-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Firman Dalam Injil Yohanes Dan Perjanjian Lama

Selasa, 02 Mei 2017 | Mei 02, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-24T22:48:32Z
Injil Yohanes 1:1-3
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan

Injil Yohanes memberitahukan kepada kita, Firman yang menjadi manusia yaitu Yesus. Pribadi FIRMAN diperkenalkan kepada manusia sejak pra-eksistensinya. Menyingkapan bahwa DIA adalah Sang Pencipta yang bersama-sama dengan Allah. Penyingkapan bahwa Firman yang menjadi manusia, yakni Yesus adalah sesuatu inti berita Injil Yohanes.

Berita Yesus sebagai Firman adalah suatu proklamasi kebenaran tentang Firman sampai saat ini yang selalu menjadi topik pemberitaan yang meminta persetujuan atau penolakan dari pendengar dan pembaca.

Berita proklamasi sejak pra-eksistensinya. Bila perhatian antara lain:
  • Kejadian 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi
  • Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
Perjanjian Lama telah menyatakan bahwa Firman yang adalah Allah adalah Allah yang berfirman dan turut menjadikan segala sesuatu yang diutarakan kembali dalam Yohanes 1:3. Firman menjadi manusia. Dia datang memberikan kesaksian kepada manusia tentang segala sesuatu, terutama tentang Diri-Nya sendiri dan Allah yang disebut Bapa.
Beberapa nas dalam Injil Yohanes antara lain:
  • 8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."
  • 10:25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
  • 18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."
Firman menjadi manusia untuk bersaksi tentang kebenaran (18:37) dan juga tentang Diri-Nya (8:18) serta pekerjaan-Nya (10:25) dengan pernyataan bahwa Dia adalah utusan Bapa.
Apakah arti ini ? Mengapa Dia diutus Bapa untuk bersaksi tentang Diri-Nya dan Bapa? Bagaimanakah hubungan dengan memberikan kesaksian kebenaran dengan Kitab Perjanjian Lama?
  • Yeremia 1:4 Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
  • Yesaya 9:7 Tuhan telah melontarkan firman kepada Yakub, dan firman-Nya itu menimpa Israel
  • Yehezkiel 33:7 Dan engkau anak manusia, Aku menetapkan engkau menjadi penjaga bagi kaum Israel. Bilamana engkau mendengar sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka demi nama-Ku.
  • Amos 1:1 Perkataan yang dinyatakan kepada Amos, salah seorang peternak domba dari Tekoa, tentang Israel pada zaman Uzia, raja Yehuda, dan dalam zaman Yerobeam, anak Yoas, raja Israel, dua tahun sebelum gempa bumi.
Perjanjian Lama mencatat bahwa Firman itu menberikan suatu pernyataan. Pernyataan-Nya adalah Sabda yang berkuasa dan benar. Yesus datang bersaksi bahwa Dia datang sebagai Firman yang menjadi manusia agar manusia memahami dengan tepat bahwa tujuan-Nya berfirman kepada manusia adalah agar manusia selamat.


Dia Firman dengan penuh kewibawaan-Nya menyatakan bahwa Dia adalah:
  • Roti hidup.
    • Yohanes 6:35 Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.
  • Terang dunia
    • Yohanes 8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
    • Yohanes 9:5 Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia.
  • Pintu (bagi domba-domba)
    • Yohanes 10:7 Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.
  • Gembala yang baik
    • Yohanes 10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
    • Yohanes 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
  • Kebangkitan dan hidup
    • Yohanes 11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
  • Jalan, dan kebenaran dan hidup
    • Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku
  • Pokok anggur yang benar
    • Yohanes 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya

Aku adalah ... sebagaimana tertera di atas adalah sejajar dengan "Aku adalah Aku" yang mengutus Musa.
Keluaran 3:14
Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."
Westminster Leningrad Codex
וַיֹּ֤אמֶר אֱלֹהִים֙ אֶל־מֹשֶׁ֔ה אֶֽהְיֶ֖ה אֲשֶׁ֣ר אֶֽהְיֶ֑ה וַיֹּ֗אמֶר כֹּ֤ה תֹאמַר֙ לִבְנֵ֣י יִשְׂרָאֵ֔ל אֶֽהְיֶ֖ה שְׁלָחַ֥נִי אֲלֵיכֶֽם׃

Dia yang menyapa dengan firman-Nya melalui Musa, Ia kemudian datang sendiri menyampaikan pernyataan-Nya secara langsung kepada manusia.
  • Yohanes 1:9,10 berbunyi " Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya."
Firman yang menyapa manusia datang untuk menebus dan menjadi tebusan. Sebagai contoh, perhatikanlah sejumlah pernyataan, diantaranya :
  • Yohanes 5:34 tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan.
  • Yohanes 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.
  • Yohanes 1515:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
  • Yohanes 10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
  • Yohanes 10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali .
  • Yohanes 19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.
Firman itu datang untuk menebus manusia dari dosa sebab dosa tidak dapat masuk dalam kerajaan Sorga. Firman yang menebus adalah suatu yang telah dinyatakan dalam Perjanjian Lama. Diantaranya :
  • Mazmur 107:20 disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur.
  • Yesaya 55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!
  • Ayub 1919:25 Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.
Firman itu sebagai pribadi yang lain dari pada Allah tetapi hakikat-Nya sama dengan Allah. Hal serupa dapat dilihat antara lain:
  • Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu."
  • Yohanes 7:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
bandingkan misalnya:
  • Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.
Dan Firman turut menciptakan segala sesuatu. Firman adalah hidup.
  • Yohanes 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
  • Yohanes 8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.
  • Yohanes 11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.
  • Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Firman adalah terang adalah hidup karena Dia Pencipta dan Penyelamat. Terang yang bercahaya dalam kegelapan dimana kegelapan identik tidak memahami dan menguasai hidup yang sebenarnya, yakni terang. Firman telah menyapa manusia, termasuk kita.

Pilihan bagi kita adalah menerima Dia sebagai Firman atau menolak Dia sebagai Firman. Dengan menerima Dia sebagai Firman yang menyelamatkan, Mesias yang menderita dan menang atas penderitaan dan memberi hidup, kita ditawarkan kasih karunia yang menyelamatkan.
Mau?
×
Berita Terbaru Update