-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

YHWH Berinkarnasi Menjadi Yesus

Rabu, 29 Juli 2020 | Juli 29, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T19:42:34Z
Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit,
אֵ֣לֶּה תֹולְדֹ֧ות הַשָּׁמַ֛יִם וְהָאָ֖רֶץ בְּהִבָּֽרְאָ֑ם בְּיֹ֗ום עֲשֹׂ֛ות יְהוָ֥ה אֱלֹהִ֖ים אֶ֥רֶץ וְשָׁמָֽיִם׃ 
Kejadian 2:4 ( Bahasa Ibrani gunakan Westminster Leningrad Codex)

Nama TUHAN / יְהוָ֥ה hadir dalam Kitab Suci sejak dalam Kejadian 2:4 saat mengisahkan bumi pada waktu diciptakan. יהוה sebagai Tetragrammaton /τετραγράμματον kata dengan empat huruf) nama dalam bahasa Ibrani untuk Tuhan Allah, yang dieja (dalam huruf Ibrani); י (yod) ה (heh) ו (vav) ה (heh) atau יהוה (YHWH). Nama ini menurut Biblica Hebraica dan Biblica Hebraica Stuttgartensia, tercantum sebanyak 6.828 kali. Kata יְהוָה pengucapannya menjadi misteri, kaum Yahudi Masoretik – para penyalin naskah asli Alkitab Ibrani – meniadakan huruf vokal sehingga membacanya jadi misteri Tetragrammaton juga sering kali diucapkan Yehuwa, Yehova, Yehovah, Jehova, Jehovah, atau Yehovih serta Yahweh. Dalam bahasa Indoensia di terjemahakan TUHAN. Sebagai gantinya kata YHWH diucapkan Adonai, yang berarti "tuan" atau "Tuhan".

YHWH untuk pertama kali dinyatakan sebagai Pencipta yang membuat segala sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada. YHWH adalah Sang Firman / Allah yang berfirman seperti dalam Kejadian 1:3 kemudian yang berbicara kepada manusia seperti kepada Musa dengan berhadapan muka seperti dalam Firman-Nya di Kitab Bilangan 12:8 yang berbunyi: "Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?" YHWH sosok yang dikenal oleh Israel sebab telah dilihat oleh Musa beda dengan Elohim yang tidak dikenal "wajah-Nya". YHWH itu yang melakukan penebusan terhadap manusia yang berdosa sebagai juruselamat seperti yang dicatat dalam Yesaya 43:11 yang berbunyi: "Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku." / אָנֹכִי אָנֹכִי יְהוָה וְאֵין מִבַּלְעָדַי מֹושִֽׁיעַ׃. . YHWH adalah Allah yang bukan saja menjalin komunikasi dan berusaha tinggal bersama manusia tetapi DIA adalah juruselamat bagi manusia.

Janji TUHAN sebagai Juru Selamat digenapi dengan lahirnya Sang Juru Selamat, yaitu Yesus Kristus. Yesaya 43:11 Alkitab berkata, Juruselamat (Ibrani: מֹושִֽׁיעַ - MOSHIA) adalah YHVH sendiri. Dalam penggenapan-Nya, yaitu kelahiran-Nya ke Bumi, Malaikat Gabriel menyebut יהוה - YHVH, Allah yang inkarnasi ini dengan gelar: Juruselamat ( מֹושִֽׁיעַ - MOSHI'A'). Dalam Injil Matius 1:21; "Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Yesus adalah Juruselamat sebab DIA YHWH dengan atributnya antara lain:
  • Sebagai Pencipta sesuai dengan Injil Yohanes 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
  • Yesus yang menyatakan diri-Nya kepada Manusia sesuai Injil Yohanes 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Selain dua persamaan yang menegaskan bahwa Yesus bentuk inkarnasi YHWH, hal lainnya yang menunjukan YHWH adalah sama dengan Yesus diantaranya:

Atribut YHWH Yesus
Penebus Yesaya 41:14; 49:26; 60:16; Lukas 1:68; Roma 3:24; Efesus 1:7;
Mahakuasa Kejadian 17:1 Filipi 2:5-11
Tuhan segala tuhan Ulangan 10:17 Wahyu 17:17; 19:15; 1 Timotius 6:15
Raja segala raja Daniel 2:47 Wahyu 19:16
Hakim Mikha 5:1; Yesaya. 33:22; I Samuel 2:10 Yohanes 5:22,7; Kisah Para Rasul 10:42
TUHAN semua orang Kejadian 2:4; Kejadian 14:2; Ulangan 4:29 Kisah Para Rasul 10:36
TUHAN Raja Kemuliaan Mazmur 24:8; Yesaya 40:5 Yohanes 1:1-3, 14; 1 Korintus 2:8
Batu Karang Ulangan 32:3,4 1 Korintus 10:4
Mempelai Laki-laki Yeremia 31:32 2 Korintus 11:2
Raja Israel Yesaya 44:6; Zakharia 9:9 Yohanes 1:49; Matius 2:2
Raja Yesaya 9:6 Ibrani 2:10
Mahakudus Yesaya 41:14; Yesaya 43:15 Kisah Para Rasul 3:14; Markus 1:24
Kekal Mikha 5:2; Mazmur 90:2 Matius 2:6
Yang ada sebelum semuanya ada Keluaran 3:14 Yohanes 8:56-9
Mahahadir 1 Raja-raja 8:27 Matius. 28:20

YHWH dalam penulisan piktogram Ibrani kuno, yang sarat dengan pesan simbolik maka nama יהוה – YHWH (Yod He Waw He) memberi pesan kepada orang Israel untuk tangan lihat paku lihat dan jika baca dari dibalik maka artinya lihat paku lihat tangan. Jadi Nama Tuhan Allah kita adalah YHWH, berbicara tentang “tangan” dan “paku“. Jadi sejak awal permulaan sebelumnya, YHWH sudah mengirimkan pesan di dalam Nama-Nya, kepada manusia bahwa pada suatu waktu akan ada “Tangan yang terpaku.” yang menebus dan mengampuni sebab DIA adalah Pencipta yang mengasihi ciptaan-Nya yang terhilang akibat dosa.

Bahkan dalam abjad Ibrani modern, nama YHWH yang disusun bertumpuk seperti di bawah ini, nampak kelihatan seperti gambar seorang “Manusia.” Dia Adalah YHWH yang mengasihi manusia bahkan berinkarnasi menjadi manusia dan bernama Yesus. Yesus yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Tetapi kematian tidak dapat menelannya sebab itu bangkit dari kematian dan menang atas kutuk dosa dan sengat maut dan nama-Nya di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi.

Dalam ke Mahakuasaan-Nya, YHWH tahu bahwa manusia yang menjadi hamba dosa dan terkutuk karena perbuatannya memerlukan tindakan penyelamatan dari-Nya agar dapat mengalami kemenangan atas dosa dan kematian akibat dosa..lewat anugerah-Nya. Dia telah memberi pesan agar lihatlah DIA - Firman yang tangannya terpaku itu adalah Penyelamat yang sekarang sudah selesai melaksanakan misi-Nya agar manusia kembali bersama-Nya asal percaya dan memandang kepada Dia yang terpaku tangan-Nya di salib untuk kita semua.

Bukti-bukti yang banyak menunjukkan Yesus yang disebut Yeshua Ha-Mashiah identik dengan TUHAN (YHVH) dalam Tanakh Ibrani, maka Yesus Kristus layak bergelar TUHAN, dipuji dan ditinggikan sebagai YHWH. Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak , supaya semua orang menghormati Anak (Yesus) sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak (Yesus, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

YHWH telah berinkarnasi sekali untuk selamanya menjadi manusia dan bernama Yesus. Dia ingin setiap manusia selamat karena karya penebusan telah sempurna selesai terlaksana. Apakah kita mau menyambut Dia yang karena kasih-Nya menjadi Mesias - Juruselamat dunia?

Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.
1 Yohanes 5:12




Tulisan lainnya:
Rahasia Yesus sebagai Alfa dan Omega
11 Alasan Mengapa Firman Menjadi Manusia
Tuhan Yesus Itu Ada
Pilih Kristus Seutuhnya
Hamba Tuhan Yang Menderita
Allah Diantara Elohim dan Yahweh


×
Berita Terbaru Update