-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Benih Ilahi

Senin, 27 Maret 2017 | Maret 27, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-05T19:46:29Z
Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah // Πᾶς ὁ γεγεννημένος ἐκ τοῦ Θεοῦ ἁμαρτίαν οὐ ποιεῖ, ὅτι σπέρμα αὐτοῦ ἐν αὐτῷ μένει· καὶ οὐ δύναται ἁμαρτάνειν, ὅτι ἐκ τοῦ Θεοῦ γεγέννηται. ( 1 Yohanes 3:9)

Penulis Kitab Yohanes mengungkapkan adanya benih Ilahi, yang sejak Kitab Kejadian telah diberitahuan kepada Adam dan Hawa,yaitu:
“Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya” (Kejadian 3:15)

Benih yang akan mengalahkan ular yang menyebab Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa dijanjikan dimana pada waktunya sudah genap, Firman mengenakan daging meremukan kepala ular, segala kekuatan iblis dengan segala kemampuannya dikalahkan, Yesus sang Firman tetap hidup dalam kekudusan,mengampuni dengan penuh kasih setiap orang yang berbuat jahat...... bangkit mengalahkan kuasa dosa dan sengat maut.

Wiktionary menyatakan benih adalah:
  1. Biji atau buah yang disediakan untuk ditanam atau disemaikan:
    Yang akan dijadikan benih haruslah buah yang baik dan cukup tua
  2. Bibit atau semaian yang akan ditanam:
    Benih cengkih itu sebaiknya dipindahkan setelah setengah meter tingginya
  3. Sperma untuk bibit pengembangbiakan ternak dsb.:
    Benih sapi pejantan unggul dapat disimpan lama di tempat yang bersuhu dingin; benih penyakit cacar
  4. Sesuatu yang menjadi sebab; asal mula:
    Ucapan yang kasar dapat menjadi benih perkelahian
  5. Seturunan; turunan; asal
  6. Sesuatu yang akan tumbuh atau akan menjadi:
    Benih penyakit cacar
Menurut Sajad (1977) dalam konteks budidaya pertanian, adalah benih bukan biji/asal bibit sebab benih memiliki batasan khusus, yaitu sekurang-kurangnya:

Batasan struktural Proses pembentukan biji pada berbagai jenis tanaman tidak sama, baik disebabkan oleh faktor genetik maupun faktor lingkungannya.  Ketidaksempurnaan dalam proses pembuahan bakal biji akan mengakibatkan terbentuknya biji yang tidak sempurna.  Hal ini akan mengakibatkan produsen benih mengalami kerugian karena sasaran kuantitatif maupun kualitatif produksi tidak tercapai.
Batasan Fungsional Batasan Benih adalah biji tumbuhan yang digunakan oleh manusia untuk penanaman atau budidaya.  Sebagai contoh: gabah dan benih padi mempunyai bentuk fisik yang sama tetapi berbeda dalam fungsinya.  Gabah untuk diberaskan dan benih padi untuk disemaikan.
Batasan AgronomiBatasan Benih sebagai sarana budidaya pertanian mendasarkan pengertian bahwa di samping penggunaan sarana produksi lainnya yang maju maka benih yang digunakan harus memiliki tingkat kekuatan tumbuh dan daya kecambah yang tinggi sehingga mampu mencapai produksi secara maksimum.
Batasan TeknologiBatasan teknologi memberikan pengertian kepada benih sebagai kehidupan biologi benih. Benih tegasnya suatu tanaman mini yang tersimpan baik di dalam suatu wadah dan dalam keadaan istirahat.  Materi yang membentuk kulit biji ada berbagai ragam.  Perlakuan teknologi sangat penting untuk menyelamatkan benih dari kemunduran kualitasnya dengan memperhatikan sifat-sifat kulit bijinya.  Benih juga harus diusahakan semurni mungkin bagi suatu varietas yang disebutkan.  Batasan ini merupakan batasan teknologi yang membatasi bidang teknologi benih agar tidak berbuat ceroboh dalam menangani benih.

Persyaratan Benih
Benih yang baik harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Benih utuh, artinya tidak luka atau tidak cacat.
  • Benih harus bebas hama dan penyakit
  • Benih harus murni, artinya tidak tercampur dengan biji-biji atau benih lain serta bersih dari kotoran.
  • Benih diambil dari jenis yang unggul atau stek yang sehat.
  • Mempunyai daya kecambah 80%.
  • Benih yang baik akan tenggelam bila direndam dalam air.
Kemampuan potensi lapang dari benih untuk keperluan budidaya diharapkan benih tidak hanya baik tapi juga mempunyai kekuatan tumbuh.  Ciri-ciri benih yang kuat sebagai berikut:
  1. Dapat tahan bila disimpan
  2. Berkecambah cepat dan merata
  3. Tahan terhadap gangguan mikroorganisme
  4. Bibit tumbuh kuat, baik di tanah yang basah maupun kering
  5. Bibit dapat memanfaatkan persediaan makanan dalam benih semaksimum mungkin sehingga dari bibit dapat tumbuh jaringan-jaringan yang baru
  6. Laju tumbuhnya tinggi
  7. Menghasilkan produksi yang tinggi dalam waktu tertentu.
Contoh benih yang tahan lama disimpan adalah labu yang disuga berusia 800 tahun tapi masih dapat tumbuh


Benih Ilahi sesuatu lahir dari Allah.  Gill's Exposition of the Entire Bible menyatakan setiap orang yang lahir dari Allah, .... Dalam arti kiasan dan spiritual; yang diregenerasi, atau lahir dari atas; yang dipercepat oleh kasih karunia Allah, dan telah Kristus terbentuk di dalamnya; yang dibuat mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan ciptaan baru dalam Kristus; yang kelahiran rohani tidak disebabkan laki-laki, dengan kekuatan dan kehendak manusia, tetapi kasih karunia Allah; dan berasal dari Bapa, yang kehendak-Nya dan rahmat-melahirkan jiwa lagi untuk harapan hidup, dan menyimpannya dengan permandian kelahiran kembali; dan juga kepada Kristus, yang mempercepat siapa ia akan, yang rahmat ditanam, dan citra dicap di dalamnya, dan dengan kebangkitan yang dari orang-orang yang mati melahirkan lagi; dan terutama, kepada Roh Allah, yang adalah penulis regenerasi, dan dari seluruh pengudusan: hidup bagi Allah dan kepada Kristus ......

Sebagaimana benih yang diproduksi untuk pertanian dan atau bidang lain seperti peternakan .... maka benih Ilahi sesuatu yang dipersiapkan dengan perencanaan yang sangat baik, dirawat dan dibentuk sehingga benih Ilahi itu bertumbuh dn menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!" Yesaya 43:7

Benih Ilahi itu menang atas dosa karena TUHAN telah janjikan mengaruniakan kemenangan sehingga kelak tidak berbuat dosa lagi ..... Sorga kekal tidak ada perbuatan dosa di sana dan benih Ilahi layak tinggal dalam kerajaan Allah sebab ada karunia Allah tinggal dalam standar kekudusan.

Kita umat manusia yang seluruhnya telah jatuh ke dalam dosa, dan memiliki benih dari "ular" tetapi TUHAN YESUS memberikan benih Ilahi bagi umat-Nya, sehingga sekalipun selama perjuangan melawan dosa sering kali jatuh bangun tapi kasih-Nya yang menjaga dan merawat benih Ilahi yang telah kita diterima mendapatkan rahmat pengampunan.

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan/ ( 1 Yohanes 1:8-9)

Hingga akhirnya suatu saat tidak berbuat dosa lagi. Benih Ilahi menang atas benih yang ditaburkan oleh si jahat.

Benih yang bertumbuh memerlukan makanan. Sebelum jadi kecambah bahkan telah menjadi tumbuhan selalu memerlukan makanan / zat gizi agar pada waktunya menghasilkan buah .....30 kali atau 60 kali bahkan 100 kali lipat. Benih Ilahi pun memerlukan makanan, yaitu antara lain:
  • Tetapi Yesus menjawab:"Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."(Matius 4:4)
  • Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya. (Yohanes 4:34)
  •  Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal. (1 Petrus 1:23)
Makanan untuk Benih Ilahi harus dimakan agar benih ilahi tumbuh besar dan kuat seperti potensi yang dimiliki benih Ilahi, dan segenap potensi benih Ilahi akan muncul saat benih itu telah berkecambah dan menjadi tunas, namun sebelum menjadi tunas maka benih itu harus disemaikan yang lazimnya gunakan media tanah dan dikuburkan. (1 Korintus 15:36-40)

15:36 Hai orang bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu.
15:37 Dan yang engkau taburkan bukanlah tubuh tanaman yang akan tumbuh, tetapi biji yang tidak berkulit, umpamanya biji gandum atau biji lain.
15:38Tetapi Allah memberikan kepadanya suatu tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya: Ia memberikan kepada tiap-tiap biji tubuhnya sendiri.
15:39Bukan semua daging sama: daging manusia lain dari pada daging binatang, lain dari pada daging burung, lain dari pada daging ikan.
15:40Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi.
Agar benih Ilahi hadir menjadi nyata dalam hidup kita sehingga dapat menang atas dosa maka kita harus mematikan benih dosa yang diwarisi oleh nenek moyang.


2 Kor. 5:4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup. 

Benih Ilahi telah dianugerahkan saat kita percaya kepada Yesus Kristus TUHAN, tetapi benih itu harus bertumbuh dengan memberikan makanan bagi benih dan berjuang mematikan benih kedagingan/keduniawian yang ada dalam diri kita agar pertumbuhan maksimal ...... Tuhan merawat kita dan membentuk agar benih Ilahi tetap ada dan terus bertumbuh karena kasih dan anugerah-Nya hingga suatu hari kelak mengenakan tubuh kemuliaan di sorga karena benih Ilahi menjadikan kita mengenakan tubuh kemuliaan suatu hari kelak dan bebas dari dosa.  




Tulisan lainnya:
Yesus Sang Biji Gandum
Ular Di Taman Eden
Perumpamaan Penabur
Allah Berfirman
Bahagia Saat Pencobaan
Memberi Yang Kudus Dan Berharga



×
Berita Terbaru Update