-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kehidupan Rohani Anugerah TUHAN

Rabu, 05 Agustus 2020 | Agustus 05, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-18T07:10:50Z
Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang. Mazmur 36:10

Hidup / hayat macam apa, "menampilkan" kehidupan macam apa; bagaimana kehidupannya. Hayat ikan membuat dapat hidup di dalam air dengan berenang melawan arus air. Hayat burung membuat dapat terbang melampaui gravitasi bumi. Dan hanya Hayat Allah, hayat yang kekal, membuat orang percaya menjadi anak-anak Allah dan dapat hidup menampilkan sifat dan karakter ilahi Allah. Satu-satunya yg masih memakai kata hayat di Alkitab adalah Mazmur 36:10..."sebab pada-Mu ada sumber hayat,..." Ini berarti Allah adalah sumber Hayat.

Kata hayat dalam teks di atas adalah kata ḥay·yîm / חַיִּ֑ים yang muncul 85 kali dalam perjanjian Lama tetapi hanya satu yang diterjemahkan sebagai hayat, dan hal itu berkenaan dengan TUHAN / YHWH sehingga maksud hayat bukanlah pengertian hayat seperti Kamus besar Bahasa Indonesia yaitu: hidup; kehidupan; nyawa; melainkan ζωὴ / zóé dalam Perjanjian Baru yang berkenaan baik dengan Bapa maupun Yesus. Kata ζωή bukan hanya berbicara kehidupan fisik melainkan juga kehidupan spiritual / rohani (terutama masa depan) hingga hidup kekal setelah kematian.

Hidup menurut Perjanjian Baru dibedakan menjadi tiga hal, yaitu terdiri dari:
  1. ζωὴ / zoe
  2. ψυχή / psuché yang memiliki arti jiwa, hidup, nafas, diri
    mengacu kepada kehidupan jiwa kita (Matius 16:25-26, Yohanes 12:25)
    Kehidupan jiwa juga memiliki nilai penting seperti ζωὴ, sebab jika setia dalam penderitaan mengiring Yesus maka kita akan mendapat hidup meskipun dibunuh. (Lukas 21:19)
  3. βίος / bios yang memiliki arti kehidupan fisik, gaya hidup; mata pencaharian.
    mengacu kepada hayat jasmani kita (Lukas 8:14)
Kosa kata Bahasa Yunani lebih kaya daripada kosa kata Ibrani tentang hidup. Untuk selanjutnya pembahasan lebih difokuskan kepada kata Zoe dalam sudut pandang hidup rohani.

Hidup/hayat dalam Alkitab hanya hayat Allah yang benar-benar hayat. Hayat yang dikenal dalam dunia hayati yang dipelajari dalam biologi tidak masuk dalam hayat Allah sebab bersifat sementara sedangkan hayat Allah kekal tiada awal dan akhir. Semua makhluk hidup ciptaan TUHAN adalah terbatas sehingga Paulus dalam menjalani kehidupan ini mengatakan..."bagiku hidup adalah Kristus..." (Filipi 1:21) ; ..."namum bukan lagi aku yg hidup tapi kristus yg hidup di dalam-ku..."(Galatia 2:20). Dengan menjalani hidup bersama sama Kristus Yesus Sang Hayat sejati dengan menyalibkan daging dan jiwani maka bertumbuh dalam kehidupan yang sejati dengan segala kelimpahannya.

Kehidupan rohani dimulai saat orang tersebut mengalami kelahiran baru seperti yang dikatakan Yesus kepada Nikodemus. ( Yohanes 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." ) Kelahiran baru adalah awal dari proses kehidupan rohani untuk berjalan masuk dalam Kerajaan Surga.

Kehidupan rohani manusia jika memperhatikan Perjanjian baru ditemukan bahwa hidup rohani / spiritual hanya dimungkinkan oleh anugerah Yesus kristus. Hal ini diterangkan misal oleh:
  1. Yohanes 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
    Dalam Tuhan Yesus ada hidup dan Dia datang memberi kehidupan (Yohanes 10:10)
  2. Kolose 2:13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,
    Kolose menjelaskan bahwa Allah menghidupkan manusia rohani kita setelah dosa diampuni oleh penebusan Kristus Yesus
Dengan hadirnya pengampunan dosa maka manusia mendapatkan kasih karunia dan hidup. Perhatikan "Upah dosa adalah maut tetapi kasih karunia Allah adalah hidup kekal

Dosa menjadikan manusia mati secara rohani sehingga terpisah dari Allah. Yesus memberikan hidupnya untuk kehidupan rohani kita. Selain hidup spiritual / rohani karena pengampunan Yesus maka kehidupan rohani manusia tidak dapat dilepaskan dari peran Roh Kudus. Lihat: Yehezkiel 37:14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN." Kehadiran Roh Kudus dalam hidup ini mengakibatkan rohani kita jadi hidup dihadapan Allah.

Agar hayat / hidup Yesus yaitu ζωή terpelihara dan tumbuh dalam hidup ini, maka kita membutuhkan dan dipelihara oleh:
  1. Firman Allah Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. a
  2. Iman Galatia 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
  3. Yesus Yohanes 6:57 Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.
Dengan mencari Allah dengan rendah hati dan bersukacita serta berdoa kepada-Nya maka kerohaniaan / spiritual kita akan terpelihara hingga menikmati hidup kekal bersama-Nya. (Mazmur 69:32 Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah; kamu yang mencari Allah, biarlah hatimu hidup kembali!)

Dengan hadirnya kehidupan rohani / spiritual yang dipelihara oleh anugerah-Nya maka hidup kita dapat melangkah menjadi hidup yang:
  • Hidup bagi Allah Roma 6:11 Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.
  • Hidup yang baru Roma 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
  • Hidup dalam roh Galatia 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
Hidup yang disertai TUHAN sebagai sumber hayat dalam hidupnya menjadikan hidup kita memiliki ζωή (zoe) yang menuntun hidup ini berjalan bagi Allah dalam kehidupan yang baru dengan pimpinan Roh Kudus.

Hidup rohani yang memiliki HAYAT TUHAN menjadikan hidup menjadi terang karena TUHAN sebagai terang. Sebagai umat yang diterangi oleh TUHAN maka membuahkan kebaikan, kebenaran dan keadilan seperti yang tertulis dalam Efesus 5:9. Selain hidup dalam terang ciri ciri yang memiliki hidup / hayat / Zoe, antara lain:
  1. Mengasihi saudara 1 Yohanes 3:14 Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.
  2. Memuji TUHAN Mazmur 119:175 Biarlah jiwaku hidup, supaya memuji-muji Engkau, dan biarlah hukum-hukum-Mu menolong aku.
  3. Mempersembahkan tubuh Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
  4. Bertumbuh dalam dan kepada Kristus Efesus 4:15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.
Kehidupan rohani yang mendapatkan keselamatan dari anugerah Kristus sesuatu lahir melalui iman dan sedapat mungkin tumbuh yang mempengaruhi / mengubah gaya hidup juga.

Hidup rohani berlawanan dengan gaya hidup hedonis dan bermewah-mewah sebab hidup rohani memiliki belas kasihan dan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama manusia. Paulus menyatakan bahwa hidup mewah dan berlebih-lebihan maka ia sudah mati selagi hidup. (1 Timotius 5:6). Yesus memberi perumpamaan unta masuk lubang jarum lebih mudah daripada orang kaya masuk surga... tetapi bagi manusia mustahil tapi bagi Allah sesuatu mungkin karena Dia dapat mengubah manusia sehingga hadir manusia rohani dalam diri orang kaya... Jika terjadi maka ini mujizat dari sumber hayat TUHAN Penyelamat manusia.

Dalam jemaat pengikut Kristus ada juga yang terlihat hidup tetapi sesungguhnya mati seperti Jemaat Sardis. ( Wahyu 3:1 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati! ) Tuhan memerintahkan agar bertobat dan dengarlah Firman sehingga hidup (zoe). Hiduplah dalam kekudusan maka janji-Nya hidup kekal di surga menjadi bagian kita.

Kehidupan rohani dari anugerah TUHAN lewat pengampunan dosa melalui Salib Yesus dan kelahiran kembali sebagai langkah awal harus bertumbuh senantiasa. TUHAN sumber hayat ingin memberikan hidup kekal kepada setiap manusia sehingga manusia mengalami hidup (zoe) karena dosa diampuni Yesus serta terjadi pembaharuan oleh-Nya.



Tulisan lainnya:
Anugerah Tuhan Bagi Manusia
Zaman Anugerah
Dipanggil Untuk Diselamatkan
Tahun Rahmat Tuhan
Lintasan Sejarah Manusia
Kematian


×
Berita Terbaru Update