Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Senin, 18 September 2017

Yakub Meninggalkan Laban

Kejadian 31:13 Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu."

Yakub yang bernazar saat di Betel saat melarikan diri dari Esau akan penyertaan Tuhan sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. ( Kejadian 28:21 ) kini diingatkan oleh TUHAN Allah bahwa untuk kembali ke rumah ayahnya telah tiba. Yakub telah kaya dan disertai Tuhan sehingga kekayaannya bertambah banyak. Penyertaan Tuhan yang ajaib telah menjadikan Yakub dianggap telah mengambil segala harta Laban. ( Kejadian 31:1 ) Laban pun tidak lagi seperti yang sudah sudah,,,, karena pertolongan TUHAN ada upah bagi Yakub bekerja pada Laban yaitu domba yang berbintik-bintik / berloreng-loreng setelah sepuluh kali Laban mengubah upah Yakub. ( Kejadian 31:7 )

Berdasarkan Kejadian 31:38 maka setelah 20 tahun Yakub berada di ruah Laban barulah Yakub atas perintah Tuhan yang mengigatkan nazar Yakub untuk kembali ke rumah orang tuanya yaitu Ishak di Kanaan. mencatat perkataan Yakub kepada Laban, pamannya:
"Selama dua puluh tahun ini aku bersama-sama dengan engkau;"
Berikut adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi selama 20 tahun Yakub tinggal bersama Laban di kota Haran itu:
  • Tahun 0 - Yakub tiba di Haran, bertemu dengan Rahel dan Laban; mulai bekerja 7 tahun untuk memperistri Rahel. (Yakub berusia 76 tahun) 
  • Tahun 7 - Di akhir tahun ke-7 Yakub meminang Rahel, tetapi ditipu untuk menikahi Lea terlebih dulu, baru seminggu kemudian menikah dengan Rahel dan harus bekerja 7 tahun lagi untuk Laban. (Yakub berusia 83 tahun) 
  • Tahun 8 - Di awal tahun ini Yakub mulai bekerja 7 tahun lagi, dan setelah 9 bulan, Ruben dilahirkan oleh Lea (Yakub berusia 84 tahun) 
  • Tahun 9 - Simeon lahir dari Lea (Yakub berusia 85 tahun) 
  • Tahun 10 - Lewi lahir dari Lea (Yakub berusia 86 tahun) 
  • Tahun 11 - Yehuda lahir dari Lea,  Dan lahir dari Bilha. (Yakub berusia 87 tahun) 
  • Tahun 12 - Naftali lahir dari Bilha, Gad lahir dari Zilpa. (Yakub berusia 88 tahun) 
  • Tahun 13 - Asyer lahir dari Zilpa, Isakhar lahir dari Lea. (Yakub berusia 89 tahun) 
  • Tahun 14 - Zebulon dan Dina lahir dari Lea (Yakub berusia 90 tahun); 
  • di akhir tahun ini kemungkinan bertepatan dengan ulang tahun Yakub ke-91, Yusuf lahir dari Rahel. 
Yakub meminta izin Laban untuk pulang ke Kanaan, tetapi dibujuk untuk tinggal dan bekerja lagi untuk mendapatkan ternak.
  • Tahun 15 - Yakub mulai bekerja bagi Laban untuk mendapat ternak. (Yakub berusia 91 tahun) 
  • Tahun 20 - Setelah bekerja 6 tahun dan mendapatkan banyak ternak, 
Yakub diam-diam meninggalkan Haran. Setelah dikejar oleh Laban, mereka berpisah baik-baik dan Yakub berangkat pulang ke tanah Kanaan sebagaimana dicatat di pasal ini. (Yakub berusia 96 tahun)

Ada pula teori lain yang mengatakan bahwa Yakub tinggal di Padan-Aram selama 40 tahun: 20 tahun di rumah Laban, dan 20 tahun terpisah dari Laban. Hal ini berdasarkan atas kata-kata Yakub sendiri yaitu:
  • Selama dua puluh tahun ini aku bersama-sama dengan engkau; domba dan kambing betinamu tidak pernah keguguran dan jantan dari kambing dombamu tidak pernah kumakan. Yang diterkam oleh binatang buas tidak pernah kubawa kepadamu, aku sendiri yang menggantinya; yang dicuri orang, baik waktu siang, baik waktu malam, selalu engkau tuntut daripadaku. Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku jauh daripada tertidur. 
  • Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.
Dengan demikian Yakub diduga tiba di Haran pada usia 56-57 tahun, mempunyai anak perempuan Dina pada usia sekitar 70 sampai 76 tahun yang sepertinya merupakan anak terakhir. Kemudian, setelah 21 tahun, lahirlah Yusuf sebagai putra yang pertama dari istri kesayangannya, Rahel, ketika Yakub berusia usia 91 tahun, sehingga cocok dengan alasan mengapa Yakub lebih menyayangi Yusuf di pasal 37 yang berusia 5 tahun sedangkan usia kakak-kakaknya Yusuf sudah berusia di atas 20 tahun

Diantara kedua pendapat tersebut yang jadi masalah bila berada 20 tahun maka usia Yakub datang ke pada Laban adalah pada umur 76 sedangkan jika Yakub berada di haran selama 40 tahun usia Yakub datang ke rumah Laban pada waktu Yakub berusia 56 tahun dan dua-dua tiori ini sepakat bahwa Yakub ke luar dari rumah Laban pada saat berusia 96 tahun.

Setelah mendapatkan perintah Tuhan kembali ke Kanaan maka Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan istri-istrinya ke atas unta, digiringnyalah seluruh ternaknya dan segala apa yang telah diperolehnya, yakni ternak kepunyaannya, yang telah diperolehnya di Padan-Aram, dengan maksud pergi kepada Ishak, ayahnya di tanah Kanan. Setelah Rahel Dan Lea Berkata, " Perbuatlah Apa Yang Tuhan perintahkan, dan kami pergi bersamamu lagi pula Ayah kami memperlakukan seperti orang asing. Rahel menyempatkan diri mengambil patung berharga milik Laban dan menyembunyikan patung di karungnya.

Yakub berangkat saat mertuanya Laban telah pergi menggunting bulu domba-dombanya. Demikianlah Yakub lari dengan segala harta miliknya. Ia berangkat, menyeberangi Sungai Efrat dan berjalan menuju pegunungan Gilead. Setelah pada hari ketiga dikabarkan kepada Laban, bahwa Yakub telah lari, dibawanyalah sanak saudaranya bersama-sama, dikejarnya Yakub tujuh hari perjalanan jauhnya, lalu ia dapat menyusulnya di pegunungan Gilead.

Sekalipun Laban sudah marah terhadap Yakub, tetapi dia mendengar soara Tuhan 'Jagalah baik-baik, supaya engkau jangan mengatai Yakub dengan sepatah kata pun' (ayat 24). Di awal pertemuan antara menantu dan mertua ini ada pertengkaran "Lalu hati Yakub panas dan ia bertengkar dengan Laban. Yakub berkata kepada Laban : 'Apakah kesalahanku, apakah dosaku, maka engkau berburu aku sehebat itu?...(ayat 36) Namun di tengah pertengkaran, mereka selalu mengingat Tuhan sekalipun Laban kehilangan dewa-dewanya (Kej 31:30) karena dicuri Rahel. Laban beserta rombongan menggeledah seluruh kemah tetapi Rahel memasukkan ke pelana untanya dan menyatakan dirinya sedang haid sambil duduk di atas unta sehingga terafim tidak dijumpai. Yakub menyatakan dirinya tidak bersalah selama bertahun-tahun bersama dengan mertuanya, Laban.


Akhirnya mereka membuat perjanjian yang mengikat mereka di dalam perdamaian lalu membangun tugu sebagai saksi... Yakub kemudian mempersembahkan korban sembelihan dan Laban mencium cucu-cucunya dan anak-anaknya serta memberkati mereka. Laban kembali ke tempat tinggalnya dan Yakub beserta rombongan meneruskan perjalanannya ke Kanaan. (Kejadian 31:43-55)

Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)