-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengingat Keajaiban Perbuatan Tuhan

Kamis, 28 Maret 2024 | Maret 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-28T07:19:20Z
[אַזְכִּיר כ] (אֶזְכֹּ֥ור ק) מַֽעַלְלֵי־יָ֑הּ כִּֽי־אֶזְכְּרָ֖ה מִקֶּ֣דֶם פִּלְאֶֽךָ׃
Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala. Mazmur 77:11

Mazmur Asaf mengajak orang disekitarnya untuk mengingat perbuatan-perbuatan dari pekerjaan TUHAN Yahweh yang sarat keajaiban dari zaman purbakala. Mengingat keajaiban perbuatan TUHAN dilakukan oleh pemazmur dimana sebelumnya mengalami hari kesusahan menyebabkan ia mengerang dan lemah lesu semangatnya karena gelisah. Pemazmur pun sempat berpikir, apakah sudah lenyapkah kasih setia TUHAN dan berakhir janji-Nya yang berlaku turun-menurun karena TUHAN saat ini diduga menikam dirinya? Sepertinya TUHAN menjauh. Apakah TUHAN murka sehingga pintu rahmat-Nya tertutup?

Lazimnya ada sejumlah faktor yang mendorong untuk mengingat perbuatan Tuhan yang ajaib, yaitu:
  1. Faktor internal:
    * Kasih kepada Tuhan: Ketika kita mengasihi Tuhan, kita akan termotivasi untuk mengingat semua yang telah Dia lakukan untuk kita.
    * Rasa syukur: Ketika kita bersyukur atas semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita, kita akan lebih mudah untuk mengingat perbuatan-Nya yang ajaib.
    * Iman: Ketika kita memiliki iman yang kuat, kita akan lebih mudah untuk percaya bahwa Tuhan bekerja dalam hidup kita dan Dia akan terus menolong kita.
    * Pengharapan: Ketika kita memiliki harapan, kita akan lebih mudah untuk melihat bahwa Tuhan memiliki rencana yang baik untuk hidup kita.
    * Kedamaian: Ketika kita memiliki kedamaian dalam hati, kita akan lebih mudah untuk fokus pada hal-hal yang baik dalam hidup kita, termasuk perbuatan Tuhan yang ajaib.
  2. Faktor eksternal:
    * Komunitas: Ketika kita dikelilingi oleh orang-orang yang percaya kepada Tuhan dan yang mengingat perbuatan-Nya yang ajaib, kita akan lebih termotivasi untuk melakukan hal yang sama.
    * Kesaksian orang lain: Ketika kita mendengar kesaksian tentang bagaimana Tuhan telah bekerja dalam hidup orang lain, kita akan lebih mudah untuk percaya bahwa Dia juga akan bekerja dalam hidup kita.
    * Alkitab: Ketika kita membaca Alkitab, kita akan belajar tentang semua perbuatan Tuhan yang ajaib di masa lalu dan kita akan termotivasi untuk mengingat perbuatan-Nya yang ajaib dalam hidup kita saat ini.
    * Alam: Ketika kita melihat keindahan alam, kita akan diingatkan akan kuasa dan keagungan Tuhan.
    * Gereja atau persekutuan: Ketika kita beribadah di persekutuan, kita akan diingatkan akan kasih dan anugerah Tuhan.
Gill's Exposition menyatakan bahwa pemazmur mengingat keajaiban masa lalu seperti yang dilakukan di Mesir, di Laut Merah, dan di padang gurun, yang melampaui kekuatan dan nalar manusia, dan yang menunjukkan cinta kuno dan persahabatan lama yang terjalin antara Tuhan dan umat-Nya; jadi kenangan akan kasih abadi Allah, perjanjian kuno-Nya, dan kasih karunia serta berkat yang diberikan dalam Kristus sebelum dunia ada, mungkin berguna untuk melawan keputusasaan, dan untuk mendukung dan menguatkan iman.

Mengingat perbuatan Tuhan yang ajaib memiliki manfaat bagi pelakunya, yaitu:
  • Menguatkan iman: Ketika kita mengingat semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita, iman kita akan semakin kuat.
  • Meningkatkan rasa syukur: Ketika kita mengingat semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita, rasa syukur kita akan semakin besar.
  • Memberikan harapan: Ketika kita mengingat semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita, kita akan memiliki harapan untuk masa depan.
  • Memotivasi untuk hidup bagi Tuhan: Ketika kita mengingat semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita, kita akan termotivasi untuk hidup bagi Dia.
Pemazmur sedang pulih dari kesusahan dan tulah besar yang melandanya ketika mengingat keajaiban perbuatan Tuhan. Ia membungkam ketakutan-ketakutannya sendiri bahwa Allah akan menolak umat-Nya. Ini dilakukannya dengan mengingat perkara-perkara besar yang telah diperbuat Allah bagi mereka pada waktu dulu. Meskipun sebelumnya dengan sia-sia ia mencoba menenangkan dirinya saat teringat akan hal-hal ini (ay. 6-7), namun ia mencobanya lagi, dan pada kali kedua, usahanya tidaklah sia-sia. Dengan mengingat perbuatan TUHAN yang ajaib maka perhatian akan tertuju kepada kenyataan seperti:
  • Perbuatan-perbuatan Tuhan bagi umat-Nya adalah perbuatan-perbuatan yang senantiasa ajaib.
  • Perbuatan-perbuatan-Nya itu dicatat bagi kita agar kita dapat mengingatnya.
  • Agar kita bisa memperoleh keuntungan dalam mengingat perbuatan-perbuatan-Nya itu, maka kita harus merenungkannya, dan terus memikirkannya, dan harus berbicara tentangnya, supaya kita dapat memberi tahu diri kita sendiri serta orang lain lebih lanjut mengenai itu semua.
  • Mengingat dengan pantas perbuatan-perbuatan Allah akan menjadi obat penawar yang ampuh melawan ketidakpercayaan terhadap janji dan kebaikan-Nya. Sebab Ia Allah dan tidak berubah. Jika Ia memulai, maka Ia akan menuntaskan pekerjaan-Nya dan meletakkan batu yang paling atas.
Pemazmur mendapatkan anugerah dari TUHAN untuk dapat mengingat keajaiban perbuatan TUHAN. Bagaimana dengan keadaan kita saat hadapi permasalahan dan beban berat serta merasa TUHAN itu menjauh dari diri kita? Ada sejumlah tantangan dan kesulitan dalam mengingat perbuatan Tuhan yang ajaib, seperti:
  • Kesibukan hidup: Di tengah kesibukan sehari-hari, mudah bagi kita untuk melupakan hal-hal yang penting, termasuk perbuatan Tuhan yang ajaib.
  • Keraguan: Kadang-kadang, kita mungkin meragukan apakah Tuhan benar-benar bekerja dalam hidup kita atau tidak. Hal ini dapat membuat kita sulit untuk mengingat perbuatan-Nya yang ajaib.
  • Ketidaktahuan: Kita mungkin tidak mengetahui semua yang telah Tuhan lakukan dalam hidup kita. Hal ini dapat membuat kita sulit untuk mengingat semua perbuatan-Nya yang ajaib.
  • Sikap negatif: Jika kita memiliki sikap negatif, kita mungkin cenderung fokus pada hal-hal yang buruk dalam hidup kita dan melupakan hal-hal yang baik, termasuk perbuatan Tuhan yang ajaib.
  • Kurangnya disiplin: Mengingat perbuatan Tuhan yang ajaib membutuhkan disiplin dan usaha. Jika kita tidak disiplin, kita mungkin tidak akan meluangkan waktu untuk merenungkan semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita.
  • Trauma dan luka hati: Pengalaman traumatis dan luka hati dapat membuat kita sulit untuk bersyukur dan mengingat hal-hal yang baik dalam hidup kita, termasuk perbuatan Tuhan yang ajaib.
  • Ketidakmampuan untuk melihat kuasa Tuhan dalam hal-hal kecil: Kadang-kadang, kita hanya fokus pada hal-hal besar dan ajaib, dan melupakan kuasa Tuhan yang bekerja dalam hal-hal kecil dan biasa dalam hidup kita.
  • Ketidakmampuan untuk melihat ke masa depan: Kita mungkin hanya fokus pada masalah dan kesulitan saat ini, dan melupakan bagaimana Tuhan telah menolong kita di masa lalu dan bagaimana Dia akan terus menolong kita di masa depan.
  • Ketidakpercayaan diri: Kita mungkin merasa tidak layak untuk menerima kasih karunia dan anugerah Tuhan, dan ini dapat membuat kita sulit untuk mengingat semua yang telah Dia lakukan untuk kita.
  • Ketidakmampuan untuk melepaskan diri dari dosa: Dosa dapat membuat kita terpisah dari Tuhan dan membuat kita sulit untuk merasakan kehadiran-Nya dan mengingat semua yang telah Dia lakukan untuk kita.
  • Ketidakmampuan untuk mengampuni orang lain: Ketidakmampuan untuk mengampuni orang lain dapat membuat kita pahit dan "resentful", dan ini dapat membuat kita sulit untuk bersyukur dan mengingat semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita.
  • Ketidakmampuan untuk menerima penderitaan: Penderitaan dapat membuat kita mempertanyakan kasih Tuhan dan membuat kita sulit untuk mengingat semua yang telah Dia lakukan untuk kita.
Beberapa tindakan untuk membantu mengingat keajaiban Tuhan diantaranya:
  • Membaca Alkitab: Alkitab penuh dengan kisah-kisah tentang keajaiban Tuhan. Membaca Alkitab secara teratur dapat membantu kita untuk mengingat semua yang telah Dia lakukan.
  • Berdoa: Doa adalah waktu untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan merenungkan semua yang telah Dia lakukan untuk kita.
  • Beribadah: Beribadah adalah waktu untuk bersama dengan orang lain untuk memuji Tuhan dan mengingat keajaiban-Nya.
  • Bersaksi: Berbagi cerita tentang bagaimana Tuhan telah bekerja dalam hidup kita dapat membantu orang lain untuk percaya kepada-Nya.
  • Tips tambahan untuk mengingat perbuatan Tuhan yang ajaib:
    * Luangkan waktu untuk merenungkan: Luangkan waktu setiap hari untuk merenungkan semua yang telah Tuhan lakukan untuk Anda.
    * Tulislah jurnal rasa syukur: Catatlah semua hal yang Anda syukuri dalam hidup Anda, termasuk perbuatan Tuhan yang ajaib.
    * Bersyukurlah: Bersyukurlah atas semua yang telah Tuhan lakukan untuk Anda, baik hal-hal besar maupun kecil.

Matthew Henry's Concise Commentary menambahkan bahwa jalan Tuhan ibarat air yang dalam, yang tidak dapat diselami; seperti jalan kapal yang tidak dapat dilacak. Tuhan membawa Israel keluar dari Mesir. Ini merupakan ciri khas dari penebusan besar yang harus dilakukan dalam kepenuhan waktu, baik melalui harga maupun kuasa. Jika kita masih menyimpan pikiran-pikiran yang meragukan, kita harus segera mengalihkan pikiran kita untuk merenungkan bahwa Allah, yang tidak menyayangkan Putra-Nya sendiri, namun menyerahkan Dia bagi kita semua, agar bersama Dia, Ia dapat dengan cuma-cuma memberikan segala sesuatu kepada kita.

Mengingat keajaiban perbuatan TUHAN di masa lampau sesuatu yang harus dilakukan setiap saat; terutama saat kesusahan yang menuntun untuk menantikan pertolongan TUHAN yang dilakukan TUHAN sesuai dengan cara TUHAN dan waktu Tuhan. Janganlah menjauh dari TUHAN sebab TUHAN ingin bukan semata menolong manusia tetapi juga meluruskan segala jalan dan rencana kita sesuai dengan rancangan-Nya.



Tulisan lainnya:
TUHAN Menyembunyikan Wajah-Nya
Bergantung Kepada Tuhan Allah
Berhati-hati Mengerjakan Pekerjaan Mati
Antara Hukum Tabur Tuai Dengan Hukum Karma Serta Nasihat Alkitab
TUHAN Itu Tidak Terpahami
Muliakan Tuhan Allah


×
Berita Terbaru Update