-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bekerja Dalam konteks Injil Yohanes

Sabtu, 01 Desember 2018 | Desember 01, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-02T09:00:23Z
Manusia sejak diciptakan telah diberitan tugas pekerjaan. Adam pada saat belum jatuh dalam dosa telah mendapatkan pekerjaan yakni mengusahakan dan memelihara Taman Eden. Kej 2:15. Pekerjaan Adam kemudian menjadi suatu sesuatu yang mutlak karena akibat dosa maka Allah berfirman terkutuklah tanah karena engkau; dengan susah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu. Kejadian 3:17.

Paulus pun menyatakan bahwa untuk makan manusia perlu bekerja. 2 Tesalonika 3:10,12. Manusia secara kodrat adalah makhluk pekerja. Pekerjaan manusia amatlah beragam seiring dengan perkembangan budaya manusia tersebut. Melalui perkembangan budaya maka pekerjaan yang makin beragam dengan makin beragamnya kebutuhan dan tuntutan hidup maka nilai bekerja bergerak menjadi fokus melakukan aktualisasi diri dan sekaligus makin tergantung kepada orang lain karena meningkatnya kebutuhan akan keahlian yang bersifat spesialisasi baik secara keterampilan maupun keilmuan.

Alkitab dalam Injil Yohanes memuat adanya suatu pekerjaan yang khusus karena Allah telah, sedang dan akan selalu bekerja untuk manusia. Pekerjaan dalam Injil Yohanes bukanlah hanya memiliki nilai untuk saat sekarang tetapi juga untuk hidup kekekalan. Sejumlah catatan pekerjaan berdasarkan Injil Yohanes, antara lain :
  • Pekerjaan adalah sesuatu yang harus diselesaikan dan bersandar dan didasarkan kepada kehendak dan atau pilihan yang disediakan Allah yang diperuntukan dikerjakan. Yohanes 4:3.
  • Pekerjaan adalah sesuatu yang harus dikerjakan dengan kesetiaan. Yohanes 5:17.
  • Melakukan pekerjaan dengan mencontoh keteladanan TUHAN ALLAH dalam mengerjakan pekerjaan. Yoh 5:19.
  • Selalu ada keajaiban yang mengherankan dalam bekerja mengerjakan pekerjaan dari Tuhan. Yoh 5:20.
  • Bekerja bukan hanya untuk makanan dan atau yang dapat binasa, tetapi yang bertahan sampai hidup yang kekal. Yoh 6:27.
  • Percaya kepada Yesus adalah suatu pekerjaan yang dikehendaki Allah. Yohanes 6:29.
  • Pekerjaan dari Allah selalu berlandaskan kebenaran. Yohanes 8:40.
  • Pekerjaan menumbuhkan kepercayaan kepada Allah Bapa. Yohanes 14:10.
  • Pekerjaan pekerjaan telah disediakan Bapa untuk kita kerjakan. Yohanes 14:12.
  • Pekerjaan bertujuan mendatangkan dan atau berakibat memuliakan TUHAN Yohanes 17:4.
Injil Yohanes dengan sangat jelas menunjukkan bahwa pekerjaan dari Bapa mengakibatkan bekerja dengan mengikut pada kebenaran Firman Tuhan dan mengajarkan bahwa bukan uang sebagai orientasi bekerja tetapi kemuliaan Allah kiranya yang melingkupi dan menaungi kita dan menjadikan kemuliaan Allah sebagai sosok yang dirindukan dalam mengerjakan pekerjaan. Injil Yohanes mengajarkan untuk memiliki ketergantungan kepada Allah yang adalah penyedia pekerjaan agar dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang jauh lebih besar. ( Yohanes 14:12)

Pekerjaan dilakukan karena Allah yang sangat spesial memberikan pekerjaan yang spesial itu kepada kita dan melengkapi kita melakukan pekerjaan yang spesial itu dan Injil Yohanes tidak mengajarkan karena merasa spesial untuk melakukan pekerjaan itu. Pekerjaan telah dirancang sempurna oleh Allah. Pekerjaan dari Allah bukan hanya bermanfaat untuk masa sekarang ini tetapi sampai kekekalan. Pekerjaan dari Allah bukan hanya bermanfaat bagi kepentingan sendiri tetapi bagi orang banyak. Pekerjaan yang diberikan Allah dapat memberi pijakan kepada Roh Allah untuk menyatakan kemuliaan Allah dan memuliakan Allah.

×
Berita Terbaru Update