-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Manusia dan Air Mata

Jumat, 31 Maret 2017 | Maret 31, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-07T18:27:07Z
Dan Ia akan menghapus segala air mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." // καὶ ἐξαλείψει πᾶν δάκρυον ἐκ τῶν ὀφθαλμῶν αὐτῶν, καὶ ὁ θάνατος οὐκ ἔσται ἔτι, οὔτε πένθος οὔτε κραυγὴ οὔτε πόνος οὐκ ἔσται ἔτι· ὅτι τὰ πρῶτα ἀπῆλθαν.Wahyu 21:4

Teks di atas mengisahkan keadaan Sorga dengan tubuh kemuliaan yang tidak mengenal air mata, sebab air mata sesuatu yang lenyap karena air mata adalah bagian masa lalu, saat berada di bumi. Di bumi ini manusia tidak dapat dilepaskan dengan air mata dan air mata adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia yang memiliki tubuh jasmani seperti yang dikenal dalam dunia kesehatan. 


Aquaticape.com menyatakan "Air mat adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi (bahasa Inggris: lacrimation atau lachrymation (dari bahasa Latin lacrima, artinya "air mata") untuk membersihkan dan melumasi mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kembanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata.

Air mata dapat dibedakan menjadi:

KategoriKeterangan
Air mata basal (basal tears)Pada mata mamalia yang sehat, kornea selalu dibasahi dan diberi makanan oleh basal tears, yang melumasi dan membantu membersihkannya dari debu. Air mata mengandung air, mucin, lemak, lysozyme, lactoferrin, lipocalin, lacritin, immunoglobulin, glukosa, urea, natrium, dan kalium. Beberapa zat dalam cairan mata (lacrimal fluid) (seperti lysozyme) melawan infeksi bakteri sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh (immune system). Lysozyme bekerja dengan melarutkan lapisan pembungkus luar bakteri tertentu, disebut peptidoglycan. Air mata merupakan cairan tubuh biasa dengan kandungan garam yang mirip dengan plasma darah. Biasanya, dalam waktu 24 jam, disekresi 0,75 sampai 1,1 gram (0,03–0,04 ons avoirdupois) air mata; laju ini menurun dengan pertambahan usia." {eye, human."Encyclopædia Britannica from Encyclopædia Britannica 2006 Ultimate Reference Suite DVD 2009}.
Air mata refleks (reflex tears)Jenis kedua ini dihasilkan dari iritasi mata oleh bahan asing, atau dari kehadiran zat yang mengiritasi misalnya uap bawang, gas air mata, atau spray merica di sekitar mata, termasuk kornea, konjunctiva, atau mukosa hidung (nasal mucosa). Juga muncul dengan cahaya terang atau rasa pedas di lidah dan mulut. Dihubungkan dengan muntah, batuk, dan menguap. Air mata refleks ini berusaha membilas zat pengiritasi yang berkontak dengan mata. {"eye, human."Encyclopædia Britannica from Encyclopædia Britannica 2006 Ultimate Reference Suite DVD 2009}.
Air mata emosi tangisan (crying, weeping atau psychic tears)Jenis ketiga yang disebut air mata tangisan merupakan peningkatan lakrimasi karena tekanan emosi yang kuat, kemarahan, penderitaan, kedukaan atau kesakitan tubuh. Biasanya tidak muncul saat otak memberi respons "lawan-atau-lari" (fight-or-flight response) karena sistem syarat simpatetik menghalangi lakrimasi. Keluarnya tidak hanya pada saat emosi negatif, karena banyak orang menangis saat sangat gembira. Pada manusia, "air mata emosi" (emotional tears) dapat diiringi wajah yang memerah dan senggukan (seperti batuk), pernafasan tersengal, kadang melibatkan kekejangan di bagian atas tubuh. Air mata yang keluar karena emosi mempunyai susunan kimia yang berbeda dengan air mata untuk melumasi. Air mata emosi mengandung lebih banyak hormon berbasis protein, yaitu prolactin, hormon adrenokortikotropik, dan leucine enkephalin (penahan sakit alamiah) daripada air mata basal dan refleks. Sistem limbik (limbic system) dilibatkan dalam produksi dorongan emosi dasar, seperti marah, takut, dan sebagainya. Secara spesifik, hipotalamus dari sistem limbik, juga berperanan mengatur sistem otonomik. Cabang parasimpatetik dari sistem syaraf otonom mengatur kelenjar air mata lewat neurotransmiter asetilkolin melalui baik reseptor nikotinik dan muskarinik. Saat reseptor ini diaktifkan, kelenjar air mata dirangsang untuk mengeluarkan air mata. {ScienceIQ.com}


Alkitab menjelaskan bahwa hanya di bumi dimana manusia yang kehilangan kemuliaan sehingga tidak dapat mengenakan tubuh kemuliaan sorgawi yang menyebabkan dapat menangis terlebih-lebih adanya emosi manusia yang mempengaruhi.

Alice dari Universitas Colombia menjelaskan mengapa manusia kecenderungan dapat menangis, sebab adanya hormon-hormon keluar dari tubuh Anda. Lebih lanjut Alice menjelaskan antara lain:

Pendekatan Tiori
Penjelasan keluar air mata
Ilmu Biologi
Karena kita menekuk wajah berlebihan saat emosi
Karena kita mengeluarkan hormon
Ilmu Kimia
Adanya hormon endorphin dalam darah (endorphin berguna meningkatkan mood dan mengurangi sakit
Psikologi Sosial
Karena ingin diperhatikan dan didukung oleh orang lain
Salah satu bentuk usaha mengatasi situasi negatif
Psikologi
Karena kita menunjukkan kejujuran (menangis sangat sulit dibuat-buat; berpura-pura menangis sangat sulit)
Antrologi
Menangis adalah kecenderung salah satu bentuk luapan emosi manusia yang membedakan dengan makhluk lain.

Teks Alkitab di atas bahwa TUHAN di sorga kelak hapuskan air mata dan maut (kematian). Kematian dan air mata sesuatu yang dialami manusia di bumi. Perkembangan pengetahuan saat ini telah menemukan bahwa air mata adalah baik bagi manusia agar manusia dapat hidup lebih lama di bumi dan tidak alami kematian terlalu cepat.

Beliefnet, melaporkan manfaat menangis saat air mata tumpah keluar. Manfaat menangis yang sebagian orang dianggap keajaiban air mata bagi kesehatan, diantaranya adalah:

1. Membantu penglihatan
  • Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
  • Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood
  • Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun

  • Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.


5. Mengurangi stres

  • Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.


6. Membangun komunitas
  • Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
  • Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena kita bisa menangis meledak-ledak.
Air mata adalah bagian hidup manusia di bumi yang suatu saat akan lenyap bila bersama-sama dengan Tuhan dalam kemuliaan di sorga, sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

Selama kita ada di bumi, air mata kita berguna bagi diri kita, sesama dan sesuatu yang indah di mata TUHAN bila air mata kita tumpah karena sesuatu yang dapat menyenangkan hati Tuhan. Misal:
  •  Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya. ( Lukas 7:44)
  • Yeremia yang mengabdikan seluruh kitab Ratapan penuh dengan tangisan yang mendekatkan diri kepada Tuhan dan membuat pembaca sadar sekalipun air mata tidak dapat terbendung, kasih setia TUHAN selalu baru setiap hari. Besar kasih setia TUHAN.


Raja Salomo sang Pengkhotbah menyatakan “untuk segala sesuatu ada masanya… ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari” (Pkh. 3:1, 4).  Tangisan yang paling memilukan yang ditemukan dalam Alkitab bukanlah saat Rahel menangisi "anak-anaknya" karena pembunuh Herodes melainkan saat manusia menerima penghukuman kekal karena menolak tawaran penebusan dosa yang dilakukan Yesus Kristus saat kedatangan-NYA yang kedua semua manusia tiba-tiba menyadari ...... dan seluruh dunia meratap penuh tangisan saat pintu anugerah keselamatan telah ditutup....... Yesus telah bertindak sebagai hakim bagi seluruh umat manusa dan bukan lagi sebagai Juruselamat seluruh manusia dalam perjalanan lintasan waktu linear sejarah manusia.

Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
Matius 24:30

Manusia di bumi sulit menghindari ratapan tangisan dan merupakan bagian hidup manusia yang bermanfaat dan dapat menyenangkan hati Tuhan Allah, tetapi manusia dirindukan oleh PENCIPTA tidak alami tangisan kekal melainkan melupakan seluruh tangisan air mata di dalam Kerajaan Sorga. Yesus Kristus telah menawarkan keselamatan kekal yang akan menghapus air mata dalam keabadian dengan memberikan tubuh kemuliaan yang tidak dapat binasa.



Tulisan lainnya:
Biomimetik Daya Cipta Desain Pencipta
Gembala Yang Baik
Manusia Dan Makanannya
Pemeliharaan TUHAN
Hidup Berlimpah Menurut Injil Yohanes
Rahasia Kemuliaan Allah



×
Berita Terbaru Update