Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Jumat, 05 Juli 2024

Hak Dan Tanggung Jawab Sebagai Anak ALLAH

ὅσοι γὰρ Πνεύματι Θεοῦ ἄγονται, οὗτοι υἱοί εἰσιν Θεοῦ. οὐ γὰρ ἐλάβετε πνεῦμα δουλείας πάλιν εἰς φόβον, ἀλλὰ ἐλάβετε πνεῦμα υἱοθεσίας, ἐν ᾧ κράζομεν Ἀββᾶ ὁ Πατήρ ΠΡΟΣ ΡΩΜΑΙΟΥΣ 8:14-15
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Roma 8:14-15

Dalam Roma 8:1-17 Lembaga Alkitab Indonesia memberi tema "Hidup oleh Roh" yang berdampak menjadi anak adopsi Allah yang legal (υἱοθεσίας) Kata anak berasal dari kata "υἱός, οῦ, ὁ" dan atau "τέκνον, ου, τό" dimana kedua istilah itu dipakai dalam Roma 8:14-17 dimana Roma 8:14-15 mengunakan kata dasar dari kata υἱός. Dalam Roma 8:14 mengunakan kata υἱοὶ yang berasal dari kata dasar υἱός sedangkan Roma 8:16-17 mengunakan kata τέκνα yang berasal dari kata dasar τέκνον.

Persamaan dan Perbedaan Peran Kepemimpinan Roh Kudus terhadap Umat-Nya yaitu yang menjadi anak-anak Allah dalam Penekanan sebagai υἱοὶ dan τέκνα:
  1. Persamaan:
    * Kepemimpinan yang Penuh Kasih: Baik υἱοὶ (huioi) dan τέκνα (tekna) menekankan kepemimpinan Roh Kudus yang penuh kasih. Dia membimbing umat-Nya dengan kelembutan, kesabaran, dan pengertian.
    * Kepemimpinan yang Kuat: Roh Kudus adalah pemimpin yang kuat dan berkuasa. Dia dapat memberikan kekuatan dan keberanian kepada umat-Nya untuk menghadapi tantangan dan rintangan.
    * Kepemimpinan yang Bijaksana: Roh Kudus adalah sumber kebijaksanaan dan hikmat. Dia membimbing umat-Nya ke dalam semua kebenaran dan membantu mereka membuat keputusan yang bijaksana.
    * Kepemimpinan yang Menyelamatkan: Roh Kudus adalah agen keselamatan membawa kepada Kristus Yesus sebagai Jururselamat. Dia membawa umat-Nya ke dalam persekutuan dengan Allah dan membebaskan mereka dari dosa dan maut.
  2. Perbedaan:
    * Kata υἱοὶ (huioi) melakukan penekanan pada status bahwa umat-Nya adalah anak-anak Allah yang memiliki hak istimewa dan tanggung-jawab sehingga melekat adanya kewajiban untuk menaati Allah dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya karena status sebagai pewaris kerajaan Allah.
    * Kata τέκνα (tekna) melakukan penekanan pada hubungan yang intim antara Roh Kudus dengan umat-Nya dimana peran kepercayaan terhadap Roh Kudus yang berpengaruh kepada ketergantungan umat TUHAN kepada Roh Kudus untuk memperoleh bimbingan dan kekuatan.
Anak ALLAH ( υἱοθεσίας ) tercatat dalam Roma 8:15 memiliki hak untuk berseru kepada Allah dengan panggilan "ya Abba, ya Bapa!" TUHAN ALLAH dengan senang hati dipanggil sebagai "Bapa" dan umat-Nya dipanggil sebagai "anak-Ku" oleh Allah. Selain hak memanggil Allah sebagai Bapa, sejumlah hak lainnya adalah seperti:
  • Hak untuk alami "Kehadiran dan Persekutuan dengan Allah" hal ini dampak dari kehadiran Roh Allah yang tinggal di dalam diri orang percaya, memungkinkan mereka untuk mengalami persekutuan yang intim dengan Allah. Roh Kudus membawa kehadiran Allah yang nyata dalam kehidupan orang percaya, memberikan penghiburan, kekuatan, dan bimbingan.
  • Hak untuk alami "Penebusan dan Keselamatan", hal ini dampak dari Roh Kudus meyakinkan orang tentang dosa mereka, menuntun mereka kepada pertobatan, dan memberikan karunia iman untuk percaya kepada Yesus Kristus. Roh Kudus memeteraikan orang percaya sebagai milik Allah dan menjamin keselamatan mereka di dalam Kristus.
  • Hak untuk alami "Pemberdayaan dan Kemampuan Rohani", hal ini dampak dari Roh Kudus memberikan karunia dan kemampuan rohani kepada orang percaya untuk melayani Tuhan dan membangun tubuh Kristus. Karunia-karunia Roh Kudus beragam, termasuk hikmat, pengetahuan, nubuat, penyembuhan, dan pelayanan yang memungkinkan orang percaya untuk melakukan pekerjaan Allah dengan kuasa dan efektifitas.
  • Hak untuk alami "Pembimbingan dan Kebijaksanaan" , hal ini dampak dari Roh Kudus menuntun orang percaya dalam kebenaran, membantu mereka membuat keputusan yang bijaksana, dan melindungi mereka dari bahaya. Roh Kudus memberikan hikmat dan pengertian rohani yang melampaui kecerdasan manusia.
  • Hak untuk alami "Buah Roh Kudus" sebab Roh Kudus menghasilkan buah-buah rohani dalam kehidupan orang percaya, seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kebaikan, kemurahan hati, iman, kelembutan, dan penguasaan diri. Roh Kudus mengubahkan hati dan pikiran orang percaya, membebaskan mereka dari dosa dan kebiasaan lama, dan menuntun mereka menuju keserupaan dengan Kristus.
  • Hak untuk alami "Harapan dan Pengharapan", hal ini dampak dari Roh Kudus memberikan pengharapan dan kepastian kepada orang percaya di tengah kesulitan dan penderitaan. Roh Kudus meyakinkan orang percaya tentang kasih Allah yang besar dan rencana-Nya yang sempurna untuk masa depan mereka melalui dibangkitkannya kerinduan untuk kekekalan dan memberikan kekuatan untuk menjalani hidup dengan iman dan ketekunan.
  • Hak untuk alami "Kekuatan dan Keberanian", hal ini dampak dari Roh Kudus memberikan kekuatan dan keberanian kepada orang percaya untuk menghadapi tantangan dan melawan dosa serta berdiri teguh dalam iman mereka, bahkan di tengah penganiayaan dan pencobaan karena dibangkitkan semangat juang dan optimisme dalam diri orang percaya untuk menghadapi segala rintangan.
  • Hak untuk alami "Karunia untuk Berdoa dan Memuridkan", hal ini dampak dari Roh Kudus memberikan karunia kepada orang percaya untuk berdoa dengan efektif dan penuh kuasa dan membantu orang percaya untuk memahami dan menerapkan firman Tuhan dalam kehidupan mereka. Roh Kudus memampukan orang percaya untuk menjadi murid Kristus yang efektif dan menjangkau orang lain dengan Injil.
  • Hak untuk alami "Persatuan dan Persekutuan Tubuh Kristus", hal ini dampak dari Roh Kudus mempersatukan orang percaya dari berbagai latar belakang dan budaya menjadi satu tubuh Kristus sehingga memungkinkan terjadinya persekutuan yang penuh kasih dan saling mendukung di antara orang percaya dan mendorong kerjasama dan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun kerajaan Allah.
  • Hak untuk hidup dalam "Karunia untuk Melayani dan Memberkati Orang Lain", hal ini dampak dari Roh Kudus memberikan karunia kepada orang percaya untuk melayani orang lain dengan kasih dan pengabdian sehingga dimampukan untuk menjadi berkat bagi orang lain melalui kata-kata, tindakan, dan doa mereka dengan semangat kemurahan hati dan kepedulian terhadap orang lain dalam diri orang percaya.
Hak istimewa yang dikaruniakan Roh Kudus kepada umat Tuhan yaitu anak-anak Allah sesuatu yang sangatlah berharga dan tak ternilai. Dengan memanfaatkan karunia dan kemampuan yang diberikan oleh Roh Kudus, umat Tuhan dapat hidup dalam kelimpahan kasih, sukacita, dan kuasa, serta menjadi alat yang efektif untuk memuliakan Allah di dunia.

Anak Allah (υἱοί Θεοῦ) tersirat dalam Roma 8:13 memiliki tantangan untuk mematikan perbuatan-perbuatan daging sebagai bentuk tanggung jawab hidup oleh Roh. Sejumlah tanggung-jawab dalam menjalani kehidupan yang dipimpin Roh Kudus, antara lain:
  • Menjaga Kebersihan Hati dan Pikiran karena Roh Kudus adalah Roh yang kudus dan ingin tinggal dalam hati yang murni. Umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan hati dan pikiran mereka dengan menghindari dosa, pikiran negatif, dan kebiasaan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca Alkitab, berdoa, merenungkan firman Tuhan, dan menjaga persekutuan dengan orang-orang percaya yang saleh.
  • Mendengarkan Suara Roh Kudus karena Roh Kudus sering berbicara kepada umat-Nya melalui suara hati, intuisi, dan situasi yang terjadi dalam hidup mereka. Umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk belajar mendengarkan suara-Nya dengan seksama dan taat pada dorongan-Nya. Hal ini dapat dilakukan dengan berdoa dengan rendah hati, mencari hikmat Tuhan, dan mempraktikkan disiplin rohani.
  • Menggunakan Karunia Roh Kudus untuk Melayani Tuhan dan Orang Lain karena Roh Kudus memberikan karunia dan kemampuan yang berbeda-beda kepada setiap orang percaya untuk melayani Tuhan dan membangun tubuh Kristus. Umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menggunakan karunia-karunia ini dengan penuh tanggung jawab dan kesetiaan. Hal ini dapat dilakukan dengan terlibat dalam pelayanan gereja, menjangkau orang lain dengan Injil, dan menggunakan bakat dan kemampuan untuk membantu orang lain yang membutuhkan.
  • Menjaga Persatuan dan Kasih dalam Tubuh Kristus karena Roh Kudus adalah Roh yang mempersatukan dan ingin menciptakan persekutuan yang penuh kasih di antara umat Tuhan. Umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kasih dalam tubuh Kristus. Hal ini dapat dilakukan dengan saling mengampuni, membangun hubungan yang positif, menyelesaikan konflik dengan damai, dan menunjukkan kasih dan kepedulian kepada orang lain.
  • Menjaga Kekudusan dan Kesucian Hidup karena Roh Kudus adalah Roh yang kudus dan ingin tinggal dalam umat yang kudus. Umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menjaga kekudusan dan kesucian hidup mereka dengan menghindari dosa dan hidup sesuai dengan firman Tuhan. Hal ini dapat dilakukan dengan berdoa untuk kekuatan dan bimbingan, membaca dan merenungkan Alkitab secara teratur, dan berpartisipasi dalam persekutuan gereja.
  • Menjadi Teladan bagi Orang Lain karena umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menjadi teladan bagi orang lain dalam hidup mereka. Mereka harus menunjukkan buah-buah Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari, seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kebaikan, kemurahan hati, iman, kelembutan, dan penguasaan diri. Hal ini dapat dilakukan dengan hidup dengan integritas, berbicara dengan bijaksana, dan menunjukkan kasih dan kepedulian kepada orang lain dalam segala situasi.
  • Mendoakan Kehadiran dan Karya Roh Kudus karena umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk mendoakan kehadiran dan karya Roh Kudus dalam kehidupan mereka sendiri, dalam gereja, dan dalam dunia. Hal ini dapat dilakukan dengan berdoa secara pribadi dan bersama-sama dalam persekutuan gereja, memohon agar Roh Kudus bekerja dalam hati orang lain, meyakinkan mereka tentang dosa, menuntun mereka kepada pertobatan, dan memberikan karunia iman untuk percaya kepada Yesus Kristus.
  • Berperang Melawan Roh Kegelapan karena Roh Kudus memberikan kekuatan kepada umat Tuhan untuk melawan roh kegelapan dan kejahatan. Umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menggunakan kekuatan ini untuk melawan dosa, pencobaan, dan pengaruh negatif dalam kehidupan mereka sendiri dan dalam dunia. Hal ini dapat dilakukan dengan berdoa melawan roh kegelapan, membaca Alkitab untuk mendapatkan kekuatan dan hikmat, dan hidup dengan penuh ketaatan kepada firman Tuhan.
  • Menantikan Kedatangan Yesus karena umat Tuhan yang dikaruniakan Roh Kudus memiliki tanggung jawab untuk menantikan kedatangan Yesus Kristus dengan penuh pengharapan dan kerinduan. Hal ini dapat dilakukan dengan hidup dengan penuh kesucian dan ketaatan kepada firman Tuhan, memberitakan Injil kepada orang lain, dan mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Yesus pada saat kedatangan-Nya.
Semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah yaitu umat TUHAN yang diadopsi menjadi anak-Nya dengan yang memiliki hak istimewa yang dikaruniakan oleh Roh Kudus dengan segala bentuk tanggung-jawab yang melekat. Bila dapat dipercaya melakukan tanggungjawab maka mahkota kemuliaan tersedia diperuntukkan bagi setiap anak-anak-Nya oleh Bapa Surgawi.

Sebagai pesan yang disampaikan melalui Paulus agar sebagai anak-anak Allah hendaklah bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Usahakan agar didapati sebagai anak-anak-Nya yang dapat dipercaya sebab bertanggung-jawab terhadap segala pekerjaan dan karunia Roh Allah yang rindu selalu menyertai sampai selama-lamanya dalam kelimpahan karya Roh Kudus sesuai ukuran yang ditentukan.



"Children of God" [Verse] We are children of God, led by His Spirit, Born of His love, through His Son we inherit, Heirs of the kingdom, with Jesus as our King, Forever loved, His praises we shall sing. [Verse 2] Led by His Spirit, we walk in His ways, Turning from darkness, into His light we gaze, Leaving behind the desires of the flesh, His righteousness within us, we put on afresh. [Chorus] Children of God, we are called by His name, Holy Spirit within us, His love aflame, No longer bound by sin's chains that hold, In freedom we live, His story to unfold. [Bridge] As children of God, we must obey, His will for our lives, each and every day, Honoring His word, in all that we do, Growing in His love, becoming ever new. (Outro) Children of God, let our voices rise, Praising our Father, in the earth and the skies, His love everlasting, His grace beyond compare, Forever grateful, His children we are.



Tulisan lainnya:
Roh Kudus
Kegerakkan Roh Allah
Menjadi Saksi Kristus
Mentalitas Anak Anak Allah
Menjadi Saudaranya Yesus
Kehidupan Rohani Anugerah TUHAN





Share this

Random Posts

Kontak

Pesan untuk admin dapat disampai lewat : ruach.haphazard393@passinbox.com

Label Mobile

biblika (81) budaya (47) dasar iman (92) Dogmatika (74) Hermeneutika (75) karakter (40) konseling (79) Lainnya (91) manajemen (66) pendidikan (58) peristiwa (68) Resensi buku (9) Sains (53) Sistimatika (71) sospol (64) spritualitas (90) tokoh alkitab (44) Video (9)