-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kuasa Kebangkitan Yesus

Senin, 08 April 2024 | April 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-09T08:59:25Z
Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan mengambil bagian dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, Filipi 3:10

Kuasa kebangkitan Yesus adalah hal yang sangat penting dalam kepercayaan Kristen sebab iman diletakkan berdasarkan keyakinan bahwa Yesus Kristus TUHAN bangkit dari kematian dan hidup untuk selama-lamanya menerima kemuliaan. Kesaksian Alkitab tentang kuasa kebangkitan Yesus, misalnya:
  • Roma 8:11: "Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, juga akan menghidupkan tubuhmu yang fana oleh Roh-Nya yang diam di dalam kamu."
  • 1 Korintus 15:20-22: "Tetapi kenyataannya ialah, Kristus telah bangkit dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti melalui manusia datangnya kematian, demikian pula melalui manusia datangnya kebangkitan orang mati. Karena sama seperti semua orang di dalam Adam mati, demikian pula semua orang di dalam Kristus akan dihidupkan."
Kuasa kebangkitan Yesus memiliki beberapa makna penting bagi umat Kristiani, antara lain
  • Kemenangan atas dosa dan maut: Kebangkitan Yesus menandakan kemenangannya atas dosa dan maut. Kematian Yesus di kayu salib merupakan pengorbanan untuk menebus dosa manusia. Kebangkitannya menunjukkan bahwa Dia telah mengalahkan kuasa dosa dan maut, dan menawarkan keselamatan kekal bagi semua orang yang percaya kepada-Nya.
  • Jaminan hidup yang kekal: Kebangkitan Yesus menjadi jaminan bahwa semua orang yang percaya kepada-Nya akan mengalami hidup yang kekal setelah kematian. Kematian tidak lagi menjadi akhir, tetapi merupakan pintu gerbang menuju kehidupan yang baru dan lebih baik bersama Allah.
  • Kuasa untuk hidup baru: Kuasa kebangkitan Yesus bukan hanya untuk kehidupan setelah kematian, tetapi juga untuk kehidupan saat ini. Orang-orang yang percaya kepada Yesus dimampukan untuk hidup baru dalam Roh Kudus, dengan kuasa untuk mengalahkan dosa dan menjalani hidup yang berkenan kepada Allah.
  • Harapan dan sukacita: Kebangkitan Yesus memberikan harapan dan sukacita bagi umat Kristiani. Dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan hidup, mereka memiliki keyakinan bahwa Yesus selalu menyertai mereka dan akan memberikan kemenangan pada akhirnya.
  • Tanda kuasa Allah: Kebangkitan Yesus merupakan tanda kuasa Allah yang luar biasa. Yesus bukan hanya seorang guru atau nabi, tetapi Dia adalah Anak Allah yang memiliki kuasa untuk mengalahkan maut dan bangkit dari kematian.
Kuasa kebangkitan Yesus adalah hal yang nyata karena disebabkan antara lain:
  • Untuk menunjukkan kuasa Allah: Kebangkitan Yesus adalah demonstrasi kuasa Allah yang luar biasa. Yesus bukan hanya seorang guru atau nabi, tetapi Dia adalah Anak Allah yang memiliki kuasa untuk mengalahkan maut dan bangkit dari kematian. Kebangkitan-Nya menunjukkan bahwa Allah berkuasa atas hidup dan mati, dan bahwa Dia memiliki rencana keselamatan bagi umat manusia.
  • Untuk menggenapi nubuatan: Dalam Perjanjian Lama, terdapat banyak nubuatan tentang Mesias yang akan bangkit dari kematian. Kebangkitan Yesus menggenapi nubuatan-nubuatan ini dan menunjukkan bahwa Dia adalah Mesias yang dijanjikan.
  • Untuk memberikan jaminan hidup yang kekal: Kebangkitan Yesus menjadi jaminan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya bahwa mereka akan mengalami hidup yang kekal setelah kematian. Kematian tidak lagi menjadi akhir, tetapi merupakan pintu gerbang menuju kehidupan yang baru dan lebih baik bersama Allah.
  • Untuk memberikan kuasa untuk hidup baru: Kuasa kebangkitan Yesus bukan hanya untuk kehidupan setelah kematian, tetapi juga untuk kehidupan saat ini. Orang-orang yang percaya kepada Yesus dimampukan untuk hidup baru dalam Roh Kudus, dengan kuasa untuk mengalahkan dosa dan menjalani hidup yang berkenan kepada Allah.
  • Untuk memberikan harapan dan sukacita: Kebangkitan Yesus memberikan harapan dan sukacita bagi umat Kristiani. Dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan hidup, mereka memiliki keyakinan bahwa Yesus selalu menyertai mereka dan akan memberikan kemenangan pada akhirnya.
Agar kuasa kebangkitan Yesus dialami, maka dibutuhkan kasih karunia TUHAN untuk menerima hal itu. Cara untuk menerima kuasa kebangkitan Yesus adalah:
  • Percaya kepada Yesus: Langkah pertama dan terpenting adalah percaya kepada Yesus sebagai Anak Allah yang telah mati untuk menebus dosa manusia dan bangkit dari kematian. Iman ini didasarkan pada bukti-bukti sejarah dan kesaksian para saksi mata kebangkitan Yesus.
  • Bertobat dari dosa: Bertobat berarti berbalik dari dosa dan menjalani hidup yang sesuai dengan kehendak Allah. Ketika kita bertobat, kita membuka diri untuk menerima kuasa Roh Kudus yang akan membantu kita untuk hidup baru dalam Kristus.
  • Dibaptis: Baptisan adalah simbol kematian dan kebangkitan Yesus. Ketika kita dibaptis, kita secara simbolis mati bagi dosa dan bangkit untuk hidup baru dalam Kristus.
  • Mengikuti Yesus: Mengikuti Yesus berarti menyerahkan hidup kita kepada-Nya dan berusaha untuk hidup sesuai dengan teladannya. Kita dapat mengikuti Yesus dengan membaca Alkitab, berdoa, dan melayani orang lain.
  • Mengandalkan Roh Kudus: Roh Kudus adalah kuasa Allah yang tinggal di dalam orang-orang yang percaya kepada Yesus. Roh Kudus memberikan kita kuasa untuk hidup baru, mengalahkan dosa, dan menghasilkan buah Roh seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.
Kesaksian Firman TUHAN tentang bagaimana menerima kuasa kebangkitan, antara lain:
  • Yohanes 3:16: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
  • Roma 6:4: "Sebab kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia dalam kematian melalui baptisan, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita hidup dalam hidup yang baru."
  • Efesus 1:13-14: "Di dalam Dia kamu juga, setelah kamu mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu, dan setelah kamu percaya di dalam Dia, kamu ditandai meterai dengan Roh Kudus yang dijanjikan, yang merupakan jaminan bagian kita sampai pada penebusan yang penuh, yaitu pada waktu orang-orang yang telah ditentukan-Nya menerima pujian."
Kuasa kebangkitan diberikan dan ditawarkan kepada manusia yang hidup dalam jerat dan kutuk kematian akibat dosa namun manusia diberi kebebasan untuk menerima atau menolak kuasa kebangkitan. Jika menolak kuasa kebangkitan Yesus dengan cara yang dijelaskan maka tidak mengalami kuasa kebangkitan Yesus. Dampak tidak mengalami kuasa kebangkitan Yesus adalah:
  • Terpisah dari Allah: Gereja Kristen percaya bahwa manusia diciptakan untuk berelasi dengan Tuhan. Tanpa kuasa kebangkitan Yesus, yang dilihat sebagai jembatan antara manusia dan Tuhan melalui pengorbanan-Nya, manusia akan tetap terpisah dari kasih karunia Allah.
  • Kematian kekal: Konsep kematian kekal sering dikontraskan dengan kehidupan kekal yang ditawarkan melalui kuasa kebangkitan Yesus. Ini bisa diartikan sebagai ketiadaan atau terpisah dari hadirat Allah selamanya.
  • Kehilangan harapan: Kebangkitan Yesus dilihat sebagai sumber pengharapan bagi umat Kristen. Mereka percaya bahwa kematian bukanlah akhir, dan ada kehidupan kekal bersama Tuhan. Tanpa kuasa kebangkitan, harapan itu hilang.
Jika menerima kuasa kebangkitan Yesus ada jaminan bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya dalam hal seperti:
  • Pengampunan dosa: Yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Ketika kita percaya kepada-Nya, dosa-dosa kita diampuni dan kita dibebaskan dari hukuman dosa.
  • Hidup yang kekal: Kebangkitan Yesus menandakan bahwa Dia telah mengalahkan maut. Orang-orang yang percaya kepada-Nya akan dibangkitkan dari kematian dan hidup bersama Allah selamanya.
  • Kedamaian dan sukacita: Roh Kudus, yang diberikan kepada orang-orang percaya, memberikan kedamaian dan sukacita yang tidak tergoyahkan, bahkan di tengah-tengah kesulitan hidup.
  • Harapan dan kepastian: Orang-orang percaya memiliki harapan dan kepastian tentang masa depan, karena mereka tahu bahwa mereka akan dibangkitkan bersama Yesus pada akhir zaman.
  • Kekuatan untuk mengalahkan dosa: Roh Kudus membantu orang-orang percaya untuk melawan godaan dan menjalani hidup yang berkenan kepada Allah.
  • Kehidupan yang baru: Orang-orang percaya dimampukan untuk hidup baru dalam Roh Kudus, dengan kuasa untuk mengalahkan dosa dan menjalani hidup yang berkenan kepada Allah.
  • Transformasi: Kuasa kebangkitan Yesus dapat mengubah hidup orang percaya, membebaskan mereka dari belenggu dosa dan kecanduan, dan membawa mereka ke dalam kehidupan yang penuh kasih, sukacita, dan damai sejahtera.
  • Keberanian dan kekuatan: Kuasa kebangkitan Yesus memberikan keberanian dan kekuatan kepada orang percaya untuk menghadapi berbagai tantangan hidup.
Kuasa kebangkitan Yesus dialami orang percaya dalam berbagai keadaan, yaitu:
  1. Saat sekarang selama hidup di dunia: Orang-orang yang percaya kepada Yesus dan menerima Roh Kudus mengalami kuasa kebangkitan-Nya dalam hidup mereka saat ini. Kuasa ini memberikan mereka beberapa manfaat, seperti:
    * Kekuatan untuk mengalahkan dosa: Roh Kudus membantu orang-orang percaya untuk melawan godaan dan menjalani hidup yang berkenan kepada Allah.
    * Kedamaian dan sukacita: Orang-orang percaya memiliki kedamaian dan sukacita yang tidak tergoyahkan, bahkan di tengah-tengah kesulitan hidup.
    * Harapan dan kepastian: Orang-orang percaya memiliki harapan dan kepastian tentang masa depan, karena mereka tahu bahwa mereka akan dibangkitkan bersama Yesus pada akhir zaman.
  2. Saat kematian: Ketika orang-orang percaya meninggal, mereka mengalami kuasa kebangkitan Yesus dalam dua cara:
    * Kebangkitan jiwa: Jiwa mereka dibangkitkan dan dibawa ke surga untuk bersama Allah.
    * Kebangkitan tubuh: Pada akhir zaman, tubuh mereka akan dibangkitkan dan diubah menjadi tubuh yang mulia seperti tubuh Yesus.
  3. Pada akhir zaman: Pada akhir zaman, Yesus akan datang kembali ke bumi dan mengalahkan semua musuh-Nya. Dia akan mendirikan kerajaan-Nya yang kekal, di mana semua orang yang percaya kepada-Nya akan hidup bersama-Nya dalam damai dan sukacita selamanya.
Ayat Alkitab yang menjelaskan tentang kapan manusia mengalami kuasa kebangkitan Yesus adalah:
  • Roma 8:11: "Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, juga akan menghidupkan tubuhmu yang fana oleh Roh-Nya yang diam di dalam kamu."
  • 1 Korintus 15:52: "Dalam sekejap mata, pada waktu bunyi sangkakala yang terakhir. Sebab sangkakala akan berbunyi, dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak fana, dan kita akan diubah."
  • 1 Tesalonika 4:16-17: "Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan, untuk menemui Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selalu bersama-sama dengan Tuhan."
Kebangkitan Yesus memiliki kuasa yang berdampak bagi manusia terutama yang percaya dan menerima Yesus sebagai Mesias yang menyelamatkan setiap orang percaya. Hidup bersama sama dengan Yesus yang berjanji menyertai sampai akhir zaman agar alami kuasa kebangkitan Yesus yang berlaku hingga kesudahan zaman dimana langit dan bumi lenyap tetapi Firman-Nya tinggal kekal.



Tulisan lainnya:
Fakta-Fakta Kebangkitan Yesus
Penampakan Yesus Setelah Kebangkitan
Yesus Kebangkitan Dan Hidup
Yesus Sang Biji Gandum
Benih Ilahi
Yesus Berhak Menerima Segalanya


×
Berita Terbaru Update