-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bersatu Dengan Kristus.

Kamis, 04 Juni 2020 | Juni 04, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T20:07:21Z
Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Yohanes 17:23

Yesus dengan umat-Nya
Teks di atas adalah bagian dari doa Yesus untuk murid-murid-Nya. Yesus meminta agar mereka yang percaya bersatu yaitu memiliki persekutuan dengan Bapa melalui Yesus. Melalui persekutuan dengan Bapa maka dunia akan mengetahui Bapa mengasihi mereka (orang orang percaya). Yesus berdoa profetik dan bernubuat bahwa orang percaya akan bersatu dengan Yesus yang bersatu dengan Bapa.

Menurut Yohanes persekutuan antara orang percaya dengan Yesus Kristus dilambangkan antara Yesus sebagai pokok anggur dan orang percaya adalah ranting-rantingnya. (Yohanes 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.) Gambaran pokok anggur dengan rantingnya adalah dengan persekutuan yang hidup dan aktif, kita dapat berhasil sebagai murid Yesus sebab menghasilkan buah yang disukai oleh Bapa sebagai pengusahanya.

Paulus melukiskan persatuan orang percaya dengan Kristus Yesus sebagai:
  • Yesus sebagai batu penjuru dan orang percaya adalah bangunan / rumahnya. (Efesus 2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.
  • Tubuh dan anggota-anggotanya. (1 Korintus 12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.)
  • Yesus sebagai suami dan jemaat orang percaya adalah isteri. (Efesus 5:25,32 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya (32) Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.)
Gambaran persatuan Yesus dengan orang percaya sangat erat sebab Yesus hidup dan mendambakan bersekutu dengan umat-Nya dan menjadi kepala jemaat. (Efesus 1:22,23 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.) Ini adalah persatuan yang unik antara yang tidak terbatas dengan yang terbatas, antara insani dengan Ilahi.

Persatuan orang percaya dengan Kristus adalah persatuan yang disebabkan karena Kristus diam dalam kita sebagai orang percaya dan kita di dalam Yesus. Alkitab menyatakan:
  • Efesus 3:17 sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.
  • 1 Yohanes 5:20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.
Menyerupai kapas dalam air dan air dalam kapas demikian juga Kristus berada dalam orang percaya dan orang percaya berada dalam Kristus. Dalam kegiatan ritual keagamaan bersatunya dengan Yesus dirayakan dengan melakukan sakramen baptisan dan perjamuan kudus. (1 Korintus 10:16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?)

Kita berada dalam Kristus Yesus. Hal ini diwujudkan melalui:
  • Tinggal dalam Yesus dan Firman-Nya dalam kita Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
  • Makan dari pada Yesus Yohanes 6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.
  • Mentaati Yesus 1 Yohanes 3:24 Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.
  • Beriman Kepada Yesus Galatia 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
Persatuan dengan Yesus Kristus sesuatu yang nyata dalam hal:
  • Di dalam pikiran 1 Korintus 2:16 Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus
  • Di dalam roh 1 Korintus 6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.
  • Di dalam kasih Kidung Agung 2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.
  • Di dalam penderitaan Filipi 3:10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya
  • Di dalam kematian-Nya Galatia 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
Dalam hidup bersatu dengan Kristus Yesus maka hadir keserupaan dengan Yesus Kristus sebab Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.(1 Yohanes 2:6)

Bersatu dengan Yesus berdampak hadirnya Roh Kudus dalam kehidupan kita dengan disertai karunia Roh (1 Yohanes 4:13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.) Roh Kudus memeteraikan kita menjadi anak angkat Allah.

Menjalin persatuan dengan Yesus Kristus mendatangkan keuntungan tersendiri bagi umat-Nya, diantaranya:
  • Dibenarkan oleh Allah 2 Korintus 5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah
  • Tidak ada penghukuman Roma 8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.
  • Dijadikan ciptaan baru 2 Korintus 5:17 "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."
  • Roh adalah hidup Roma 8:10 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.
  • Keberanian percaya di hari kedatangan-Nya 1 Yohanes 2:28 Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya.
  • Berbuah lebat Yohanes 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
  • Jawaban permintaan doa Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
Persatuan dengan Yesus memberi manfaat yang berarti bagi hidup kita sampai kesudahan alam.

Menurut Alkitab, tindakan menolak untuk bersatu dengan Yesus Kristus dengan berada di luar DIA maka akan dihukum dengan dicampakan ke dalam api (Yohanes 15:6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.) Sedangkan orang percaya yang tinggal dalam Kristus Yesus, mereka yang mati bersama-sama dengan Dia akan dibangkitkan dengan Dia dan memperoleh hidup kekal di surga.

“Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia”
1 Korintus 6:17

Berdiam dalam persatuan dengan-Nya maka Tuhan berkepentingan secara khusus dan kita diberkati dalam hidup ini. Dia hanya minta bahwa kita muliakan Allah dalam hidup ini.




Tulisan lainnya:
Yesus Sebagai Penulis Dan Penyempurna
Tujuan Kehidupan
Ramah Berdasarkan Alkitab
Mengenal Tuhan
Damai Menurut Injil Yohanes
Mari Ikutlah AKU


×
Berita Terbaru Update