-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sikap Allah Terhadap Sodom dan Gomora

Kamis, 11 Oktober 2018 | Oktober 11, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-02T20:34:51Z
Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu." Kejadian 18:32

Abraham setelah mendapatkan peneguhan dari Tuhan akan memiliki keturunan dari istrinya maka ia pun mendapatkan mandat untuk hidup menurut jalan Tuhan. Abraham, anak dan keturunannya. (Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya." Kejadian 18:19)

Abraham yang mendapatkan ketetapan Tuhan untuk hidup menurut jalan Tuhan dibawa Tuhan mengetahui keberadaan Sodom dan Gomora yang melakukan jahat di mata Tuhan dan Tuhan menyatakan kepada Abraham bahwa Sodom dan Gomora akan dihukum.

Abraham memiliki kenangan terhadap kota Sodom dan Gomora karena keponakannya yang bernama Lot tinggal disana. karena memilih menetap di Sodom agar usaha peternakannya lancar dan berhasil. Kelancaran usaha penduduk di Sodom dan Gomora menikmati kondisi geografi dan kekayaan alam yang subur sebagai sumber alam menuju keberhasilan sebenarnya sudah musnah saat raja Kedorlaome marah karena tidak membayar upeti sebagai negara taklukan dan Abraham yang masih bernama Abram karena pertolongan Tuhan dapat membebaskan negara Sodom dan Gomora dari kekuasaan bangsa asing.

Kemerdekaan Sodom dan Gomora tentu membuat uang dan investasi dapat bergulir dan berkembang tetapi dalam kemakmurannya mereka melupakan Tuhan yang membuat mereka merdeka dan menikmati kemakmuran tanpa dihimpit membayar upeti. Mereka bukan saja melupakan pertolongan Tuhan yang telah menyelamatkan namun melakukan pesta pora dan hubungan seks yang tidak wajar karena menolak hukum Tuhan dan lebih mengikuti kesenangan berdasarkan hati nurani yang kotor, rusak.

Abraham yang mengetahui betapa ngerinya hukuman Tuhan membuat dia berdoa dengan sungguh sungguh kepada Tuhan agar jikalau dapat dilalukan Sodom dan Gomora dari hukuman karena di sana ada orang yang hidup benar. Abraham yang telah menyaksikan bahwa orang Sodom telah mengenal pertolongan Tuhan memiliki harapan setidaknya ada 50 orang dari seluruh orang Sodom yang pernah menyaksikan penyelamatan dari Kedorlaome akan hidup benar namun sampai akhirnya Abraham mengetahui bahwa tidak sampai sepuluh orang yang mengikuti jalan dan petunjukan Tuhan.

Seandainya Lot yang telah berjalan bersama Abraham puluhan tahun termasuk para gembala yang puluhan tahun juga bersama sama dengan Abraham tetap hidup dalam pola hidup sama seperti mereka hidup bersama Abraham maka jumlah mereka dipastikan lebih dari sepuluh orang.

Kota Sodom dan Gomora telah merusak sikap mental para gembala Lot yang mengetahui hidup benar sehingga keputusan Allah hanya menyelamatkan keluarga inti Lot saja karena Lot tidak dapat mengubah dan atau mempengaruhi kehidupan Sodom dan Gemora bahkan karyawannya yang mengembalakan ternak ribuan terseret oleh pola hidup yang rusak dari penduduk Sodom. Hal ini menegaskan bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.

Sodom dan Gomora dihukum oleh Tuhan karena bila tidak, bukan saja para gembala yang bekerja pada tuan Lot yang menjadi rusak melainkan seluruh keluarga Lot bahkan Lot pun dapat rusak oleh pola kehidupan Sodom. Tuhan tidak menghendaki kejahatan menjadi-jadi setelah kuasa dan kemuliaan-Nya dinyatakan dan Tuhan juga ingin menyelamatkan keluarga Lot agar bebas dari jerat pergaulan dan kebiasaan yang buruk yang terjadi di Sodom dan Gomora yang melimpah dengan kekayaan alam yang subur dan memesona.

Tuhan memberkati Sodom dan Gomora dengan kesuburan yang luar biasa di kawasan tersebut di bandingkan daerah sekitar namun bila kesuburan menjadikan mabuk oleh kesenangan dan hidup melampiaskan nafsu bahkan terjerumus dalam dosa berat, hidup dalam kefasikan maka daerah yang subur dihukum Tuhan menjadi tempat yang sunyi dan mati.

Sodom dan Gomora adalah sejarah yang unik dan menjadi contoh bagi umat manusia untuk hidup benar, setia kepada Tuhan, hidup dalam hukum-Nya dan tidak larut dari kemabukan, hawa nafsu seks menyimpang ............ agar berkat dari Tuhan dapat dinikmati sampai ke generasi-generasi secara turun temurun dan penuh dangan ucapan syukur atas segala karunia yang telah Dia berikan.

×
Berita Terbaru Update