-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tinjauan Memasak Israel Kuno

Rabu, 26 September 2018 | September 26, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-04T21:00:36Z
olahlah bagiku makanan yang enak, seperti yang kugemari, sesudah itu bawalah kepadaku, supaya kumakan, agar aku memberkati engkau, sebelum aku mati. Kejadian 27:4

Berdasarkan Kejadian 18:2 -6; Hakim-hakim 6:19 maka Easton's Bible Dictionary berkesimpulan memasak bagi orang Ibrani dilakukan oleh nyonya rumah tangga sedangkan berdasarkan pendapat Herbert Lockyer, memasak adalah pekerjaan baik laki-laki dan perempuan pada zaman permulaan Alkitab (1 Samuel 8:13; 9:23,24) - laki-laki penyembelihan, serta memasak makanan hewan. Dan bila mengamati keluarga Ishak maka didapati bahwa Yakub kecenderungan memasak soup kacang merah ( hasil bumi nabati) sedangkan Esau memasak hewan buruan ( Hewani) namun mereka mengkonsumsi baik nabati maupun hewani.Konsumsi dua ragam sumber makanan menjadi enak karena rasa lapar, sehingga apa pun menjadi enak.

Esau yang lelah berburu namun tidak mendapatkan buruan ketika melihat kacang merah sangat terdorong menikmati kacang merah sekalipun cita-cita semula turut menikmati masakan dari hewan buruan sekalipun mungkin benar sejumlah penafsir yang menafsirkan bahwa Esau sangat menyukai yang merah-merah namun diduga lebih menyukai daging yang kemerahan.

Alkitab mencatat bahwa bangsa Israel dan daerah sekitarnya sudah sejak lama mengenal adanya dua kelompok bahan makanan, yakni nabati dan hewani. Makanan nabati. Kembali ke kebiasaan primitif, ada alasan untuk percaya bahwa secara umum, laki-laki vegetarian daripada pemakan daging (Kejadian 2:16; 3:2,6). Ilahi izin untuk makan daging hewan pertama kali diberikan kepada Nuh setelah air bah (Kejadian1:29 dengan 9:3). Tempat Kepala di antara bahan makanan yang digunakan adalah memasak gandum, jelai, tepung kasar, halus dan millet. Lalu ada dimakan "herbal" secara umum - "hal yang ditaburkan" (Kejadian 25:29,34; Bilangan 11:5; Yesaya 61:11,Yehezkiel 4:9) Lalu ada makanan dari pohon - "tanaman. segala macam pohon untuk makanan "(Imamat 19:23, Ayub 15:33) - seperti zaitun, ara, anggur, kurma, mulberry, kacang-kacangan, dll
Makanan Hewan. Awalnya, orang-orang dibatasi oleh hukum untuk memasak dan makan binatang dan burung dianggap sebagai "halal" (Imamat 11:2,3; Ulangan 14:4-20, 2 Samuel 12:4). Kambing,domba, rusa, rusa, ikan dan berbagai burung yang berharga.
Pasti koki profesional tidak banyak, seperti sekarang. Mayoritas orang, menjadi miskin, memasak makanan sendiri. Banyak dari kita memberkati Allah untuk seorang istri setia yang merupakan pembuat memasak yang baik. Seni memasak tradisonal kuno tidak dibawa ke kesempurnaan apapun seperti untuk industri jasa boga.

Beberapa binatang yang disembelih hanya untuk keperluan penyambutan orang istimewa atau pesta. Proses pada kesempatan tersebut tampaknya telah terpola sebagai berikut: - Pada kedatangan tamu, binatang itu, baik anak, domba atau sapi, disembelih, ( Kejadian 18:07 , Lukas 15:23 ) dengan memotong tenggorokan nya sehingga darah mungkin dicurahkan, ( Imamat 07:26 ) itu kemudian dikuliti, dan siap untuk baik dipanggang atau direbus. Dalam kasus yang pertama hewan itu diawetkan keseluruhan, ( Keluaran 0:46 ) dan baik dipanggang di atas api, ( Keluaran 12:08 ) dari kayu, ( Yesaya 44:16 ) atau mungkin dalam oven, terdiri hanya dari lubang yang digali di bumi / tanah, baik dipanaskan, dan ditutup-tutupi. Mendidih, bagaimanapun, adalah metode yang lebih biasa memasak.

Dalam perkembangannya hadir jasa layanan kuliner. Pada zaman awal antara memasak Ibrani diduga sejumlah penafsir dilakukan oleh nyonya rumah tangga ( Kejadian 18:02 -6; Hakim-hakim 6:19 ), dan proses itu sangat cepat dilakukan ( Kejadian 27:3 , 4, 9, 10).
Koki profesional yang kemudian dipekerjakan ( 1 Samuel 8:13 ; 09:23 ) bukan saja untuk lingkungan istana { Samuel berkata tentang mereka ketika raja muncul bahwa ia akan mengambil anak perempuan mereka untuk menjadi koki dan tuntutan kesempurnaan citra rasa, bentuk dll mulai tumbuh pesat. } namun bagi orang yang ekonomi menengah ke atas. Beberapa hewan, sebagai suatu peraturan, dibantai (selain pengorbanan), kecuali untuk tujuan keramahan ( Kejadian 18:07 , Lukas 15:23 ).

Israel sangat terikat oleh hukum Taurat yang membentuk suatu budaya memasak dan memakan tersendiri. Budaya halal dalam tradisi yang tergambar dalam memasak halal lebih dari sekedar menghindari produk daging babi, kelinci, unta dan atau yang haram.

Prosedur memasak adalah menyiapkan makanan halal melibatkan langkah-langkah tertentu yang diambil langsung dari Taurat. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda lebih memahami budaya Yahudi dan bagaimana menyiapkan makanan halal:
  • Pilih produk daging halal. Babi bukan satu-satunya jenis daging yang dilarang. Bahkan, tukang daging banyak Yahudi hanya menjual bagian depan hewan karena setengah bagian belakang berisi siatik saraf dan pembuluh darah, yang mungkin tidak dimakan. Sementara ini saraf dan pembuluh darah dapat dihapus, tenaga kerja sangat memakan waktu yang tukang daging memilih untuk tidak melakukannya. Menurut hukum-hukum halal, hewan yang memiliki kuku yang terbelah atau mengunyah kunyahan sendiri dianggap halal. hukum Kosher juga memungkinkan ikan tertentu dan unggas untuk dimakan, tapi kerang tidak diperbolehkan.
  • Tiriskan atau darah sate dari daging. Sebelum produk daging halal dapat dikonsumsi, mereka pertama kali harus kehabisan darah mereka. Darah juga dapat dihapus melalui panas sekali atau perendaman dan pengasinan daging. Proses ini biasanya dijaga oleh tukang daging halal, tetapi jika seorang tukang daging halal tidak tersedia, langkah ini akan diserahkan kepada koki.
  • Siapkan daging menggunakan bahan-bahan halal. Daging produk tidak dapat dibuat dengan susu. Sebagai contoh, cheeseburger tidak halal. Sebaliknya, produk daging harus siap dengan memproduksi atau biji-bijian. Sangat penting untuk dicatat bahwa daging juga dapat dipersiapkan dengan ikan dan telur. Jika Anda lebih memilih susu, bahan ini juga dapat dibuat dengan susu. Hal penting untuk diingat adalah untuk tidak mencampur susu dan daging.
  • Gunakan peralatan masak terpisah dan untuk resep daging dan susu. Ketika menyiapkan makanan halal, Anda akan memiliki satu set peralatan dan masak untuk susu dan satu untuk daging. Item yang digunakan untuk membuat kedua jenis makanan tidak harus datang dalam kontak dengan tipe lainnya. Sebagai contoh, Anda tidak bisa memasak steak di wajan yang Anda gunakan untuk membuat saus krim.
  • Sajikan daging dan unggas dengan biji-bijian dan sayuran, tetapi tidak pernah susu. Tidak hanya itu melanggar hukum halal untuk mempersiapkan produk daging dengan susu, tetapi Anda juga harus menghindari melayani mereka di meja yang sama. Bahkan, halal hukum menyatakan bahwa Anda harus menunggu 3 sampai 6 jam di antara makan daging dan susu. Petunjuk:
    • Anda harus memiliki satu set hidangan untuk kedua produk daging dan susu.
    • Semuanya digunakan untuk menyiapkan dan melayani hidangan daging dan susu harus dicuci di sink terpisah [dishpans].
    • Anda tidak dapat mencuci sepotong alat masak yang telah digunakan untuk mempersiapkan daging dan kemudian menggunakannya untuk susu. Anda harus memiliki dua set terpisah.
    • Memasak juga adalah bagian dari ibadah korban di Israel. Contoh populer adalah ibadah paskah. Anak domba Paskah itu dipanggang di atas api ( Keluaran 12:08 , 9; 2 Tawarikh 35:13 ). Memasak dengan merebus adalah metode yang biasa diterapkan ( Imamat 8:31 , Keluaran 16:23 ).
Tidak memasak berlangsung pada hari Sabat ( Keluaran 35:3 ). Memasak korban memiliki aturan tersendiri, contoh: lemak harus di persembahkan kepada Tuhan, hewan yang diharuskan ditumpas.

Saat ini makin beragamnya produk bahan makanan dan hadirnya aneka bahan kalengan, fast food dll membuat budaya pengolahan makan berkembang dan makin heterogen terlebih lebih hadirnya perkembangan teknologi memasak modern.

×
Berita Terbaru Update