Harun mengambil Eliseba, anak perempuan Aminadab, saudara perempuan Nahason, dari Suku Yehuda, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan baginya Nadab, Abihu,Eleazar dan Itamar. (Keluaran 6:23) Keempat putra Harun menjadi imam-imam untuk Kemah Suci. Nadab dan Abihu dihukum mati oleh Tuhan, sehingga kemudian jabatan imam-imam hanya diwariskan dari keturunan Eleazar dan Itamar.
Peran Harun dalam membantu Musa.
- Harun bertugas menjadi "nabi" atau jurubicara Musa baik bagi orang sebangsanya, maupun terhadap Firaun. Ia menjadi pembantu Musa dalam menunjukkan tanda-tanda mukjizat kebesaran Tuhan.. Harun berusia 83 tahun, ketika ia pertama kali menghadap Firaun bersama-sama Musa.
- Atas perintah Tuhan melalui Musa, Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan tongkat itu berubah menjadi ular yang menelan ular-ular buatan ahli-ahli sihir Mesir.
- Tuhan memerintahkan Musa untuk menyuruh Harun mengulurkan tangan dan tongkatnya ke atas segala air orang Mesir, ke atas sungai, selokan, kolam dan ke atas segala kumpulan air yang ada pada mereka, supaya semuanya menjadi darah, dan ada darah di seluruh tanah Mesir, bahkan dalam wadah kayu dan wadah batu.
- TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tanganmu dengan tongkatmu ke atas sungai, ke atas selokan dan ke atas kolam, dan buatlah katak-katak bermunculan meliputi tanah Mesir." Lalu Harun mengulurkan tangannya ke atas segala air di Mesir, maka bermunculanlah katak-katak, lalu menutupi tanah Mesir.
- Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukulkanlah itu ke debu tanah, maka debu itu akan menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir." Lalu mereka berbuat demikian; Harun mengulurkan tangannya dengan tongkatnya dan memukulkannya ke debu tanah, maka nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Segala debu tanah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir.
- Dalam perjalanan di padang gurun, bangsa Israel berperang melawan bangsa Amalek. Harun dan Hur memegangi lengan Musa yang mengangkat "tongkat Tuhan" supaya Israel menang (Keluaran 17:9).
- Meskipun Harun dianggap pembantu Musa, namun dalam Taurat tercatat 15 kali bahwa “Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun.” Jadi sebenarnya dalam kasus tertentu, dianggap lebih kurang setara.
Untuk menyelesaikan sengketa mengenai pengangkatan suku Lewi dan Harun untuk melayani Tuhan, maka Tuhan menyuruh setiap pemimpin suku-suku Israel meletakkan tongkatnya di dalam Kemah Pertemuan di hadapan tabut hukum,. Untuk suku Lewi, dituliskan nama Harun. Ketika Musa keesokan harinya masuk ke dalam kemah hukum itu, maka tampaklah tongkat Harun dari keturunan Lewi telah bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga dan berbuahkan buah badam. Kemudian Musa membawa semua tongkat itu keluar dari hadapan TUHAN kepada seluruh orang Israel; mereka melihatnya lalu mengambil tongkatnya masing-masing. Itulah tandanya bahwa TUHAN memilih Harun dan suku Lewi untuk melayaninya turun temurun. TUHAN berfirman kepada Musa: "Kembalikanlah tongkat Harun ke hadapan tabut hukum untuk disimpan menjadi tanda bagi orang-orang durhaka, sehingga engkau mengakhiri sungut-sungut mereka dan tidak Kudengar lagi, supaya mereka jangan mati."
Pada waktu suku Lewi dikhususkan menjadi pelayan Kemah Suci, Harun diurapi menjadi Imam Besar dengan jubah efod dan tugas khusus (Keluaran 28-29). Namun kemudian, anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, dihukum mati oleh Allah karena mempersembahkan bau-bauan asing (Imamat 10). Harun diberi sejumlah peraturan untuk pekerjaan imam (Keluaran 29), dan mengulangi ritual selama 7 hari, dimana Harun dan putra-putranya dipisahkan dari orang-orang lain. Pada hari ke-8, Imam Besar mempersembahkan korban dan memberkati bangsa Israel (kemungkinan besar dengan kata-kata seperti Bilangan 6:24-26), dan memasuki Kemah Suci bersama Musa. Setelah keluar, mereka memberkati bangsa itu, lalu tampaklah kemuliaan TUHAN kepada segenap bangsa itu. Dan keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan korban bakaran dan segala lemak di atas mezbah. Tatkala seluruh bangsa itu melihatnya, bersorak-sorailah mereka, lalu sujud menyembah (Imamat 9:23-24).
Harun dalam Peristiwa Miryan terkena kusta.
- Pada waktu bangsa Israel dalam perjalanan ke tanah Kanaan berhenti di Hazerot (sebelum menuju padang gurun Paran), Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush sebagai isteri. Ini merupakan dosa berbicara jelek Lashon hara (gosip atau mengatakan hal negatif tentang seseorang). Dengan alasan itu Miryam dan Harun berkata: "Sungguhkah TUHAN berfirman dengan perantaraan Musa saja? Bukankah dengan perantaraan kita juga Ia berfirman?" Dan kedengaranlah hal itu kepada TUHAN. Musa tidak berani membantah (dituliskan bahwa Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.)
- Lalu berfirmanlah TUHAN dengan tiba-tiba kepada Musa, Harun dan Miryam: "Keluarlah kamu bertiga ke Kemah Pertemuan." Maka keluarlah mereka bertiga. Turunlah TUHAN dalam tiang awan, dan berdiri di pintu kemah itu, lalu memanggil Harun dan Miryam; maka tampillah mereka keduanya. Berfirmanlah Ia: "Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi. Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku. Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?" Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap mereka, lalu pergilah Ia.
- Dan ketika awan telah naik dari atas kemah, maka tampaklah Miryam kena kusta (bahasa Ibrani: tzaraat), putih seperti salju. Ketika Harun berpaling kepada Miryam, dan dilihatnya bahwa Miryam kena kusta, lalu kata Harun kepada Musa: "Ah tuanku, janganlah kiranya timpakan kepada kami dosa ini, yang kami perbuat dalam kebodohan kami. Janganlah kiranya dibiarkan dia sebagai anak gugur, yang pada waktu keluar dari kandungan ibunya sudah setengah busuk dagingnya." Lalu berserulah Musa kepada TUHAN: "Ya Allah, sembuhkanlah kiranya dia." Tuhan menghukum Miryam selama 7 hari dikucilkan ke luar tempat perkemahan, kemudian bolehlah ia diterima kembali.
- Tzaraat adalah penyakit kulit yang biasanya diterjemahkan sebagai kusta, tetapi juga dapat berupa vitiligo atau kanker kulit. Menurut aturan Taurat, orang kena tzaraat adalah najis (tamei) (Imamat 13-14). Para Rabi penulis Talmud menulis bahwa karena Harun tidak menerima hukuman yang sama seperti saudara perempuannya, ia masih boleh melayani sebagai Imam Besar.
Korah bin Yizhar bin Kehat bin Lewi (sepupu Musa dan Harun) beserta Datan dan Abiram, anak-anak Eliab, dan On bin Pelet, ketiganya orang Ruben, mengajak orang-orang untuk memberontak melawan Musa, beserta 250 orang Israel, pemimpin-pemimpin umat itu, yaitu orang-orang yang dipilih oleh rapat, semuanya orang-orang yang kenamaan.
Maka mereka berkumpul mengerumuni Musa dan Harun, serta berkata kepada keduanya: "Sekarang cukuplah itu! Segenap umat itu adalah orang-orang kudus, dan TUHAN ada di tengah-tengah mereka. Mengapakah kamu meninggi-ninggikan diri di atas jemaah TUHAN?"
Sebenarnya Korah iri dengan jabatan Harun, meskipun sebagai orang Lewi, Korah boleh mendekatkan diri di hadapan Tuhan. Musa meminta Tuhan menjadi hakim. Tuhan menyuruh Musa, Harun dan keluarganya berdiri di satu sisi, sedangkan Korah beserta keluarga maupun teman-teman persekongkolannya berdiri di sisi lain.
Umat Israel diminta menjauhkan diri dari orang-orang itu. Maka terbelahlah tanah yang di bawah tempat kelompok Korah dan bumi membuka mulutnya dan menelan mereka dengan seisi rumahnya dan dengan semua orang yang ada pada Korah dan dengan segala harta milik mereka, demikianlah mereka dengan semua orang yang ada pada mereka turun hidup-hidup ke dunia orang mati; dan bumi menutupi mereka, sehingga mereka binasa dari tengah-tengah jemaah itu. Lagi keluarlah api, berasal dari pada TUHAN, lalu memakan habis 250 orang orang-orang yang mendukung Korah.
Keesokan harinya, bangsa itu bersungut-sungut kepada Musa dan Harun, maka turunlah tulah Tuhan. Segera Harun mengambil perbaraan, seperti yang dikatakan Musa, dan berlarilah ia ke tengah-tengah jemaah itu, dan tampaklah tulah telah mulai di antara bangsa itu; lalu dibubuhnyalah ukupan dan diadakannyalah pendamaian bagi bangsa itu. Ketika ia berdiri di antara orang-orang mati dan orang-orang hidup, berhentilah tulah itu setelah memakan korban 14.700 orang mati.
Kematian Harun
Harun, seperti Musa, tidak diizinkan masuk tanah Kanaan, karena kesalahan mereka di mata air Meriba, kota Kadesh. Setelah mereka berangkat dari Kadesh, sampailah segenap umat Israel ke gunung Hor, di perbatasan tanah Edom. Ketika itu imam Harun naik ke gunung Hor bersama Eleazar, putranya, dan Musa sesuai dengan titah TUHAN. Musa menanggalkan pakaian imam yang dipakai Harun dan mengenakannya kepada Eleazar.
Lalu matilah Harun di puncak gunung itu, kemudian Musa dengan Eleazar turun dari gunung itu. Ketika segenap umat itu melihat, bahwa Harun telah mati, maka seluruh orang Israel menangisi Harun tiga puluh hari lamanya. Harun mati pada tahun ke-40 sesudah orang Israel keluar dari tanah Mesir, pada bulan yang kelima, pada tanggal 1 bulan ke-5 (bulan Ab).(Bilangan 33:38)
Genetika Keturunan Harun
Keturunan Harun secara aturan Taurat Musa berhak menjabat imam besar, sehingga melahirkan studi genetika terhadap harun. tradisi yang Kohanim (imamat Yahudi) sebenarnya berasal dari satu kepala keluarga tunggal, Harun, ditemukan tampaknya konsisten dengan pengujian genetik .
Mayoritas orang Yahudi dengan tradisi yang Kohanim, tapi tidak semua, berbagi garis keturunan laki-laki langsung dengan umum kromosom Y , dan pengujian dilakukan di seluruh sektor dari populasi Yahudi untuk melihat apakah ada kesamaan antara-kromosom Y dari Kohanim. Hasilnya ditemukan untuk kluster lebih erat di sekitar tanda tangan DNA spesifik, ditemukan di Semit haplogroup J1 , yang para peneliti bernama haplotype modal Cohen , menyiratkan bahwa banyak Kohanim melakukan berbagi khas nenek moyang yang sama . Informasi ini juga digunakan untuk mendukung klaim bahwa Lemba (sebuah sub-Sahara suku) sebenarnya berasal dari sekelompok imam Yahudi.
Para Modal Cohen haplotype atau cmH ditemukan dalam haplogroup J1 , yang ahli genetika perkiraan berasal dari Selatan Levant (modern hari Israel, Yordania; Kanaan Alkitab). atau Afrika Utara (Mesir) sekitar 10.000-15.000 tahun yang lalu tradisi Alkitab menyatakan bahwa Abraham dan nenek moyangnya, suku-suku Semit, berasal dari Arabia Selatan atau Afrika Timur (Kejadian 10);
Harun dan Musa adalah keturunan generasi ke-7 dari Abraham (Keluaran 6). Sebesar 20% diperkirakan jatuhnya masyarakat modern Yahudi ke haplogroup J1. Tanggal tradisional untuk Abraham adalah sekitar tahun 2200-2000 SM.
Behar, dkk., Ditemukan Kohanim dalam berbagai haplogroup (E3B, G2, H, I1b, J, K2, Q, R1a1, R1b), yang termasuk mereka yang berasal dari Levant (J1, J2) dan mereka yang berasal dari Selatan Saudi, Afrika Timur, atau lain wilayah geografis. Dr Karl Skorecki, pendiri cmH, melaporkan selama Konferensi untuk Kohanim di Yerusalem 2007, bahwa ia dan tim risetnya telah menemukan bukan hanya satu tapi dua Cohen Modal haplotype, yang ia sebut J1 dan J2. "Pinchas yang fanatik disebutkan dalam Alkitab mungkin asal J2 "kata Skorecki.
Menurut tingkat mutasi yang diamati, J2 haplotype tertentu ditemukan di FTDNA proyek database berbagi satu nenek moyang yang tinggal 3100 + / -200 tahun BP , sebagai Skorecki mengungkapkan kepada publik.
Berdasarkan temuan genetika keturunan Harun maka diperkirakan upacara tata keagamaan Yahudi tempo dulu akan dapat bangkit kembali jika pembangunan Bait Suci dikerjakan kembali di masa depan yang berdampak akan maraknya kembali penganut agama Yahudi dengan aneka korban-korban.