-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tujuan Praktis Karunia Bernubuat

Kamis, 15 Maret 2018 | Maret 15, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-09T22:17:18Z
I Tesalonika 5:20 dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.

Teks di atas adalah pesan yang singkat namun jelas bahwa nubuatan sesuatu yang sangat berharga. Barnes' Notes on the Bible dalam tafsirannya menyatakan bahwa teks tersebut nubuatan sesuatu yang berharga sebab di dalam nubuat ada hal yang berharga, yaitu :

  • Nubuatan itu adalah janji Tuhan - cara yang telah ditunjuk untuk menyelamatkan orang. 
  • Nubuatan memiliki terlalu banyak untuk memberikan hak untuk menghormati untuk membuatnya tepat untuk membenci atau menghina itu.Tidak ada lagi yang memiliki begitu banyak kekuasaan atas umat manusia sebagai pemberitaan Injil, tidak ada lembaga lain di langit atau bumi antara orang-orang yang ditakdirkan untuk mengerahkan begitu luas dan permanen sebagai pengaruh pelayanan Kristen. 
  • Nubuat itu adalah pengaruh yang sepenuhnya baik. Tidak ada orang yang membuat miskin, atau kurang terhormat, atau lebih menyedihkan dalam hidup atau dalam kematian, dengan mengikuti nasihat dari pelayan Kristus ketika ia membuat dikenal Injil. 
  • Orang yang membenci itu nubuat, dirancang untuk mempromosikan kesejahteraan " kenyamanan" sendiri, yang sangat diperlukan untuk keselamatannya. Ini masih belum menunjukkan bahwa ada orang yang telah mempromosikan kebahagiaan sendiri, atau kesejahteraan keluarganya, dengan mempengaruhi untuk mengobati dengan penghinaan petunjuk dari pelayanan Kristen. 
Nubuat acapkali dipersamakan dengan nabi. Nubuat adalah proses di mana satu atau lebih pesan yang telah dikomunikasikan kepada nabi yang kemudian dikomunikasikan kepada orang lain. Pesan tersebut biasanya melibatkan inspirasi ilahi, interpretasi, atau wahyu peristiwa yang akan datang (bdk. ilahi pengetahuan ) serta kesaksian. Proses nubuat terutama melibatkan komunikasi timbal balik nabi dengan sumber (ilahi) dari menyampai pesan.

Adullam Mighty Warriors Ministries mengajarkan bahwa para nabi memahami mereka lebih dari orang lain karena mereka telah ada. Mereka telah menghadapi penolakan sepanjang hidup mereka, mereka tahu bagaimana rasanya ditolak dan meletakkan. Seseorang dengan pemanggilan kenabian berjalan melalui tahapan malu dan penghinaan. Tidak dapat dipungkiri, itu adalah bagian dari persiapan kenabian mereka.

Berdasarkan pengajaran ini, karunia kenabian / bernubuat dikaruniakan setelah alami proses penolakan namun mereka memiliki orientasi doa yang kuat "setia berdoa" dan {lazimnya} mereka diurapi dalam musik atau lagu. Meskipun para nabi mengalami penolakan, yang menyebabkan pesan yang disampaikan dianggap rendah, dalam Ilham Roh, Penulis Alkitab menasehatkan agar jangan menganggap rendah nubuatan! Jangan menganggap rendah setiap nubuatan, hal itu berarti nubuatan sangat berharga.

Beberapa pendapat yang menyatakan bahwa nubuatan memiliki banyak faedah, diantaranya adalah : David Holt Boshart, Jr dalam situnya christcenteredmall menyatakan ada lima alasan mengapa nubuatan sangat penting:

  • Nubuatan membawa kepada kehidupan sekalipun berada di lembah tulang kering (Yehezkiel 37:1-4) 
  • Ini memberi visi spiritual. Alkitab mengatakan, "Bila tidak ada wahyu, menjadi binasa orang 'Tuhanmemberikan visi melalui kata kenabian (Amsal29:13,1) 
  • Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur (1 Kor 14:3) 
  • Ini membawa kebangunan rohani dan restorasi. Benar nubuatan membawa pemulihan dan kebangkitan (Kisah Para Rasul 2:16-18) 
  • Ini panduan Anda untuk posisi yang tepat Anda dalam Kristus. Nubuat digunakan oleh Allah untuk mengarahkan Anda ke mana Anda harus pergi (Kis 13:1-3) 
Menurut ajaran dari Steven Lambert Ministries, nubuatan sangat penting karena :

  1. Memperlengkapi orang-orang kudus - untuk pekerjaan pelayanan atau pelayanan - untuk memungkinkan mereka untuk melakukan karya-karya Yesus dan menyelesaikan pelayanan-Nya berkelanjutan (ayat 12); 
  2. Spiritual dan numerik Pertumbuhan - orang kudus dilengkapi (orang percaya) membangun Tubuh Kristus, spiritual dan secara numerik melalui karya pelayanan mereka (ayat 12); 
  3. Kebenaran-pusat Persatuan - ketunggalan pikiran dan solidaritas tujuan, berpusat di sekitar iman konsensual dan pengetahuan tentang Anak Allah (ayat 13); 
  4. Waktu pengenapan dari Tubuh Kristus - kepada seorang pria (disempurnakan) dewasa, untuk ukuran dari tinggi badan (karakter Kristus, yang membawa kuasa Kristus, pengurapan) yang termasuk kepenuhan Kristus (ayat 13); 
  5. Kemurnian Ajaran dan Stabilitas - sehingga Tubuh Kristus tidak lagi seperti anak-anak, menjadi "mudah diombang-ombingkan," dipimpin di sana-sini oleh doktrin palsu, dan terpikat oleh tipu daya licik dan menipu manusia, tetapi akan didirikan, didasarkan , dan stabil dalam "ajaran sehat" (ayat 14); 
  6. Karakter Pengembangan - dengan berbicara kebenaran di dalam kasih - cinta dan teguran kasih, karunia marah uang menuntun kepada kebenaran - Tubuh Kristus akan tumbuh dalam semua aspek kepada Kristus, menjadi serupa gambar Kristus (Roma 8:29), mencerminkan gambar-Nya seperti bulan mencerminkan citra matahari, sehingga tubuh kolektif Kristus akan menjadi lampu di tengah kegelapan generasi yang bengkok dan jahat (ayat 15); 
  7. Semua dari berbagai bagian dan beragam Tubuh bekerja sama untuk membentuk satu Tubuh terpadu - Tubuh Kristus - bekerja bersama secara harmonis dan sehati, yang terjadi ketika setiap bagian berfungsi dengan baik dan memasok ke Tubuh Kristus manfaat unik atau berfungsi dirancang untuk menyediakan (ayat 16); 
  8. Menyebabkan pertumbuhan Tubuh Kristus (1 Timotius 1:5.). 
H. Wayne House menyatakan bahwa tujuan dari karunia Nubuat adalah :

  • Bagian penting dari Alkitab. ( 2 Ptr 1:19-21) 
  • Membuktikan kebenaran Alkitab. (Yes 41:21-29) 
  • Menyajikan pandangan yang tepat tentang zaman kita. ( 1 Tim 4:1 ; 2 Tim 3:1-5) 
  • Memberikan penghiburan dalam kesedihan. ( 1 Tes 4:13-18) 
  • Membuktikan bahwa Allah memegang kendali. (Dan 9:27) 
  • Menghasilkan kestabilan rohani. ( 2 Tes 2:2) 
  • Memajukan penginjilan. ( Kis 3:18-24) 
  • Menjanjikan pemurnian jiwa. (1 Yoh 3:3) 
  • Memperoleh tanggung jawab moral dan sosial. ( Rm 13:11-14) 
  • Menghasilkan siswa Alkitab yang berpengetahuan. ( 2 Tim 2:15) 
  • Membangkitkan cinta yang tulus terhadap Kristus. ( 2 Tim 4:8) 
Bernubuat, sekalipun sangat berguna untuk tubuh Kristus, namun ini sesuatu pelayanan yang acapkali alami penolakan, dan aneka hal tidak menyenangkan. Habakuk memberikan nasehat bagi pelayanan bernubuat adalah, "Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku." 

Menjaga sikap hati tidak kecewa dan tetap setia berdoa syafaat serta hidup dipenuhi kasih Ilahi adalah kekuatan untuk tetap menikmati pengurapan pelayanan kenabian. Pelayanan bernubuat terkadang tenggelam dalam penginjil yang menuntun para tawanan mendapatkan kemerdekaan dan menyembuhkan patah hati antara orang-orang kafir, sedangkan pelayanan nubuat /kenabian memiliki penekanan besar pada gereja dan umat Allah. Nabi rindu untuk menyelamatkan "prodigals" dan "backsliders" di gereja yang cenderung berpotensi menimbulkan penolakan dari dalam.

Bila tidak menjaga hati, kecewa dan malas berdoa..... datanglah kepada TUHAN agar belas kasihan dan pengurapan-Nya kembali memenuhi dan berjalan dalam kuasa urapan TUHAN.
×
Berita Terbaru Update