-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mesias Berdasarkan Injil Yohanes dan Perjanjian Lama

Minggu, 23 April 2017 | April 23, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-02T01:46:14Z
Lalu jawab orang banyak itu: "Kami telah mendengar dari hukum Taurat, bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?" (Yohanes 12:34)

Yesus hidup saat Bangsa Israel sedang menantikan kedatangan Mesias. Kondisi Israel yang sedang di bawah penindasan Bangsa Roma, wajar menantikan pengenapan janji Allah terhadap bangsa Israel, yakni Mesias.
Kewajaran penantian orang Israel disebabkan pengajar-pengajar hukum Taurat waktu itu mengajarkan kepada umat Israel waktu itu antara lain:
  • Mesias adalah orang yang dipilih Allah, 
  • Ditetapkan untuk mengenapi suatu tujuan penyelamatan bagi umat-Nya dan
  • Menghukum musuh-musuh-Nya dan 
  • KepadaNya diberikan kuasa memerintah bangsa-bangsa dan dalam semua tindakannya, yang sesungguhnya bertindak adalah Allah sendiri.
Sosok dan pemahaman Mesias dijabarkan lebih lanjut :
  1. Membebaskan Bangsa Yahudi dari penjajahan (romawi).
  2. Mengumpulkan kembali bangsa Israel dari segala penjuru bumi.
  3. Memimpin pada penyembahan pada Tuhan Allah yang benar.
  4. Membawa era perdamaian.
  5. Mendirikan kembali negara Israel.
Sehingga yang dibayangkan orang Israel saat itu adalah, seorang Mesias :
  • Lebih besar dari Musa sebagai pembebas dari perbudakan.
  • Lebih besar dari Daud sebagai raja yang besar.
  • Lebih besar dari Harun sebagai imam besar dan
  • Lebih besar dari Elia sebagai seorang nabi yang luar biasa.
James Stalker berpendapat bahwa bangsa Israel saat itu menantikan seorang Mesias dengan ciri-ciri antara lain :
  • Dilahirkan di Yudea.
  • Dibesarkan dan mengecap pendidikan di Yerusalem
  • Mempelajari berbagai macam hikmat yang diakui secara sah.
  • Hidup ditengah-tengah budaya modern
  • Hidup dalam keagamaan sejati.
Keil dan Delitzsch menyatakan bahwa bangsa Israel menantikan sang Mesias sudah sejak lama. Berdasarkan Kitab Kejadian 49:10, bangsa Israel mengharapkan Mesias mewujudkan "SYILOH" yang ditandai dengan :
  • Ketenangan / kesentosaan.
  • Manusia / orang yang suka damai.
  • Pembawa damai / perdamaian.
  • Umat Israel banyak sekali mendengarkan pengajaran tentang hadirnya sang Mesias.
Ditengah pengajaran para rabi, Yesus hadir di masyarakat Israel yang menantikan Mesias.
  • Andreas murid pertama Yesus, sudah memperkenalkan kepada orang sekitarnya, seperti Petrus, bahwa Yesus adalah Mesias. (Yohanes 1:41)
  • Wanita Samaria akhirnya bersukacita karena mengenal Yesus sebagai Mesias karena Yesus memberitahukan kebenaran dan meminpin kepada penyembahan yang benar kepada Allah. (Yoh 4:25)
  • Dalam Yohanes 6:15, banyak orang yang hendak menjadikan Yesus sebagai Raja.
Yesus menyingkir sebab Yesus mengetahui bahwa menjadi Raja bukanlah menjadi raja sebab kerajaan-Nya bukan kerajaan dunia ini (Yohanes 18:36)
Yesus Mesias mengetahui dengan jelas kerajaan-Nya berbeda dengan konsep yang berkembang dalam pengajaran ahli-ahli Taurat pada masa-Nya.

Disamping sejumlah orang percaya bahwa Yesus Mesias, ada pula yang meragukan kemesiasan Yesus.
Hal itu dapat ditemukan menjadi tiga masalah utama.
  • Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!" (Yohanes 7:41)
  • Orang tuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesia, akan dikucilkan. (Yohanes 9:22)
  • Lalu jawab orang banyak itu: "Kami telah mendengar dari hukum Taurat, bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? ... (Yoh 12:34)
Dari catatan Injil Yohanes ada tiga permasalah yang menyebabkankan mereka menolak Yesus adalah Mesias.
  • Pertama. Permasalahan tersebut adalah lingkungan Yesus yang dikelilingi para murid yang berasal dari Galilea sehingga menambah kesankan adalah Yesus orang Galilea dan atau Nazaret.
  • Kedua. Gerakan para pemimpin orang Yahudi yang mengucilkan siapapun yang menyakini bahwa Yesus adalah Mesias.
  • Ketiga. Pengajaran Yesus yang berbeda dengan pengajaran pemimpin agama Yahudi yang telah menjadi tradisi, bahwa Mesias tidak akan mati sedangkan Yesus mengatakan bahwa Mesias akan ditinggikan seperti Musa meninggikan ular. (Yohanes 3:14) yang sudah cukup bagi orang Israel waktu itu, bahwa itu adalah hukuman penyaliban.

Permasalah yang sulit sebenarnya terletak kepada memahami dan meyakini pengajaran Yesus tentang Mesias harus ditinggikan.
Bila mereka serius menanyakan tempat kelahiran Yesus, mereka dapat menemui langsung Maria atau Yusuf sehingga mendapatkan penjelasan yang sebenarnya. Menanyakan kepada orang yang tidak mengetahui tetapi berlagak tahu akan menyesatkan.

Yesus Sang Mesias tidak mempermasalahkan perdebatan tentang diri-Nya apakah Ia seorang Mesias atau tidak sebab apapun penjelasannya tetap menimbulkan pertentangan mengenai Mesias harus ditinggikan (disalibkan).
Ketidaksempurnaan dalam menafsirkan kehidupan Mesias yang harus mengalami penderitaan terlebih dahulu kemudian bangkit dan hidup selama-lamanya adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dihindarkan.
Ketidaksempurnaan pengajaran para ahli Taurat mengakibatkan perbedaan pendapat yang ikut mendorong tindakan mereka atas nama kebenaran Taurat menjatuhkan hukuman mati kepada Mesias dan mengenapi hukum Taurat bahwa Mesias akan menderita bahkan mati tetapi tetap hidup selama-lamanya sebab Mesias menang atas maut.

Di salib segala sesuatu diwujudkan. Di salib Yesus membawa damai. Dia mengampuni mereka yang menyalibkan. Dia walaupun mengalami penderita amat sangat tetap membawa "SYILOH" atau damai. Hal ini sulit dilakukan kecuali bila Ia benar-benar Mesias.

Penyaliban mengakibatkan tairai bait suci terbelah sehingga membawa umat-Nya dapat menghampiri tahta kudus Allah, sebab Ia adalah Mesias, Imam Besar Agung yang memperdamaikan manusia dengan Allah dengan sempurna.
Aneka nubuatan Mesias seperti yang tercatat dalam kitab Nabi Yesaya 53, MAzmur dll yang mengisahkan penderitaan Mesias sulit dipahami secara akal oleh para pemimpin agama Yahudi menyebabkan hal-hal tersebut tidak diajarkan kepada umat tetapi digenapi oleh Yesus Mesias Sejati. Tetapi semua yang tercantum disini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya. Yohanes 20:31

Yesus adalah Mesias tetapi permasalahnya adalah terletak kepada percaya.
Percaya (pisteuo) memuat tiga unsur mendasar. Unsur itu :
  1. Keyakinan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan satu-satunya Juruselamat umat manusia.
  2. Persekutuan dan ketaatan kepada Kristus
  3. Kepercayaan penuh di dalam Kristus bahwa Ia mampu dan bersedia menuntun hingga kehidupan kekal.
Apakah Anda percaya?
Janji-Nya dalam Injil Percaya pada-Nya maka selamat !


Tulisan lainnya:
YHWH Berinkarnasi Menjadi Yesus
Makna Percaya Yesus Berdasarkan Injil Yohanes
Mujizat Dan Tanda Yunus
Ragam Nilai Tentang Mesias
Hamba TUHAN Yang Menderita
Manajemen Waktu Saat Yesus Menjadi Mesias


×
Berita Terbaru Update