-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Yesus Kristus Batu Karang Rohani

Rabu, 23 Agustus 2023 | Agustus 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-23T15:54:31Z
dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus. 1 Korintus 10:4

Ayat di atas mengatakan batu karang rohani adalah sumber minuman rohani. Hal ini penulis dengan pewahyuan dari Roh Kudus mencontoh dari batu karang sebagai sumber air minum untuk jasmani. Hal ini dijelaskan dengan kenyataan bahwa:
  • Batu karang adalah organisme hidup yang terdiri dari koloni polip kecil yaitu organisme hidup yang membutuhkan air laut untuk bertahan hidup. Mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dari air laut, dan mereka juga menggunakan air laut untuk bernafas. Polip adalah hewan invertebrata kecil yang memiliki tentakel dan mulut. Polip karang hidup bersama-sama dalam koloni dan membentuk struktur yang disebut kerangka karang. Kerangka karang terbuat dari kalsium karbonat yang dihasilkan oleh polip. Batu karang adalah bagian penting dari ekosistem laut. Mereka menyediakan habitat bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan laut, dan mereka juga membantu melindungi pantai dari abrasi.
  • Batu karang dapat mengeluarkan air dalam kondisi:
    1. Ketika hujan turun. Air hujan bisa meresap ke dalam batu karang dan keluar melalui celah-celah di batu karang.
    2. Ketika air laut menguap. Air laut yang menguap akan meninggalkan garam di batu karang. Garam ini bisa mengkristal dan memecah batu karang, sehingga air bisa keluar.
    3. Ketika batu karang mengalami proses pelapukan. Pelapukan adalah proses penghancuran batu karang oleh faktor-faktor alam, seperti air, angin, dan suhu. Proses pelapukan bisa menyebabkan batu karang mengeluarkan air.
    4. Ketika batu karang mengalami proses pengikisan. Pengikisan adalah proses pemindahan material dari satu tempat ke tempat lain oleh air, angin, atau es. Proses pengikisan bisa menyebabkan batu karang mengeluarkan air.
  • Ciri ciri air yang dihasilkan batu karang adalah:
    1. Memiliki kandungan mineral yang tinggi. Air dari batu karang mengandung berbagai mineral yang penting untuk kesehatan, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, jantung, dan otot.
    2. Memiliki pH yang netral. Air dari batu karang memiliki pH yang netral, yaitu sekitar 7. pH yang netral ini baik untuk kesehatan tubuh karena dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.
    3. Memiliki rasa yang segar. Air dari batu karang memiliki rasa yang segar karena mengandung oksigen yang tinggi. Oksigen ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan energi.
    4. Memiliki sifat antibakteri. Air dari batu karang memiliki sifat antibakteri karena mengandung mineral-mineral yang bersifat antibakteri, seperti kalsium dan magnesium. Sifat antibakteri ini dapat membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.
    5. Air batu karang tertentu harus di saring terlebih dahulu karena mengandung logam berat dan polutan
Manfaat batu karang selain sebagai sumber air minum yang sangat baik, juga memiliki manfaat antara lain:
  • Habitat bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan laut. Batu karang adalah rumah bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan laut, seperti ikan, udang, kepiting, kerang, dan rumput laut. Hewan-hewan ini bergantung pada batu karang untuk makanan, tempat tinggal, dan perlindungan.
  • Membantu melindungi pantai dari abrasi. Batu karang membantu melindungi pantai dari abrasi oleh ombak laut. Kerangka karang yang keras dapat memecah ombak dan mengurangi kekuatannya.
  • Pemasok makanan dan obat-obatan. Batu karang adalah sumber makanan dan obat-obatan bagi manusia. Ikan yang hidup di sekitar batu karang merupakan sumber protein yang penting bagi masyarakat pesisir. Selain itu, beberapa jenis tumbuhan laut yang hidup di batu karang juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.
  • Objek wisata. Batu karang juga merupakan objek wisata yang menarik bagi wisatawan dari berbagai negara. Keindahan batu karang yang berwarna-warni dan kehidupan laut yang beragam menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi daerah yang memiliki batu karang.
Menurut Ellicott's Commentary mengatakan ada tradisi Yahudi berpendapat Batu Karang adalah pecahan yang patah dari batu yang dipukul Musa dalam perjalan bangsa Israel keluar dari Mesir. Pengulangan kata spiritual (rohani) dalam kata "minuman" dan "batu" mengigatkan aspek rohani bukan aspek historis dari fakta tersebut. Batu Karang adalah islustrasi kehadiran Allah yang kekal dimana Kristus TUHAN nyata karena DIA adalah TUHAN yang mau mengenakan daging jadi manusia.

Benson Commentary mengkaitkan minuman rohani dari Batu Karang Rohani dengan hubungan Kristus dan air hidup seperti apa yang tertulis dalam Yohanes 4:10. Benson pun seperti Ellicott menjelaskan bahwa dalam perjalanan orang Israel keluarv dari Mesir mengalami mujizat misterius dimana dari batu keluar air seperti di Rafidim, Kadesh. Benson mengatakan air yang keluar dari batu karang membentuk sungai yang dikatakan turun dari gunung Horeb (Ulangan 9:21; Keluaran 17:5-6) Dari air yang melimpah berasal dari batu maka tersedia air minum untuk seluruh orang Israel dan juga menumbuhkan rumput untuk dimakan oleh kawan ternak milik orang Israel.

Yesus sebagai batu karang yang mengeluarkan air hidup maka akan mengalami proses yang serupa dengan batu karang, yaitu:
  • Batu karang untuk mengeluarkan air alami proses penguapan, pelapukan dan pengikisan. Proses ini membuat batu karang seolah-olah dihancurkan oleh alam. Kristus sebagai batu karang yang memberikan air kehidupan agar manusia tetap hidup kekal di surga sekalipun alami kematian secara tubuh maka Yesus menjalani proses dihancurkan seperti tertulis dalam Yesaya 53. Misal ayat 5 mengatakan: "Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur bilurnya kita menjadi sembuh.
  • Batu Karang pada zaman Musa alami pukulan terlebih dahulu. Batu itu dipukul Musa lalu keluar air. Yesus alami pukul saat diperhadapkan ke Pilatus dalam bentuk cambukan. Zaman Romawi ada tiga macam jenis cambukan yaitu fustigatio, flagellatio dan verberatio. Dalam Yohanes 19:1, Yesus mengalami hukuman fustigatio sama dengan yang dicatat Lukas 23:16. Akan tetapi setelah diputuskan untuk disalibkan maka pukulan cambukannya adalah verberatio yang membuat seseorang dapat meninggal sebelum disalibkan. Yesus alami pukulan yang amat berat sehingga tidak mampu membawa salib ke tempat penyaliban. Simon dari Kirene yang dipaksa memikul salib Yesus agar Yesus alami kematian sesuai keinginan para pembenci Yesus. (Matius 27:32) Yesus dipukul tapi sebagai batu karang tetap dapat berdiri dan berjalan menuju bukit Golgota, sama dengan batu yang terbelah tetapi tidak hancur saat dipukul Musa. Air kehidupan mengalir dari tubuh Yesus sang Batu Karang sebagai minuman yang memberi kehidupan kekal bagi barang siapa haus dan ingin minum air kehidupan.
  • Air yang keluar dari Yesus sebagai batu karang rohani bebas dari logam berat dan polutan. Hal ini dapat dilihat dari tujuh perkataan Yesus waktu disalib jelang kematian. Tidak ada kata kutuk dan sumpah serapah tetapi semuanya menuntaskan dengan tanpa cela seluruh kehendak Bapa memberi Air Hidup.Air hidup yang diberikan Yesus adalah air menyegarkan, menyehatkan dan menyembuhkan segala penyakit, melenyapkan segala kelemahan dan membawa masuk dalam Kerajaan Allah di sorga hidup sukacita dan bahagia bersamaNya tanpa alami haus lagi.
Penulis Korintus mengigatkan agar kita yang telah minum air rohani dari Batu Karang Rohani Yesus Kristus agar mengigat beberapa hal agar berkenan kepada TUHAN, yaitu: Tidak menginginkan yang jahat yaitu yang bukan kehendakNya, tidak menjadi penyembah berhala, tidak hidup dalam nafsu cabul, tidak mencobai TUHAN, tidak bersungut-sungut dan tetap berdiri teguh dalam Yesus Sang Batu Karang.

Semoga Yesus Batu Karang Rohani menolong kita sebagai umatNya tetap setia jika seandainya alami penderitaan karena pengikut Batu Karang dapat juga alami pukulan. Perhatikan: Markus 13:9 - Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan kamu akan dihadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja karena Aku, sebagai kesaksian bagi mereka.

Yesus Kristus Batu Karang Rohani memberikan hidup yang berguna dan berarti penuh pengharapan hingga dalam kekekalan walau mungkin di dunia alami penderitaan karena nama Yesus.



Tulisan lainnya:
Mengenal Air Hidup Dan Air Kehidupan
TUHAN Itu Gunung Batu
Percaya Teguh Jaya
Ajakan Menerima Berkat Rohani
Kehidupan Rohani Anugerah TUHAN
Rahasian Kemuliaan Dibalik Penderitaan



×
Berita Terbaru Update