-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Etika Nonton Film Horor

Jumat, 01 Februari 2019 | Februari 01, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-23T19:18:17Z

Menonton film Horor pada saat Alkitab ditulis belum dikenal oleh manusia sehingga Alkitab tidak dengan jelas memperbolehkan dan atau melarang menyaksikan hal tersebut. Namun dari sejumlah penelitian terhadap film horor tercatat beberapa hal penting pada orang dewasa, diantaranya adalah:
  1. Dikutip dari laman WebMD, Glenn Sparks, seorang profesor komunikasi dari Purdue University mempelajari dampak film horor pada fisiologi orang yang menontonnya. Hasilnya, saat Anda menonton film horor, denyut jantung akan meningkat sebanyak 15 kali per menit, telapak tangan berkeringat, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot-otot menegang, dan tekanan darah meningkat. Semua ini mungkin akibat dari respon fight-or-flight, respon yang biasanya terjadi saat Anda stres. Aliran darah ke bagian tubuh lain selain jantung dan otot mungkin akan menurun, sehingga suhu tubuh Anda menurun dan Anda merasa merinding dan ketakutan.
  2. Penelitian yang dilakukan oleh Leiden University tahun 2015 menunjukkan bahwa menonton film horor dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari 24 orang sebelum dan setelah menonton film horor. Hasilnya, terjadi peningkatan produksi protein pembekuan darah yang disebut dengan faktor VIII, sehingga risiko pembekuan darah juga meningkat.
  3. Seorang ahli jantung dari University of Maryland pada tahun 2015 juga menemukan bahwa menonton film horor dapat menyebabkan endotelium (jaringan pada dinding pembuluh darah) menyempit. Hal ini kemudian menyebabkan menurunnya aliran darah dan meningkatnya tekanan darah.
  4. Film horor bukan hanya dapat menyebabkan masalah tidur pada anak-anak saja, tetapi juga dapat mengganggu tidur orang dewasa juga. Insomnia dan mimpi buruk merupakan masalah yang dapat dialami oleh orang dewasa yang gemar menonton film horor. Insomnia di malam hari mungkin tidak berbahaya jika hanya sesekali, tetapi mimpi buruk kerap sekali terjadi berulang-ulang dan menyebabkan kesulitan tidur yang kronis. Hal ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental.
  5. Film horor dapat memicu serangan panik dan mengingatkan kembali dengan insiden yang menyebabkan trauma. Suasana yang dibangun film horor juga dapat mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan psikologis seseorang. Jika Anda mudah sekali merasa cemas ketika menonton film bergenre horor, hindari menontonnya dan pilih film lain agar tidak memicu ketakutan yang berlebihan.
  6. Orang-orang yang menonton film horor cenderung merasa bahwa kekerasan kadang-kadang dapat ditempuh untuk memecahkan konflik. Hal ini juga dapat mempengaruhi perubahan refleks kejut seseorang. Sehingga seseorang akan mudah terkejut ketika dihadapkan pada situasi yang menegangkan karena telah terbiasa dengan situasi yang menimbulkan kecemasan tinggi.
Selain dampak buruk ada juga manfaat nonton film horor, diantaranya:
  1. Membantu membakar kalori Apakah Anda tahu bahwa menonton film horor dapat membantu Anda membakar kalori? Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan dan suka menonton film horor, mungkin ini merupakan kabar gembira. Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster menunjukkan bahwa menonton film yang memicu adrenalin selama 90 menit dapat membakar kalori rata-rata 113 kalori, ini setara dengan kalori yang dibakar saat Anda berjalan selama 30 menit. Semakin menakutkan film yang Anda tonton, semakin banyak kaloriAnda yang terbakar selama menonton film tersebut.
  2. Menurut Mark Griffiths, profesor perilaku kecanduan di Nottingham Trent University, menonton film horor juga sebagai katarsis, yaitu untuk memberikan pelepasan emosional  karena frustasi atau rasa yang terpendam.
  3. Menurut Natalie Riddell, seorang ahli imunologi di University College London. Ia mengatakan bahwa menonton film horor dapat memicu respon fight-or-flight dan hal ini dapat memicu pelepasan hormon adrenalin, di mana adrenalin dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Menonton film horor memungkinkan otak Anda untuk melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Hal ini dapat memicu pelepasan adrenalin yang memiliki efek anestesi mirip seperti obat sehingga baik untuk kesehatan otak.
Film horor sangat merugikan jika ditonton oleh anak-anak dan remaja terlebih lebih jika belum dapat bedakan antara fiksi dengan realita dan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental, menjadi penakut, agresif, mati rasa dll.

Alkitab sekalipun tidak memberikan penilaian terhadap film horor, namun Alkitab memberi nasihat, yaitu dalam Filipi 4 8 ;"Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.". Sehingga yang harus masuk dalam pikiran kita adalah segala sesuatu yang benar, mulia, adil, suci, manis......dimana hal itu berbeda dengan film horor yang cenderung tidak realitis dan konsep yang baik dan buruk menjadi campur aduk

Hal lain adalah dalam 2 Timotius 1:7. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban sehingga jelas bahwa Tuhan Allah tidak memiliki hasrat untuk membuat takut anak-anak manusia sehingga film horor dapat dikatakan bukanlah berasal dari Tuhan sehingga kita dapat mengunakan waktu, kesempatan dan uang dengan cara yang lebih baik dibandingkan dengan menonton film horor meskipun mungkin adalah hiburan bagi orang dewasa tertentu.
×
Berita Terbaru Update