Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Selasa, 20 November 2018

Motivasi Melalui Desain dan Tujuan Organisasi

Amsal 18:14 Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

Tim Redmond menyatakan bahwa kebangkrutan terburuk di dunia adalah manusia yang telah kehilangan antusiasme. Anda harus lebih dahulu menjadi orang percaya jika anda ingin menjadi orang berprestasi.
Pekerja baru yang dilingkungan kerja yang baru memerlukan ketepatan analisis pekerjaan-pekerjaan agar desain pekerjaan sesuai dengan isi pekerjaan yang dirasakan dan meningkatkan prestasi kerjanya.

Organisasi perusahaan selayaknya berinovasi memikirkan pekerjaan yang efektif agar pekerjaan mudah dikendalikan dam dinilai pelaksanaannya sehingga mudah menentukan kinerja karyawan. Job design yang tidak efektif merupakan faktor yang sangat fatal dalam mengelola karyawan.

Desain pekerjaan dipengaruhi antara lain : teknologi, kemampuan dan keterampilan pekerja. Efektifitas cenderung ditentukan pada studi pekerjaan yang akurat dan terpadu sehingga dengan pendekatan-pendekatan, hasil hasil sampai dengan implikasi memerlukan analisis pekerjaan yang dipengaruhi oleh faktor seperti: teknologi, manusia dan tugas.

Campion & Thayer menyatakan ada empat pendekatan tentang desain pekerjaan serta pengaruhinya terhadap motivasi sesuai dengan yang diinginkan para manajer. Pendekatan tersebut adalah :
  1. Mekanistik.
  2. Motivasional.
  3. Biological.
  4. Perseptual / motor.
Pendekatan Mekanisme
  • Hal positif.
    1. Mengurangi waktu pelatihan.
    2. meningkatkan tingkat kegunaan.
    3. Mengurangi kesalahan yang sering terjadi.
    4. Mengurangi kesempatan mental yang berlebihan dan stres
  • Hal negatif.
    1. Kepuasan kerja yang rendah,
    2. motivasi rendah.
    3. Absensi tinggi.
Pendekatan Motivasional.
  • Hal positif.
    1. Kepuasan kerja tinggi.
    2. Motivasi tinggi.
    3. Keterlibatan tenaga kerja yang tinggi.
    4. Kinerja tinggi.
    5. Absensi rendah.
  • Hal negatif.
    1. Meningkatkan waktu pelatihan.
    2. Tingkat kegunaan rendah.
    3. Meningkatkan kesalahan yang sering terjadi.
    4. Meningkatkan kesempatan mental yang berkelebihan dan stres.
Pendekatan Biological.
  • Hal Positif.
    1. Mengurangi kerja secara fisik.
    2. Mengurangi kelelahan secara fisik.
    3. Komplain kesehatan fisik sedikit.
    4. Kecelakaan medis kecil.
    5. Absensi rendah.
    6. Kepuasan kerja tinggi.
  • Hal Negatif.
    1. Biaya keuangan tinggi karena perubahan peralatan dan lingkungan kerja.
Pendekatan Perseptual / motor.
  • Hal Positif.
    1. Mengurangi kesalahan yang sering terjadi.
    2. Mengurangi kecelakaan yang sering terjadi.
    3. Mengurangi kesempatan mental yang berlebih dan stres.
    4. Mengurangi waktu pelatihan.
    5. Tingkat kegunaan tinggi.
  • Hal Negatif.
    1. Kepuasan kerja rendah.
    2. motivasi rendah.
Pada dasarnya tidak ada pendekatan yang ideal yang sesuai dengan keadaan sekarang. Organisasi yang memiliki batas biasanya pekerja memiliki pekerjaan yang jelas berdasarkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Organisasi tanpa batas, asumsi yang dipakai adalah kompetensi dan diperhatikan di tempat kerja, seorang pekerja yang merasa mampu melaksanakan suatu tugas akan didorong mengerjakannya sehingga perusahaan senantiasa melakukan modifikasi pekerjaan atau menciptakan pekerja-pekerja baru.

Pendekatan Job characteristics model mengidentifikasikan 5 dimensi job content, yaitu : variasi tugas, identitas tugas, significant tugas, otonomi, dan job-based feedback. Job characteristics model dipengaruhi 3 hal yakni : pengalaman yang berarti, tanggung jawab, pengetahuan. Penelitian tentang job design menghasilkan peningkatan teori job design. Fokus dari dimensi kunci job design menghasilkan perbaikan implementasi kemajauan teknologi. Organisasi harus fleksibel menentukan pendekatan analisis dan desain pekerjaan yang memberikan kepuasan yang berdampak peningkatan produktivitas.

Hendri Frederic Ameii berpendapat, "Tanpa gairah manusia hanya kekuatan yang terpendam dan suatu kemungkinan, seperti batu api yang menunggu guncangan dari besi sebelum dapat menghaslkan bunga api.

Dalam menjaga motivasi kerja apapun bentuk desain pekerjaan, Pengkhotbah memberikan nasehat kepada kita. Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga. (Pengkhotbah 9:10)

Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (79) budaya (47) dasar iman (88) Dogmatika (72) Hermeneutika (73) karakter (40) Lainnya (89) manajemen (65) pendidikan (58) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (63) spritualitas (88) tokoh alkitab (42) Video (9)