang buruk.

Delegasi bukanlah menyerahkan tugas yang memang telah menjadi tanggung jawab seseorang. Delegasi adalah menyerahkan sebagian dari tugas Anda kepada orang lain. Jika Anda adalah pemimpin, maka bidang tugas dan tanggung jawab pasti sangat melebihi kapasitas Anda untuk dapat mengerjakan semuanya sendiri. Sebagian dari tugas dan tanggung jawab Anda harus diserahkan. Musa sekalipun menyerahkan tugas melalui pendelegasian tetapi tidak menyerahkan tanggung jawab utamanya.
Musa medelegasian dalam memutuskan persoalan yang diributkan oleh orang Israel, tetapi tetap memegang keputusan yang bersifat strategis, penting dalam pengembaraan menuju tanah perjanjian.

Jika Anda merasa bahwa Anda kurang baik dalam menyerahkan tugas dan ingin menjadi lebih baik dalam hal tersebut, mulailah dengan membuat daftar berisi seluruh tugas yang Anda yakin bisa diserahkan. Kemudian, analisa orang-orang yang mungkin bisa Anda serahi tugas. Tulis dengan jelas tentang apa harus dilakukan orang tersebut. Hubungi orang yang Anda pilih untuk diserahi tugas demi mengetahui apakah ia bersedia dan mampu melakukan tugas tersebut. Buat daftar tugas yang Anda serahkan dan tetapkan kapan Anda akan memeriksanya, baik secara formal dan informal. Secara pribadi, buatlah catatan/grafik pelaksanaan delegasi tugas. Catatan itu akan membantu Anda untuk memilih orang-orang yang melakukan tugas dengan baik dan yang tidak baik.

Musa memberikan prinsip dasar dalam memilih orang menjabat tugas / orang yang menerima pendelegasian. Prinsip itu adalah mencari orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap (Keluaran 18:21). Mendapatkan orang yang dicari, bukanlah akhir dari pendelegasian. Musa juga harus lebih konsentrasi untuk melakukan peran mewakililah bangsa Israel di hadapan Allah dan kauhadapkanlah perkara-perkara mereka kepada Allah. Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan. (Keluaran 18:19-20)

Pendelegasian adalah mutlak dalam setiap organisasi yang berkembang. Melangkahlah bersama-sama orang pilihan Anda untuk mengembangkan organisasi Anda. Kepemimpinan Anda yang dapat mendelegasikan dengan tepat, benar akan sangat berarti bagi Anda, Orang kepercayaan dan organisasi itu sendiri. Pendelegasian yang tepat membawa berkat bagi banyak hal.

×
Berita Terbaru Update