-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Yesus Naik Ke Surga

Kamis, 21 Mei 2020 | Mei 21, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T20:11:41Z

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Kisah Para Rasul 1:9

Peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke surga adalah peristiwa penting dalam sejarah manusia. Di hari itu adalah puncak rangkaian Yesus, Firman yang mengenakan daging hadir di bumi sebelum kembali kepada asal-Nya yaitu Surga. Yesus yang lahir ke dunia kemudian tumbuh besar dan menjadi seorang nazir Allah dengan tugas menyelamatkan manusia yang berdosa dengan berujung kepada salib di Kalvari saat memikul dosa kemudian mati dan hari ketiga bangkit lalu selama empat puluh hari secara berulang-ulang menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus orang sebelum naik kembali ke surga.(1 Korintus 15:6)

Kitab Ibrani menyatakan bahwa Yesus naik ke surga setelah selesai mempersembahkan korban karena dosa.
Ibrani 9:12
dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.
Ibrani 10:12
Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,
Setelah menyelesaikan segala sesuatu dengan kemenangan atas dosa dan maut ia kembali ke tahta-Nya di surga sambil membawa tawanan-tawanan; Engkau telah menerima persembahan-persembahan di antara manusia, bahkan dari pemberontak-pemberontak. (mengenapi Mazmur 68:19)

Sebelum peristiwa kenaikan Yesus ke sorga, DIA berulang-kali menyatakan hal itu kepada para murid agar murid-murid tahu bahwa kenaikan ke surga adalah sesuatu kepastian yang harus dialami. Firman-Nya:
Yohanes 6:62
Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?
Yohanes 7:33
Maka kata Yesus: "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.
Yohanes 14:28
Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
Yohanes 20:17
Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."
Yesus terangkat ke surga di saksikan murid-murid di bukit Zaitun sambil memberkati mereka. kenaikan Yesus itu nyata dilihat oleh mata mereka apa adanya, dengan tubuh fisik-Nya kembali ke surga. Dia naik dari tanah secara perlahan-lahan melawan hukum gravitasi dan terlihat jelas; disaksikan oleh banyak orang. Murid-murid berusaha melihat Yesus naik ke surga, sampai awan menutupi Dia dari pandangan mereka. Dua malaikat muncul dan berjanji bahwa Yesus Kristus akan kembali “sama seperti ketika kamu melihat-Nya naik ke surga” (Kisah Rasul 1:11)

Kenaikan Yesus ke sorga adalah jawaban dari seruan-Nya kepada Bapa dalam Yohanes 17:5 yang berbunyi: "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada." Yesus yang meninggalkan kemuliaan-Nya dan merendahkan diri menjadi serupa dengan manusia bahkan seorang hamba yang disalibkan dengan kebangkitan dan naik kembali ke surga maka IA mendapatkan kembali kemuliaan-Nya. Kemuliaan Yesus terselubung selama Dia di bumi, terkecuali saat peristiwa transfigurasi/perubahan, seperti yang dikisahkan di Matius 17:1-9

Kenaikan Yesus ke Surga berada di kanan Bapa, adalah pernyataan peninggian Bapa kepada-Nya (Efesus 1:20-23). Yesus ditinggikan Bapa dan dikaruniakan nama atas segala nama supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!(Filipi 2:9-11)

Dengan naiknya Yesus ke surga maka Dia menjadi perintis bagi kita. ( Ibrani 6:20 ⇿ di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.) Utley berkomentar Sebagai perintis, Yesus telah pergi sebelum orang-orang percaya dalam setiap cara yang diperlukan, pemenang, pendoa syafaat, penyelamat, imam, dan pengorbanan yang sempurna! Ia penuntun dan membuka jalan ke surga melalui sebuah pelabuhan yang aman

Yesus ke surga untuk menyiapkan tempat bagi kita di surga sebab di sana tempat tinggal yang abadi dan yang sesungguhnya. Yesus membuat kita nyaman dan bahagia tinggal dalam surga. (Yohanes 14:2 ⇿ Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.)

Yesus ke surga untuk menjadi pembela dan mendoakan kita. Sebagai pembela (Roma 8:34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita) Sebagai pendoa (Ibrani 9:24 ⇿ Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.)

Yesus naik ke sorga, supaya Roh Kudus turun dan tercurah menolong setiap orang percaya. (Yohanes 16:7 ⇿ Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.) Setelah Yesus tertutup awan, murid-murid turun ke Yerusalem sesuai pesan Yesus Kristus untuk menantikan yang dijanjikan-Nya yaitu Roh Kudus. Ada Seratus dua puluh orang yang setia menantikan janji dan mereka dipenuhi dengan Roh Kudus.

Hasil dari pencurahan Roh Kudus adalah hadir gereja yang meneruskan pelayanan Yesus dalam menyampaikan Kabar Baik yaitu berita keselamatan dan berlangsungnya tahun rahmat Tuhan. Roh Kudus menjadikan suasana ibadah berkuasa. Ibadah masuk menyembah dalam roh dan kebenaran. Ibadah tidak lagi terikat pada waktu, tempat dan siapa yang memimpin ibadah.

Yesus ke surga untuk memberikan pemberian-pemberian kepada manusia sehingga memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, (Efesus 4:8 ⇿ Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia." 4:11 ⇿ Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,)

Sebagaimana kenaikan Yesus ke surga disaksikan oleh banyak mata sebab terlihat oleh mata jasmani manusia, maka demikian juga kedatangan Yesus kedua kalinya. Kedatangan akan tampak di awan-awan dan seluruh dunia dapat menyaksikan hal tersebut mungkin karena perkembangan televisi dan internet.

Kedatangan Yesus yang kedua suatu hari nanti mengakhiri tahun rahmat TUHAN dan menghadirkan hari pembalasan. Saat itu Roh kudus yang berkarya menyadarkan dan menolong orang agar selamat dengan mendorong beriman kepada Yesus Sang Juruselamat berakhir dan selesai sudah.

Selama hari kenaikan Yesus ke surga masih diperingati dan umat TUHAN menantikan kedatangan Yesus ke dua kalinya maka TUHAN tetap melakukan pekerjaan-Nya di tempat-Nya dan kita bergumul dalam pertolongan Roh Kudus untuk menyaksikan dan memberitakan Yesus Juruselamat telah menang dan naik ke surga.


Premium WordPress Apps

Tulisan lainnya:
Surga Berdasarkan Alkitab
Pertempuran Malaikat Mikhael Dengan Naga Tua (Iblis) di Sorga
Ruang dan Waktu di Sorga
Keselamatan Bagi Penjahat
Ke Surga, Jadilah Seperti Anak Kecil
YESUS, Roti Hidup Dari Surga


×
Berita Terbaru Update