-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mujizat Menurut Alkitab

Minggu, 24 Mei 2020 | Mei 24, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T20:10:47Z
Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. Kisah Para Rasul 5:12

Kata tanda diterjemahkan dari kata σημεῖα (sēmeia) dengan kata dasar σημεῖον yang sejajar dengan "oth" (אות) sedangkan mujizat dalam teks adalah kata τέρατα (terata) berasal dari τέρας yaitu keajaiban ajaib, HELPS Word-studies menyatakan pertanda dari surga ke bumi. τέρας memiliki kesejajaran dengan kata mopeth (מופת). dalam teks adalah hal-hal yang ajaib dan menakjubkan, sesuatu yang luar biasa atau spektakuler, sehingga mengejutkan bagi yang melihat terlebih-lebih yang mengalaminya.

Tanda dan mujizat dalam gereja mula-mula dilakukan oleh seluruh para rasul. Mereka diberikan karuniakan untuk melakukan hal itu sedangkan orang percaya tekun dalam bersatu dalam persekutuan dan mendengar pengajaran para rasul. Rasul-rasul mendapat karunia melakukan mujizat, apakah karunia kerasulan sampai saat ini disertai karunia mujizat? (1 Korintus 12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.)

C. Peter Wagner mendefinisikan karunia mujizat sebagai kemampuan istimewa yang diberikan oleh Allah kepada beberapa anggota tubuh Kristus untuk bertindak sebagai perantara manusiawi. Melalui mereka Allah berkenan melakukan perbuatan-perbuatan yang berkuasa yang menurut pengamatan orang-orang yang menyaksikannya telah mengubah prosedur yang biasa terjadi dalam alam”. dengan kata lain “karunia mujizat adalah seseorang yang diberi kemampuan khusus untuk dipakai Allah dalam melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib”.

Sejumlah ahli mencoba memberi batasan tentang arti mujizat adalah seperti:
  • Wayne Grudem Mujizat adalah suatu aktivitas Allah yang kurang lazim (tidak umum) dimana Ia membangkitkan rasa terpesona dan ketakjuban manusia dan memberikan kesaksian tentang diriNya sendiri”.
  • Millard J. Erickson Mujizat berarti tindakan-tindakan adikodrati khusus dalam pemeliharaan Allah yang tidak dapat diterangkan dengan pola-pola alam yang biasa”.
  • Kevin J. Conner Mujizat berarti “suatu tindakan kuasa; suatu perbuatan adikodrati yang disebabkan oleh kuasa Allah”.[7]
Dari definisi di atas hanya TUHAN yang dapat melakukan mujizat yang penuh keajaiban diluar penjelasan ilmiah sebab perbuatan ajaib yang dilakukan berasal dari Iblis dinamakan mujizat-mujizat palsu. ( 2 Tesalonika 2:9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, )

Mujizat yang sejati berasal dari Allah terjadi semata-mata adalah pekerjaan Allah (Yohanes 9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.) untuk menyatakan kemuliaan Allah dan kemuliaan Kristus Yesus ( Yohanes 11:4 Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: "Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.")

Mujizat diadakan karena:
  • Oleh kuasa Allah Kisah Para Rasul 14:3 Paulus dan Barnabas tinggal beberapa waktu lamanya di situ. Mereka mengajar dengan berani, karena mereka percaya kepada Tuhan. Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat 1
  • Oleh kuasa Kristus Matius 10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.
  • Oleh kuasa Roh Kudus Roma 15:19 oleh kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh kuasa Roh. Demikianlah dalam perjalanan keliling dari Yerusalem sampai ke Ilirikum aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.
  • Dalam nama Yesus Kristus Kisah Para Rasul 4:30 Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus.
Mujizat terjadi karena TUHAN ALLAH dan dalam nama Yesus maka orang yang mengadakan mujizat menyangkal segala kuasa dirinya sendiri. (Kisah Para Rasul 3:12 Petrus melihat orang banyak itu lalu berkata: "Hai orang Israel, mengapa kamu heran tentang kejadian itu dan mengapa kamu menatap kami seolah-olah kami membuat orang ini berjalan karena kuasa atau kesalehan kami sendiri?)

Dalam suatu mujizat diperlukan iman baik untuk pelaku mujizat ( lihat Yohanes 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;) Percaya juga diperlukan bagi orang yang menyaksikan. ( Kisah Para Rasul 14:9 Ia duduk mendengarkan, ketika Paulus berbicara. Dan Paulus menatap dia dan melihat, bahwa ia beriman dan dapat disembuhkan.)

Mujizat dilakukan oleh kuasa dan anugerah TUHAN haruslah kita sikapi dengan:
  • Diingat Mazmur 105:5 Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,
  • Diceritakan lintas generasi Keluaran 10:2 dan supaya engkau dapat menceriterakan kepada anak cucumu, bagaimana Aku mempermain-mainkan orang Mesir dan tanda-tanda mujizat mana yang telah Kulakukan di antara mereka, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN.
  • Harus menyebabkan ketaatan Ulangan 11:1 "Haruslah engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia kewajibanmu terhadap Dia dengan senantiasa berpegang pada segala ketetapan-Nya, peraturan-Nya dan perintah-Nya.
Mujizat terjadi dalam setiap masa. Sebagaimana mujizat terjadi di Perjanjian Lama maka di Perjanjian Baru yang dilakukan oleh para rasul. Mujizat saat ini dapat terjadi. Tuhan dapat memakai orang pilihan-Nya dikaruniakan karunia mujizat tetapi tetap tidak menjamin pertobatan. (Lukas 16:31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.")

Mujizat terjadi karena TUHAN memiliki agenda dan tujuan. Tujuan perbuatan mujizat yang dilakukan oleh TUHAN adalah:
A. Pendapat Wayne Grudem
1. Membuktikan kebenaran pemberitaan Injil (Kisah Para Rasul 8:6-8);
2. Memberi kesaksian bahwa Kerajaan Allah sudah datang dan sudah mulai memperluas hasil-hasilnya yang bermanfaat ke dalam kehidupan manusia (Matius 12:28: Lukas 4:18; 9:1-2;)
3. Menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan (Matius 14:14; 20:30-34; Lukas 7:13);
4. Menghilangkan berbagai rintangan dan hambatan dalam pelayanan (Matius 8:15; Filipi 2:25-30; 1 Korintus 12:7; 14:4, 12, 26);
5. Untuk memuliakan Allah (Matius 9:8; Yohanes 9:3).
B. Pendapat Kevin J Conner
1. Menyatakan kehendak, kedaulatan, kekuasaan dan kemuliaan Allah;
2. Menuntun manusia agar berpaling dari berhala kepada Allah;
3. Menguatkan keyakinan dan kepercayaan orang percaya kepada Allah;
4. Menyatakan belas kasih dan kepeduliaan Allah kepada manusia, serta memberkati umatNya;
5. Menyatakan tindakan pemeliharaan yang terus menerus (kontinuitas) dilakukan oleh Tuhan yang mengendalikan, melindungi, memelihara dan mengatur segala sesuatu.
Mujizat menurut Alkitab sesuatu yang nyata, dapat diminta dalam doa dengan sungguh-sungguh dan tulus kepada TUHAN. Fokus dalam doa bukan mujizat tetapi TUHAN sumber mujizat. Mujizat terjadi harus diikuti pertobatan dan tindakan mengasihi TUHAN agar tidak mendatangkan dosa saat penghakiman kelak. (Yohanes 15:24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku.)

Mujizat terjadi jika TUHAN menghendaki. Mujizat bukan diatur oleh para rasul atau yang memiliki karunia mujizat tetapi oleh TUHAN. Yesus yang melakukan banyak mujizat menolak untuk melakukan mujizat sesuai permintaan iblis mengubah batu menjadi roti sekalipun lapar atau menolak permintaan suatu tanda oleh orang Farisi sehingga untuk orang Farisi dan ahli Taurat hanya memberikan tanda nabi Yunus. (Lukas 11:29 Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.) Mujizat terjadi karena TUHAN setuju mengadakan mujizat tersebut melalui perantaraan-Nya yang jadi alat terjadinya mujizat.

Banyak orang ingin melihat mujizat tetapi mungkin tidak diperlihatkan oleh TUHAN tetapi mujizat terbesar yaitu tanda Yunus diberikan bagi semua orang agar percaya kepada-Nya yaitu Yesus sebagai Juruselamat dunia. (1 Korintus 1:22 Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat,)


Premium WordPress Apps

Tulisan lainnya:
Mujizat Dan Tanda Yunus
Dosa Tidak Percaya
Kekhawatiran Dan Jalan Keluarnya
Mujizat Yesus Dalam Injil Yohanes
Berjalan Di Atas Air
Bergantung Kepada Tuhan Allah


×
Berita Terbaru Update